Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank !

Otoborn – Belakangan kok marak bener ya, kasus rekening jebol alias isinya ambrol tanpa sepengetahuan atau tanpa disadari pemiliknya. Seringkali kita lengah karena mungkin kesehariannya otak sudah dipenuhi berbagai kesibukan sehingga lupa pentingnya waspadai SIM SWAP, penipuan  mengatasnamakan operator seluler dan  atau Bank!

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Otoborn merasa tips ini perlu dishare, sebagai seorang pemilik rekening bank jujur sering sekali menerima telepon dari bank, juga dari operator seluler nawarin layanan ini itu, tidak sekali dua kali terjadi transaksi yang seharusnya bisa dihindari senadainya saja lebih fokus ketika menerima telepon tersebut.

otoborn-com-sim-swap-3

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Sekali lagi , waspadai SIM SWAP,  Penipuan Mengatasnamakan operator seluler dan Bank! SIM Swap yang dimaksud disini, yaitu proses pengalihan atau lebih tepatnya pemindahan nomor ponsel dari media fisik simcard yang kita gunakan ke fisik simcard baru. Otoborn pernah beberapa kali melalui proses ini, salah satunya ketika upgrade fisik simcard ke yang support jaringan LTE atau 4G, alhamdulillah aman sih.

Ketahuilah, asalkan data yang diverifikasi valid atau cocok dengan yang terdata di operator, proses SIM SWAP mudah sekali dilakukan tentunya oleh orang yang memiliki pengetahuan dan kemampuan melakukan hal tersebut.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Anda masbro mbaksis pakdedi bukmami, perlu waspada jika menerima telepon yang mengaku dari operator seluler ke nomor yang didaftarkan untuk verifikasi token internet banking, oknum pelaku penipuan dalam melakukan SIM SWAP ini  biasanya menawarkan penggantian simcard dengan yang support jaringan terbaru. Dengan meminta dan mendapatkan data data tertentu melalui telepon, pelaku dengan mudah melakukan SIM SWAP sehingga simcard yang biasa kita gunakan akan non-aktif dalam beberapa jam kemudian beralih ke simcard baru yang dipegang oleh oknum pelaku.

Llohh, untuk apa?

Gampangnya, pelaku akan memanfaatkan fitur keamanan transaksi online internet banking berbentuk token sms yang dikirimkan ketika transaksi hendak dilakukan. Namun sebelumnya oknum pelaku juga menghubungi pemilik rekening berpura pura sebagai pihak bank yang menawarkan produk atau layanan tertentu kemudian dilanjutkan dengan berpura pura memverifikasi data pribadi yang dibutuhkan untuk mengakses rekening kita.

Nah, kalo sampai data pin password rekening dan nomor simcard dipegang tangan setelah SIM SWAP tadi, sudah ketebak khan apa yang bisa dilakukan oknum pelaku tersebut?

Inilah pentingnya waspadai SIM SWAP penipuan mengatasnamakan operator seluler dan Bank!

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk waspadai SIM SWAP penipuan mengatasnamakan operator seluler dan Bank sebagai berikut:

  1. Waspada jika menerima telepon yang mengaku dari operator seluler atau bank ke nomor yang didaftarkan untuk verifikasi token internet banking seperti CIMB Clicks atau Go Mobile
  2. Abaikan jika ada telepon mencurigakan yang meminta data rahasia seperti User ID, PIN, Passcode, Password internet banking dll
  3. Operator seluler tidak menawarkan penggantian SIM card hanya melalui telepon, melainkan harus ketemu langsung dengan pihak operator seluler atau datang ke cabang terdekat
  4. Pihak Bank tidak pernah meminta informasi rahasia apapun seperti User ID, PIN, Passcode, Password internet banking dll, jangan berikan dengan alasan apapun
  5. Hubungi operator seluler apabila tiba tiba nomor seluler Anda tidak aktif seperti biasanya, seperti misalnya tidak menerima telepon dan sms atau tidak mendapat sinyal alias jaringan mobile dalam waktu yang lama.
  6. Hubungi Bank jika menemukan transaksi mencurigakan di rekening Anda atau internet banking.

IMHO, semakin canggih level keamanan yang diterapkan, juga semakin membawa oknum pelaku penipuan atau cyber crime naik ke level lebih tinggi. Selalu ada cara untuk melakukan penipuan selama anda terbuka untuk ditipu. Waspada yaa… Kena tipu itu, rasa sakitnya tuu disiniii….

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”News”,”Tips” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

127 Comments
































































































































Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *