Keluhan Owner Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R

Otoborn – Kembali bersama otoborn yoww.. Beberapa hari ini gagal posting artikel… beberapa perangkat pendukung bermasalah karena faktor cuaca dan keganasan petir. Ditambah touchscreen handphone bermasalah, lengkap sudah…. Eeeh…kok curcol… :lol Tenang om tenang…artikel kali ini bukan mau memfokuskan pada bahasan tersebut.

Alkisah dalam beberapa hari ini otoborn manfaatkan untuk berguru ke perguruan perguruan di pegunungan aliran jonggoliyah perender sport Suzuki bermesin Satria injeksi dan aliran dureniyah yang test riding harian Yamaha Xabre sembari menambah pengalaman dan refreshing di tanah sirnajaya yang sejuk dan membuat hidup kembali bergairah… :lol . Dan kebetulan sekali ada kenalan otoborn yang berkeluh kesah tentang kuda besi kesayangannya yang didapatkan lebih awal sebelum banyak dealer tersedia… kebanggaan besar menjadi salah satu pemilik awal motor Honda All New CB150R 2015 yang didapat kurang sebulan dari tanggal peluncurannya disaat yang lain masih mencari cari mau beli dimana. Bahkan sampai dengan sebulan setelah memilikinya, beliau belum tau harga cicilannya berapa! Wow!

Baca : Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016

Yup… ini tentang Honda All New CB150R 2015 yang dirilis bulan Agustus 2015 lalu. Sebut saja Mas Lis, seorang pemuda ganteng dari daerah, setiap harinya penuh semangat menjual roti bakar mangkal dari menjelang sore hingga larut malam di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Roti bakar AAN yang menjadi langganan otoborn. Beliau curhat kepada otoborn yang sempat mampir setelah dari Sentul ketika event perilisan Honda All New CBR150R kemarin.

Cek All New CB150R 2015 lis 2

Tonton:

Begini Kisah Mas Lis Dengan NCB

Setelah pemakaian awal hingga service pertama semua baik baik saja. Masalah muncul dua minggu setelah selesai servis pertama pada tanggal 26 Oktober 2016. “Suara di area mesin waktu motor dihidupkan terdengar aneh dan mengganggu. Berisik sekali mas” ujarnya.

Karena khawatir ada kerusakan, lantas diniatkan kembali ke bengkel resmi tempatnya servis sebelumnya di Jl Raya Lapangan Tembak Cibubur. Namun karena kesibukannya berjualan yang hasilnya juga untuk mengangsur si kuda besi kesayangan, baru terlaksana sekitar 4 hari kemudian yaitu tanggal 15 November 2015. Setelah selesai servis, suara berisik tadi berkurang meskipun masih terdengar sedikit kasar. Lanjutlah fokus melayani setiap pelanggan yang mampir membeli roti bakar buatannya.

Sayangnya, beberapa minggu setelahnya kembali terdengar semakin kasar dan menjadi jadi. Tanggal 10 Desember 2015 kembalilah si NCB ditangani di bengkel resmi yang sama. Menurut beliau, ada sesuatu yang dipotong (rantai keteng?) sehingga kembali suara tidak seberisik sebelumnya. Namun tetap tidak nyaman didengar.

   cap perawatan berkala ncb maslis

Baca juga:

Tanggal 5 Januari 2016 setelah libur awal tahun selesai, NCB kembali diperiksa. Di area yang sama kembali mendapat perawatan. Ada lagi sesuatu ditangani di area yang ditunjukkan ke otoborn yaitu tensioner. Menurut mekanik memang bagian ini bermasalah. Ketika ditanyakan kepada pihak bengkel resmi mengapa tidak diganti saja karena tertulis pada buku  servis dan garansi bahwa NCB ini memiliki garansi 3 tahun? Dijawab komponen tidak tersedia dan harus inden. Akhirnya ya sudah pasrahkan saja dulu, yang penting motor kesayangan bisa diandalkan untuk support kegiatan mencari penghasilan yang sekedarnya.

buku garansi servis ncb maslis

Selesai servis, yang bikin bingung ternyata terkena biaya yang lumayan besar untuk sebuah tune up, yakni sebesar 150 ribu rupiah. Ketika ditanyakan, bukankah seharusnya termasuk dalam servis garansi? Namun biaya tetap harus dibebankan karena sudah menjalani perawatan berkala ke 4. Tambah mumet… loh kok begitu ya… Padahal masalah awal belum pernah selesai.

kwitansi servis ncb maslistuneup servis ncb maslis

Upaya Mas Lis Mencari Solusi

Dalam perjalanan pulang otoborn dari gunung, sms dari beliau masuk di inbox… berharap otoborn bisa membantu mencarikan solusinya. Kekhawatiran dari Mas Lis yaitu apabila nanti komponen yang dimaksud diganti malah dibebankan biaya. Dan seandainya masalah tidak juga hilang, khawatir juga akan dibebankan biaya lagi untuk masalah yang belum selesai.

sms mas lis ncb 0sms mas lis ncb 1sms mas lis ncb 2

Padahal, aktifitas kuda besi kesayangan hanya di seputar tempat kos dan lokasi jualan roti yang hanya berjarak kurang dari 1km saja. Perawatan sejauh ini selalu ditangani di bengkel resmi yang sama, dan semua diserahkan kepada para ahli mesin di sana, dari penggantian oli hingga tune up, dengan harapan masalah selesai.

Baca juga:

Dan akhirnya diputuskan NCB ditukar pakai dulu satu hari karena kebetulan besoknya otoborn ikut test impresi Yamaha Xabre di Duren Sawit dimana kobayogas bersemedi. Sekalian disana permasalahan NCB ini dicoba menjadi bahan diskusi dengan beberapa rekan yang lebih paham soal permesinan. Suara mesin NCB Mas Lis ini lantas dibandingkan dengan mesin lain. Dan yang menarik ternyata meskipun suara NCB ini terdengar mengganggu, tidak lebih berisik dari mesin baru yang juga digeber berdampingan. Padahal mesin yang dibandingkan ‘lebih baru’ loh… rilisnya saja baru beberapa pekan.

Sebelumnya sempat juga berkunjung ke beberapa forum diskusi untuk perbandingan masalah yang sama. Dari rekaman video suara area mesin yang mereka alami justru lebih berisik dari NCB kepunyaan Mas Lis. Dan dari beberapa yang mengalami kasus serupa juga mengalami perawatan yang sama, bahkan ada yang sudah sampai mengalami ganti komponen, namun masalah tetap ada setelah beberapa minggu kemudian. Walah… kalau penggantian kena biaya lalu masalah tidak hilang, sama juga bohong dong ya…

Untuk kasus motor mas Lis ini sepertinya tips yang tersebar di forum sudah dicoba oleh mekanik ahass, mulai dari stel rantai keteng, potong rantai, ganjal tensioner dengan ring, namun hasil akhirnya ya tetap  seperti ini suaranya.

Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R ?

Meskipun memang kondisi Honda All New CB150R Mas Lis sedikit saja lebih baik dibanding NCB lainnya yang dishare di berbagai forum diskusi, tetap saja permasalahan ini meresahkan pemilik NCB dan juga membuat waswas ketika digunakan untuk support berjualan roti bakar enak buatannya.

Dan tentu saja harapannya ada perhatian lebih dari produsen terkait kasus ini, karena berjualan itu tidak hanya mencari laku, tapi juga mendapatkan kepercayaan dan rasa puas dari konsumennya. Khususnya konsumen pedagang ini yang rela menjadikan produk Honda ini menambah beban bulanan sambil mencari nafkah.

Mas Lis Roti Bakar AAN Cibubur Arundina

Mas Lis Roti Bakar AAN Cibubur Arundina

Untuk kasus yang bisa dibilang bawaan lahir si NCB ini, apakah memang biaya harus dibebankan kepada konsumen? Alangkah indahnya seandainya ada solusi dari produsen… recall sekalipun justru itu baik, dan akan lebih baik kalau produsen lebih memperhatikan konsumen loyal dan setianya yang sudah jatuh cinta pada produk semenjak iklan ditayangkan, ulasan positif tersebar di berbagai media, dan semenjak upaya sales menggaet hati konsumen akhirnya menancap di hati.

Mungkin saja ada rekan pembaca yang mau berbagi pengalaman dan informasi barangkali ada solusi yang baik untuk kasus ini?

Cek All New CB150R 2015 lis

jalan jauh pertama ncb mas lis goes to duren sawit

tulisan ini tidak bermaksud menyinggung pihak manapun, melainkan mencari solusi terbaik yang mungkin akan ada


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

189 pemikiran pada “Keluhan Owner Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R

  1. Apakah Mungkin penyebabnya karena pada saat pertama kali penggunaan motor di km-0 langsung di gas lebih dari 5000rpm ?. Jadi rantai keteng dan lift tensionernya kendor .
    Jadi istilahnya motor baru belajar jalan.. udh di bawa lari..
    Mohon pencerahanya

    Suka

  2. Ping balik: Keluhan Owner: Honda New CB150R Berisik Kilometer Masih 390an Piston Hangus | otoborn

  3. Ping balik: Keluhan Owner: Masalah Piston Hangus Solved Akhirnya Klaim Garansi Mesin | otoborn

  4. Ping balik: Perlindungan konsumen kurang, konsumen rugi, pabrik jadi punya uang lebih untuk bikin acara bikers day atau safety riding | Mengupas soal motor

  5. coba di ahass 0001 sudah ?
    ane sih udah bbrp kali set lat dan 1x ganti plat dan semua free serv, untuk ketahanan set lat kisaran 4-6 bulan untuk pemakaian weekend saja (jum’at – minggu)
    dan kalau ga mau ngantri 3-4 jam bisa book service
    mudah2an bisa ngebantu😀

    Suka

  6. Sama bro yg ane juga kaya gth. Malahan yg ane itu dari awal dikirim udh berisik kaya gth, sampe skrng. Klo misalkan dibalikin motornya bisa ga sih?

    Suka

    • Wah gmn ya om… nanti tumpah dong bensinnya 😁

      Kalo soal dibalikin maaf ane ga ngerti om, yg pernah kejadian klaim permasalahan Part aja terus diganti free. Pernah ane bikin ulasannya juga. Smg membantu

      Suka

  7. Ping balik: Berbagi Pengalaman Klaim Garansi LAT All New CB150R Akhirnya Selesai | otoborn

  8. Mas brow punya sy masalahnya agak beda malahan punya sy dipakai hampir 2 tahun ketika sy pakai mesin blm panas normal tp setelah panas bentar2 mati kl gak kayak kehabisan bensin berlanjut mati mesin….dh sy servive ke ahas 1 bln muncul lg wong jowo ngarani nyendat2…bikin takit dijln taya. Mhn info solusinya mas brow

    Suka

    • Udah coba sampaikan keluhannya ke ahass terakhir servis blm om? Banyak kemungkinan tapi amannya pas bermasalah coba tunjukkan ke melanik. Bahkan hanya masalah sekring aja bisa timbul gejala mirip mirip om

      Suka

  9. Parah Ini New CB 150 R, masa baru setahun tangki dah berkarat & ketika kopling dimainin ada bunyi trek2 di bagian rantai, meskipun sudah di setting rantai tetep aja masih bunyi kata mekanik ahhas harus buka block kopling aduhhhh……..

    Suka

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s