Klaim Garansi Honda All New CB150R Mudah Namun Sempat Membuat Pusing Mekanik

Otoborn – Dua pekan tidak sua sejak artikel terakhir Keluhan Owner Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R . Pekan yang dinamis, dimana waktu dan tenaga serta fikiran banyak tersita untuk urusan rumah… urusan kerjaan banyak terbengkalai jadinya. Belum lagi serempetan yang mistis mistis … hiiiy…

Dari artikel lalu yang membahas mengenai problem mas Lis seorang owner Honda All New CB150R ternyata banyak sekali respon positif. Banyak masukan datang dari pengunjung dan pembaca otoborn, dari saran hingga curhat yang akhirnya menambah wawasan mengenai problem yang sama di ncb ini. Trims mas bro semua inputnya.

Baca juga:  Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016

Dan akhirnya ncb ini pun dibawa ke Jakarta Honda Center di Jl. Dewi Sartika mengikuti saran saran yang mampir ke kolom komentar dan inbox otoborn. Pengalaman ketika klaim garansi kemarin akan diceritakan disini ya… Tapi tolong diingat, ini berdasarkan pengalaman bersama ncb Mas Lis , beda unit ncb bisa beda loh… Dan otoborn mencoba mengikuti prosedur yang ada sebagai pembelajaran juga khususnya untuk mas Lis yang sudah kadung kecewa dengan penanganan klaim di bengkel resmi sebelumnya.

service klaim garansi honda all new cb150r otoborn 2016

ncb maslis sabar menanti

Tonton:

Sebelum berangkat sempatkan merekam video suara annoying yang memang jelas terdengar sedari mesin dinyalakan. Lantas menuju tempat janjian dengan mas Lis agar ikut menyaksikan ncb kesayangannya dicek oleh ahlinya. Sampai lokasi, mengikuti prosedur untuk servis dan klaim.

Nomor urut servis diberikan dan digantungkan di stang oleh petugas sekuriti ketika masuk parkir, jadi konsumen yang hendak servis motor hanya tinggal memarkirkan kendaraannya saja sampai dipanggil oleh petugas, tidak perlu pusing rebutan nomor antrian. Antrian cukup padat, bersama mas Lis bersabar saja menunggu di area tunggu yang disediakan. Akhirnya nomor antrian disebut dan saatnya menceritakan keluhan sejelas jelasnya kepada petugas yang mengisi form keluhan. Penjelasan dari petugas terkait suara kasar ini, apabila memang benar ada part yang harus diganti maka akan dimasukkan dalam klaim garansi… garansi part ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Dan pastikan mesin masih standar bawaan pabrikan ya.

SPK service ncb mas lis otoborn 2016

perintah kerja bengkel ncb mas lis

Sembari mencatat, petugas sambil mencoba mendengarkan suara mesin untuk memastikan suara janggal di ncb ini. Disini yang konyol… suara yang awalnya terdengar kasar kok malah samar… malah nyaris hilang…. walah…. Namun ncb tetap dibawa kedalam untuk ditangani mekanik untuk mencari suara yang hilang timbul ini. Dan disini dramanya.

Hampir 3 jam menunggu, belum juga ketemu permasalahannya. Karena memang suaranya terdengar normal. Padahal belum sampai bongkar sedikitpun agar keluhan yang diceritakan bisa dipastikan sudah ada sebelum mesin diutak atik. Ketika mesin panas suaranya samar, digeber juga sama. Mesin didinginkan dengan cara ‘dimandiin’ sama mekaniknya, sambil menunggu mesin benar benar dingin. Setelah dingin dicoba lagi disimak, suaranya tetap samar…. . Diajak muter muter lagi sampai mesin panas… masiiih ngga muncul juga…. walahhh…

Mumet mekaniknya… udah lewat jam makan siang masih gantung di motor ganteng misterius ini… :lol

Baca juga:

Disana juga sempat dibandingkan dengan New Sonic yang sedang servis memiliki problem serupa dan tinggal menunggu part yang diklaim garansi tiba, memang suaranya terdengar kasar namun terdengar ‘beda’ dengan ncb mas Lis ini. Akhirnya mekanik mengusulkan agar ncb opname dulu agar bisa lebih leluasa mencari permasalahan suara berisik ini. Haduh… opname?

Karena motor ncb ini sehari hari dipakai untuk support berjualan, mas Lis yang sedari tadi berharap harap cemas di area tunggu diajak ke dalam untuk mendengarkan penjelasan langsung dari mekanik dan mendengarkan sendiri suara mesin sekalian menanyakan persetujuannya  si ncb kesayangannya opname. Memang saat ini mas Lis tukar pakai motor dengan otoborn, tapi tentu saja si bolang juga diperlukan untuk wara wiri otoborn sehari hari.

Mas lis sabar menanti ncb dicek ahlinya

Sambil menuju ketemu mekanik, diceritakanlah inti persoalan yang terjadi sekarang. Setengah pasrah, sempat diurungkan opname dan memutuskan membawa pulang si ncb dengan kondisi seadanya ini. Kelihatan sekali raut kecewanya si mas Lis deh ketika bertemu ncb kesayangan. Eh… Belum sempat mekanik ngobrol sama mas Lis… begitu mesin dihidupkan didepan ownernya, langsung suara annoying yang dimaksud terdengar walaupun sedikit lebih sepi dibandingkan biasanya. So surprising!! Wah… ncb takutnya sama tuannya, bukan sama mekanik yang sedari tadi muter muter sampai mandiin mesin segala… :lol

Baca juga:

So, menurut mas mekanik telaten ini permasalahan awal yang terdeteksi memang perlu ganti part yaitu Lifter Assy Tensioner. Sementara ini suara yang timbul akibat kerenggangan rantai tidak ditangani dengan baik oleh komponen tersebut. NCB pun bisa dibawa pulang sambil menunggu part penggantian tersedia. Apabila sudah ada, nanti mekanik akan menghubungi nomor handphone yang otoborn berikan. Mungkin sekitar 2 minggu lagi.

Ncb mas lis selesai cek garansi

Salut kepada mas mekanik yang sabar menangani keluhan ncb mas Lis ini sampai ketinggalan rekan rekannya mengambil hak istirahat makan siangnya… good attitude masbro. Dan ketika pulang mas Lis terlihat agak tenang karena rasa khawatirnya sudah terpangkas sedikit demi sedikit. Tinggal tunggu kabar baik berikutnya dan semoga masalah yang mengganggu pikirannya selama ini cukup sampai disini saja. Sehingga bisa fokus mengolah roti bakar dagangannya jadi ngga kebanyakan garam atau cuka… Eh ngaco… emang roti bakar pake garam cuka yah? :lol

Lihat juga: Punya Kawasaki Pulsar 200NS Itu Seperti Ini Punya Kawasaki Pulsar 200NS Itu Seperti Ini

==============================================

Sedikit tambahan dari otoborn , mengutip dari kata bijak tidak ada satupun hal yang sempurna apalagi hanya buatan manusia pasti ada saja kurangnya karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Masalah terkait LAT ini bukan hanya ditemukan  pada Honda All New CB150R dari AHM ini saja loh, sedikit menoleh kebelakang bisa ditemukan permasalahan serupa seperti pada produk Suzuki Satria FU karburator, atau Honda Sonic 125 atau CS1. Motor lain juga banyak… kalau sudi membuka mata dan telinga lebih lebar.

Sejauh ini mesin yang sunyi itu milik sepeda motor listrik seperti milik Zero Motorcycle misalnya yang sampai diberikan sound khusus agar pengguna jalan lain aware akan keberadaan si kuda besi listrik di aspal yang sama. Bahkan ketika motor listrik Zero dipacu 105kmph di atas danau atau laut es minus 16 derajat celcius .

Apabila dipahami sumber suaranya dan masih ada solusinya, apalagi dijamin garansi mesin sampai 3 tahun seharusnya itu bukan masalah yang besar atau perlu dibesar besarkan. Motor besar juga ada kalanya perlu penanganan hingga klaim garansi atau bahkan recall kok. Tinggal bagaimana owner bersikap saja, sabar dan ikuti step by step yang diperlukan itu lebih wise. Perhatikan persyaratan klaim garansi agar apabila kelak diperlukan Anda tidak pusing dibuatnya.

All New CB150R 2015 lis


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

41 pemikiran pada “Klaim Garansi Honda All New CB150R Mudah Namun Sempat Membuat Pusing Mekanik

  1. penasaran ama suaranya kang…
    punya ane suara juga kemretek di 5000 rpm apalagi pasa dipake nanjak.. tambah kenceng aja.. jangan-jangan punya ane juga serupa

    Suka

  2. Kang saya yg dulu nnya soal ancbr bisa kna msalah serupa atau nggak nya sma ancb, kmrin wktu sya servis nmp, sya smpt nnya sma mkanik ahas, ktnya kmngknan ancbr ga ada mslah, tpi sya ttp msih ragu, kmungkinan nnti pda saat gransi cb ini ikut lagi ga kang, klo ikut saya ntip prtnyaan yg tntang cbr ini kang, bleh kan..

    Suka

  3. Share pengalaman ah…

    Wah mas kesana hari apa? Kayaknya saya ngeliat nih motor nya haha. Saya udh 5x berurusan sama suara itu dan 5x bolak balik ahas 0001 disitu, ganti LAT udah 1x… selainnya cuma dikencengin2 pake ring gitu kayaknya.

    Ehh yang ke 6x abis ganti LAT bunyi lagi, yaudah saya balik lagi. Dan motor di inepin 5hari.. tumben bngt. udh 6x claim baru motor diinepin hahaha.

    Hari ini motor baru slesai, yang di ganti LAT sama Rante mesin katanya. Dibongkar smua dah itu mesin saya liat haha.

    Semoga next gaada lagi sampe ke 7x claim.

    Suka

  4. Akhirnya motor all ncb facelift 2015 sy juga sudah di servis… s bawa ke kota makassar.. ternyata yang rusak menurut mekanik tensioner… harus indent dan juga hargax mahal… s tanyakan apa ada yng bisa disubtitusi dari motor honda yang lain tanpa merusak atau mempengaruhi kinerja mesin yang lain… menurut mekanik nanti kita carikan… akhirnya dapat tensioner motor honda karisma… bentukya sama persis dengan asli.. Alhamdulillah setelah dipasang suara mesin kembali halus… seperti pertama keluar dari toko.. yah moga2 saja penyakitnya tidak kembali…

    Suka

  5. Om mau tanya.. IAT itu letaknya dmnnya mesin..?? Dan fungsi d mesin sebagai apa..?? Soalanya ni ada ncb temen aku yg khawatir takut kena problem begitu juga.. baru beli 1 minggu dia.. please.. kasih penjelasannya ya om..

    Suka

  6. Ping balik: Fungsi Dan Letak LAT Atau Lifter Assy Tensioner Pada Mesin Motor | otoborn

  7. Ping balik: DIY: Coba Atasi Sendiri Masalah Tensioner Automatic Adjuster Kurang Nonjok | otoborn

  8. Ncb saya dah 2 bulan opnam karena masalah mesin bunyi ngorok pas ditanjakan atau pas gas di hentakan saat motor jalan..sampai sekarang belum ada kabarnya..kesel juga sih..kecewa jelas apalagi motor memang awalnya mo buat harian..padahal sejak dulu saya dan keluarga adalah penggemar honda eh..dah lah pasrah…tapi kalo bisa ya cepet selesainya..masa pakai ma opnam lebih lama opnamnya..coba bang bantuin tuh masalah saya

    Suka

  9. saya juga mengalami hal yang sama, Saya sudah klaim ganti LATnya tapi sudah 1 bln lebih msh blm ada kabar, alasannya hari di import dari luar karena ga di produksi di indonesia, apa bener ya begitu ??

    Suka

  10. Ping balik: Berbagi Pengalaman Klaim Garansi LAT All New CB150R Akhirnya Selesai | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s