Suzuki All New Satria F150 FI 2016 Part 3 : Performa Lebih Dari Menjanjikan

Otoborn – Kompetisi di pasar bebek underbone ayago kembali bergairah setelah Suzuki All New Satria F150 FI 2016 dirilis oleh SIS beberapa pekan silam. Semakin seru karena kebosanan yang ada mulai perlahan terangkat karena banyaknya pembaharuan yang dilakukan di berbagai sektor pada produk ayago Suzuki ini.

Salah satu yang diunggulkan dari Suzuki All new Satria F150 FI 2016 ini yaitu hadirnya mesin baru yang memang powerfull, kini sudah disupport oleh sistem injeksi untuk pengaturan bbmnya, menggunakan sistem pendingin mesin radiator besar, memang terasa bedanya ketika diajak berpacu di lintasan balap lokasi Sentul besar pada momen perilisannya.

Baca:  Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016

Otoborn akan sedikit bercerita pengalaman ketika menunggangi si ayago anyar Suzuki ini dalam kesempatan mewakilkan kang Eno historical blogger tanggal 1 Februari 2016 lalu. Sambil ngopi item ya… bikin ngantuk ini soalnya :lol

  all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com 02

Tonton:

Yang dikangkangi adalah versi spesial berlivery MotoGP team. Kali ini mengenai performa ya… karena sisi desain sudah dibahas di artikel Suzuki All New Satria F150 part 1 Lebih dekat dengan ayago livery team Ecstar MotoGP , begitu juga http://Suzuki All New Satria F150 2016 part 2 Ergonomi.

Mau geber eh nunggu hujan reda dulu… Hujan lumayan deras dan lama tapi engine langsung jreng begitu distarter.

Setelah hujan reda, start engine dan terdengar suara mesin yang agak garing. Mencoba sedikit bereksplorasi sebelum turun ke sirkuit, ayago yang ternyata memang imut ini terasa ringan diajak zig zag kecil, mencoba meresapi sektor rem yang disupport oleh Tokico dan Bybre memang empuk.

Bersiap di barisan starter dengan nomor 12, mulai tancap gas dan mencoba mendapatkan informasi sebanyak mungkin dengan jatah waktu 15 menit atau 5 lap.

Akselerasi

Start, mencari kenikmatan akselerasi sambil mengingat ingat akselerasi Satria versi karburator yang dijajal sebelumnya. Tarikan awal agak sedikit lebih lambat… sedikit loh ya namun nyaris tidak beda dibandingkan dengan versi lawas. Gear shifting rasanya smooth saja, dan yang impresif dibandingkan milik kompetitor yang juga dihadirkan disana yaitu panjangnya nafas yang seolah tidak ada habisnya.

Membuat gemas, dengan sang Satria anyar ini seperti tidak mau dibawa pelan, tertantang untuk menyalip beberapa rider di depan dan memang yahut dan nikmat. Sekali saja mencoba hard breaking setelah straight di lakhir lap kedua ternyata tidak limbung dan langsung maknyus diajak melibas tikungan pertama.

Sayangnya tidak ada rekaman action cam… jadi tidak menegaskan betul berapa raihan akselerasi per-gear. Cukup puas pecicilan di depan beberapa rider lain yang rasanya sangat bernafsu mencoba menyalip bebek underbone bernomor 12 ini. Tampak di spion yang cukup baik menampilkan kondisi di belakang. Ok… cukuplah 2 lap saja… sekarang saatnya gali top speed.

Baca juga:

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com-03

Topspeed

Mengambil jalur terluar dan membiarkan satu persatu rider dibelakang lewat… menjaga gap cukup jauh agar bisa lebih konsen menggali dan memantau topspeed. Setelah rider terbelakang yang menunggang Satria versi karbu jauh didepan setelah tikungan kedua langsung menggeber kembali sang satria. Ubah gaya riding, super nunduk…

Menghajar S edane tidak ragu di speed sekitar 100 kmph… langsung melibas setiap kesempatan gaspoll. entah di rpm berapa saja mengoper gigi, yang jelas memaksimalkan nafas overbore benar benar bikin ketagihan. Rencana menghabiskan 2 lap saja dari jatah 5 lap untuk gali top speed ini eh kebablasan malah sampai 4 putaran.

Tidak sulit untuk meraih topspeed pada ayago ini, dari beberapa kali percobaan yang terintip di speedometer sempat meraih topspeed gear 4 sekitar 128 kmph dan sebelum indikator berkedip shifting gear 5 di depan tribun speed terus menanjak. Dilap keempat atau putaran kedua untuk mengail topspeed gear 5 ketika melirik speedo menjelang ujung tribun terlihat angka 137 …. dan naik ke 138 kmph gear 5 lantas diputuskan kembali fokus ke track yang semakin mendekat ke tikungan pertama… terasa speed masih beranjak naik. Sempat menyalip dua rider terbelakang yang salah satunya om Benny yang iseng melakukan burnout di paddock (lihat videonya).

Kesalahan dalam sesi menggali topspeed ini, otoborn salah meyakini fitur speedometer… mengira raihan topspeed akan direkam oleh speedometer seperti ketika test TVS Apache RTR200 pekan sebelumnya… Sehingga dengan pede menunduk maksimum tanpa melihat track pada putaran keempat… Baru pasang badan dan membiarkan paha ditampar angin ketika track mau habis hendak memasuki tikungan pertama belum sempat mengganti gear ke 6… dalam hati berujar “yess!! pasti 140an lebih ini…!”.

Cukuplah… gear 6 kapan kapan saja, udah abis ini jatahnya… yang lain pada mulai masuk paddock dan dibelakang ada sweeper yang sepertinya sengaja menjemput…hehe… Menghabiskan lap, iseng iseng coba coba lagi downshift ke gear 1, mengikuti sweeper yang mengawal didepan sedang mencoba mengangkat si kuda besi.. dan memang terangkat. Meskipun tidak semudah ketika test ayago kompetitor sebelumnya. Dan akhirnya dikawal masuk ke paddock.

Sampai paddock kecewa berat… karena topspeed tidak terekam oleh speedometer… hiks…

Speedometer satria injeksi 2016

Baca juga:

FU Karbu + Sonic + FU Injeksi yang digeber mang Apip

Handling & Impression

Puas dengan performa Suzuki All New Satria F150 FI 2016 ini. Handling selama di sirkuit tidak menyusahkan. Dengan bobot yang ringan namun fit ke postur otoborn yang sama mungilnya ini Satria anyar asik diajak meliuk liuk di tiap tikungan. Tidak sulit pecicilan dengan ayago ini.

Handling semakin sempurna karena rem empuk dan mumpuni, rem depan hanya perlu sentuh sedikit untuk mengurangi kecepatan menjelang memasuki tikungan. Seingatnya, rem belakang hanya ditekan dua kali selama berpacu di sirkuit. Pertama ketika melakukan hard breaking mencoba ngikutin rider didepan yang asik bener memasuki tikungan pertama dengan sliding asooy ala Casey Stoner, dan kedua ketika sepatu dibagian betis tersangkut sesuatu ketika hendak memundurkan kaki kiri di tikungan s besar dan posisi terlanjur miring… Nyaris bablas kalau tanpa dibantu rem belakang ketika spontan menegakkan si bebek besi underbone ini…

Raungan knalpot ketika berpacu di kecepatan tinggi enak didengar, seolah berteriak ‘hayooo… belum cukuuup…’ :lol

Ada satu yang tidak hilang dari klan ayago Suzuki ini, apa hayoo? Memang getaran mesin terasa naik ke stang ketika menggeber di rpm atas, namun efeknya justru berasa belakangan ketika sesudahnya tangan berasa kesemutan… Ketika memasuki paddock, mencoba melepas stang di kecepatan sekitar 40 kmph, agak sedikit goyang ya… Mungkin saking ringannya stang ya…

Namun mungkin juga soal kesemutan ini hanya karena faktor belum terbiasa saja, karena memang si ayago Suzuki tidak menjadi tunggangan sehari hari sih. Bentuk stang yang menyempit dan memang didesain untuk kecepatan maksimal ini jelas impresinya tidak bisa disamakan dengan menunggang bebek besi lain yang mengusung kenyamanan untuk daily use. Meskipun demikian, untuk penyemplak ayago sejati, seharusnya ini tidak menjadi masalah.

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com 15

Kompresi ajib, kick starter lumayan galak… video om Vandra mencoba engkol si Satria injeksi

At last, dengan desain terbaru, performa dan handling yang bila semuanya dipadukan menjadi satu nilai mutlak yaitu Lebih Dari Menjanjikan, akan membuat persaingan ayago di pasar tanah air ini menjadi semakin seru. Karena hanya ada 2 brand saja yang bermain dipasar ini di kelas kubikasi 150cc dengan plus dan minus masing masing, sehingga kompetisi hanya diantara kedua brand tersebut. Sepenuhnya tinggal tergantung konsumen lebih suka atau tertarik dengan produk yang mana.

Suzuki All New Satria F150 FI 2016, memang Berani Diadu !

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com hujan


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

44 pemikiran pada “Suzuki All New Satria F150 FI 2016 Part 3 : Performa Lebih Dari Menjanjikan

  1. Ping balik: Klasemen Sementara MotoGP Paska Seri Assen Belanda 2016 | otoborn

  2. Ping balik: Klasemen Sementara MotoGP Paska Seri Sachsenring 2016 | otoborn

  3. Ping balik: Serentak Di Seluruh Indonesia, New BeAT Diluncurkan Di Event Pesta BeAT 10 Juta | otoborn

  4. Ping balik: Andrea Iannone Mengguyur Ducati Dari Paceklik Selama 6 Tahun Kemenangan MotoGP | otoborn

  5. Ping balik: Klasemen Sementara Pebalap Setelah Seri AustrianGP 2016 | otoborn

  6. Ping balik: Training Program Sociopreneur Mitra Satu Hati Siapkan UKM Tangguh | otoborn

  7. Ping balik: Program Pesta BeAT 10 Juta Berakhir, AHM Gelar Pengundian Rp. 2,8 Miliar | otoborn

  8. Ping balik: Klasemen Sementara Pebalap Setelah Seri CzechGP 2016 | otoborn

  9. Ping balik: Klasemen Sementara Pebalap Setelah Seri BritishGP Silverstone 2016 | otoborn

  10. Ping balik: ARRC Supersport 600 Seri 3 Dimas Ekky 5 Besar Klasemen Sementara | otoborn

  11. Ping balik: M. Febriansyah Runner Up Asia Dream Endurance Race Suzuka 2H… Mantab! | otoborn

  12. Ping balik: Pantaskah AHM Mendapat Penghargaan Perusahaan Terpercaya | otoborn

  13. Ping balik: Klasemen Sementara MotoGP 2017 Setelah Balapan Di Bugatti Le Mans | otoborn

  14. Ping balik: Berbagi Pengalaman Klaim Garansi LAT All New CB150R Akhirnya Selesai | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s