Advertisements

Keluhan Owner Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R

Otoborn – Kembali bersama otoborn yoww.. Beberapa hari ini gagal posting artikel… beberapa perangkat pendukung bermasalah karena faktor cuaca dan keganasan petir. Ditambah touchscreen handphone bermasalah, lengkap sudah…. Eeeh…kok curcol… :lol Tenang om tenang…artikel kali ini bukan mau memfokuskan pada bahasan tersebut.

Alkisah dalam beberapa hari ini otoborn manfaatkan untuk berguru ke perguruan perguruan di pegunungan aliran jonggoliyah perender sport Suzuki bermesin Satria injeksi dan aliran dureniyah yang test riding harian Yamaha Xabre sembari menambah pengalaman dan refreshing di tanah sirnajaya yang sejuk dan membuat hidup kembali bergairah… :lol . Dan kebetulan sekali ada kenalan otoborn yang berkeluh kesah tentang kuda besi kesayangannya yang didapatkan lebih awal sebelum banyak dealer tersedia… kebanggaan besar menjadi salah satu pemilik awal motor Honda All New CB150R 2015 yang didapat kurang sebulan dari tanggal peluncurannya disaat yang lain masih mencari cari mau beli dimana. Bahkan sampai dengan sebulan setelah memilikinya, beliau belum tau harga cicilannya berapa! Wow!

Baca : Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016

Yup… ini tentang Honda All New CB150R 2015 yang dirilis bulan Agustus 2015 lalu. Sebut saja Mas Lis, seorang pemuda ganteng dari daerah, setiap harinya penuh semangat menjual roti bakar mangkal dari menjelang sore hingga larut malam di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Roti bakar AAN yang menjadi langganan otoborn. Beliau curhat kepada otoborn yang sempat mampir setelah dari Sentul ketika event perilisan Honda All New CBR150R kemarin.

Cek All New CB150R 2015 lis 2

Tonton:

Begini Kisah Mas Lis Dengan NCB

Setelah pemakaian awal hingga service pertama semua baik baik saja. Masalah muncul dua minggu setelah selesai servis pertama pada tanggal 26 Oktober 2016. “Suara di area mesin waktu motor dihidupkan terdengar aneh dan mengganggu. Berisik sekali mas” ujarnya.

Karena khawatir ada kerusakan, lantas diniatkan kembali ke bengkel resmi tempatnya servis sebelumnya di Jl Raya Lapangan Tembak Cibubur. Namun karena kesibukannya berjualan yang hasilnya juga untuk mengangsur si kuda besi kesayangan, baru terlaksana sekitar 4 hari kemudian yaitu tanggal 15 November 2015. Setelah selesai servis, suara berisik tadi berkurang meskipun masih terdengar sedikit kasar. Lanjutlah fokus melayani setiap pelanggan yang mampir membeli roti bakar buatannya.

Sayangnya, beberapa minggu setelahnya kembali terdengar semakin kasar dan menjadi jadi. Tanggal 10 Desember 2015 kembalilah si NCB ditangani di bengkel resmi yang sama. Menurut beliau, ada sesuatu yang dipotong (rantai keteng?) sehingga kembali suara tidak seberisik sebelumnya. Namun tetap tidak nyaman didengar.

   cap perawatan berkala ncb maslis

Baca juga:

Tanggal 5 Januari 2016 setelah libur awal tahun selesai, NCB kembali diperiksa. Di area yang sama kembali mendapat perawatan. Ada lagi sesuatu ditangani di area yang ditunjukkan ke otoborn yaitu tensioner. Menurut mekanik memang bagian ini bermasalah. Ketika ditanyakan kepada pihak bengkel resmi mengapa tidak diganti saja karena tertulis pada buku  servis dan garansi bahwa NCB ini memiliki garansi 3 tahun? Dijawab komponen tidak tersedia dan harus inden. Akhirnya ya sudah pasrahkan saja dulu, yang penting motor kesayangan bisa diandalkan untuk support kegiatan mencari penghasilan yang sekedarnya.

buku garansi servis ncb maslis

Selesai servis, yang bikin bingung ternyata terkena biaya yang lumayan besar untuk sebuah tune up, yakni sebesar 150 ribu rupiah. Ketika ditanyakan, bukankah seharusnya termasuk dalam servis garansi? Namun biaya tetap harus dibebankan karena sudah menjalani perawatan berkala ke 4. Tambah mumet… loh kok begitu ya… Padahal masalah awal belum pernah selesai.

kwitansi servis ncb maslistuneup servis ncb maslis

Upaya Mas Lis Mencari Solusi

Dalam perjalanan pulang otoborn dari gunung, sms dari beliau masuk di inbox… berharap otoborn bisa membantu mencarikan solusinya. Kekhawatiran dari Mas Lis yaitu apabila nanti komponen yang dimaksud diganti malah dibebankan biaya. Dan seandainya masalah tidak juga hilang, khawatir juga akan dibebankan biaya lagi untuk masalah yang belum selesai.

sms mas lis ncb 0sms mas lis ncb 1sms mas lis ncb 2

Padahal, aktifitas kuda besi kesayangan hanya di seputar tempat kos dan lokasi jualan roti yang hanya berjarak kurang dari 1km saja. Perawatan sejauh ini selalu ditangani di bengkel resmi yang sama, dan semua diserahkan kepada para ahli mesin di sana, dari penggantian oli hingga tune up, dengan harapan masalah selesai.

Baca juga:

Dan akhirnya diputuskan NCB ditukar pakai dulu satu hari karena kebetulan besoknya otoborn ikut test impresi Yamaha Xabre di Duren Sawit dimana kobayogas bersemedi. Sekalian disana permasalahan NCB ini dicoba menjadi bahan diskusi dengan beberapa rekan yang lebih paham soal permesinan. Suara mesin NCB Mas Lis ini lantas dibandingkan dengan mesin lain. Dan yang menarik ternyata meskipun suara NCB ini terdengar mengganggu, tidak lebih berisik dari mesin baru yang juga digeber berdampingan. Padahal mesin yang dibandingkan ‘lebih baru’ loh… rilisnya saja baru beberapa pekan.

Sebelumnya sempat juga berkunjung ke beberapa forum diskusi untuk perbandingan masalah yang sama. Dari rekaman video suara area mesin yang mereka alami justru lebih berisik dari NCB kepunyaan Mas Lis. Dan dari beberapa yang mengalami kasus serupa juga mengalami perawatan yang sama, bahkan ada yang sudah sampai mengalami ganti komponen, namun masalah tetap ada setelah beberapa minggu kemudian. Walah… kalau penggantian kena biaya lalu masalah tidak hilang, sama juga bohong dong ya…

Untuk kasus motor mas Lis ini sepertinya tips yang tersebar di forum sudah dicoba oleh mekanik ahass, mulai dari stel rantai keteng, potong rantai, ganjal tensioner dengan ring, namun hasil akhirnya ya tetap  seperti ini suaranya.

Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R ?

Meskipun memang kondisi Honda All New CB150R Mas Lis sedikit saja lebih baik dibanding NCB lainnya yang dishare di berbagai forum diskusi, tetap saja permasalahan ini meresahkan pemilik NCB dan juga membuat waswas ketika digunakan untuk support berjualan roti bakar enak buatannya.

Dan tentu saja harapannya ada perhatian lebih dari produsen terkait kasus ini, karena berjualan itu tidak hanya mencari laku, tapi juga mendapatkan kepercayaan dan rasa puas dari konsumennya. Khususnya konsumen pedagang ini yang rela menjadikan produk Honda ini menambah beban bulanan sambil mencari nafkah.

Mas Lis Roti Bakar AAN Cibubur Arundina
Mas Lis Roti Bakar AAN Cibubur Arundina

Untuk kasus yang bisa dibilang bawaan lahir si NCB ini, apakah memang biaya harus dibebankan kepada konsumen? Alangkah indahnya seandainya ada solusi dari produsen… recall sekalipun justru itu baik, dan akan lebih baik kalau produsen lebih memperhatikan konsumen loyal dan setianya yang sudah jatuh cinta pada produk semenjak iklan ditayangkan, ulasan positif tersebar di berbagai media, dan semenjak upaya sales menggaet hati konsumen akhirnya menancap di hati.

Mungkin saja ada rekan pembaca yang mau berbagi pengalaman dan informasi barangkali ada solusi yang baik untuk kasus ini?

Cek All New CB150R 2015 lis
jalan jauh pertama ncb mas lis goes to duren sawit

tulisan ini tidak bermaksud menyinggung pihak manapun, melainkan mencari solusi terbaik yang mungkin akan ada


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Test Ride,News” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

185 thoughts on “Keluhan Owner Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R

  1. kalo dah servis ke empat ya mbayar…
    kl masa garansi mending langsung di bawa ke ahass 001 dewi sartika….
    disono lebih jelas penangannya….ganti part jg ready

  2. Keluhan yang sama dialamin di sonic gw nih gan, dan kasusnya serupa, udah dibawa ahass 001 dewi sartika diganti tensioner LAT nya dan bunyi tuk tuk tuk kembali terdengar setelah kurang lebih 1000km setelah klaim garansi tersebut, bingung mau diapain ini motor, dan gw setuju banget kalo ada recall dari honda 🙂

  3. ane tau dr grub sonic itu ada di sekitaran keteng tensioner yang katanya ketengnya kepanjangan.. bener sh klo emng brngnya ngga ada.. orng barang yang ada juga masalahnya sama.. kepanjangan.. kecuali ntr batch 2 kluar.. itu juga klo ada perbaikan..

  4. Harusnya ini jd perhatian srius honda dr cb old dn ncb masak ia masalah semua… lama2 saya pribadi hilang rasa kepercayaan kpd honda.

  5. Makanya jgn termakan propaganda ahm..tukang ngibul…dohc honda cuman keren namanya doang…tehnologi motogepeh….preeetttt…dohc abal abal…makan tuh merk…tunggu the real dohc motorsport dr yamaha n suzuki..

  6. NCB saya jga seperti itu kemarin.. Bahkan suaranya lebih kenceng dri itu. Tp setelah saya bawa ke AHASS dan saya bilang soal keadaan mesin dan setel rantai kamprat. Suara seperti kluk kluk kluk itu udah hilang sampai skrang….

    1. Itu yang belum jelas. Waktu ikut test suara mesin sih adem ya biasa aja…khas motor baru lah. Unitnya blm jalan jauh masih gress, blm ketauan sudah ada perbaikan blm dari keluhan tsb

  7. Smoga aja ahm dngrin kluhan knsumennya, saya jga ksengsem juga sma nih cbr, cma dnger dri tmen sma kluhannya kaya gitu, mknya jdi agak ragu kang…

  8. wah.. repot juga kalo bgini..
    mau recall/update part, tapi ntar bisa bikin tambah nyungsep penjualannya..
    masyarakat endonesa maunya murah tapi sempurna, ketahuan cacat dikit gak bakal dilirik.. 🙁

  9. Permasalahan cb facelift ada pada bagian noken as mas
    Bukan pada noken as nya tapi pada bagian samping
    Kebetulan saya ada temen yg merupakan kepala mekanik di ahass
    Tepatnya pada botol clep mas
    Semoga membantu

    1. Trims infonya om… Sejauh ini yg ketemu suaranya di tensionernya, itu juga hasil ‘nguping’ si mekanik berjam jam utk mastiin suaranya di kondisi mesin panas, dingin, digeber atau diam. Didapat masalahnya disitu. Skrg lagi inden tensioner. Nnti kl sud sempat diupdate di artikel ya. Perkembangan berikutnya si ncb juga

  10. Kejadian yang sama pada motor saya dan teman NCB warnax juga merah.. spedometer baru 1000km sudah bunyi klukuk2 dan suara kayak helikopter.. dilokasi saya tidak ada ahass lagi harus ke kota Palu.. kwalitas mesin Honda payah..nyesal beli NCB… cuma gaya saja..

  11. 180% ane yakin berita gunian gak bakal ada di blog” AHM..

    Ini sebenarnya jdi warning buat calon consumen lainya jangan termakan merk besar… Blm tentu kualitas jempolan

  12. solusinya ganti KNALPOT RACING
    di jamin suara aneh2 itu akan hilang,karena kalah dengan suara knalpotnya.
    hahaahaa… bertobatlah 😀

  13. Lu jangan ngebece honda dong, emangnya lu siape sih?neh mesin tuh Di tmcblog pernah di ulas sebelum di launching n di puji setinggi langit layaknya mesin sempurna bahkan katanya tu gud tu bi tru jai ga mungkin ada cacatnya yang nulis ndiri tuh blog otomotif terbesar dan ternetral dan dah bergelar haji lho jadi ga mungkin ada suara aneh atopun cacatnya neh mesin

    1. Weitz, sabar brow. Klo unit test ga bakal ketahuan kekurangan’y.
      ga da motor yg bener2 ga da cacat’y. Dari sekian ribu ato puluhan ribu pasti ada aja yg cacat. Merk apapun sama aja.

  14. Tu kan team swat kagak terima…
    Emg bener tuh liat aja di fb grup sonic banyank yg ngeluh di mesin..
    Lha macam tmc iwb di bayar ahm kok ya mesti yg bagus” nya aja di bilang jas jos.. Munus nya boro” di tulis..
    Lain lgi klo bloger netral wkwk

  15. Kenapa Yamaha ga buat DOHC 150, dan kenapa Suzuki masih maen di DOHC 150..

    Karena perawatan dan sparepart yg nanti ga akan bsa dijangkau konsumen..

    Sekrang gini aja..
    Dohc itu mesin performa tinggi..
    Mesti pake part mahal baru aman..
    Oli mesti ganti min Motul, elf, baru msin awet.
    Partnya juga mesti lbh bagus dgn metalurgi bagus..ya yg sewot ya konsumen kalo ganti part bingung mau nunggu lama..

    SOHC konstruksi mesinnya sederhana dan gampang di oprek2..

    1. Trims om masukannya… Ini maunya dapat masukan dari owner yg sepengalaman juga, ternyata banyak juga yg pengalamannya sama. Syukurnya banyak input positive dari komentatir sampai mekanik2 juga sejak publish sampai ada yg share daleman2 mesin juga loh om

  16. Mas saya juga baru beli cb150r/SE black raptorraptor 15-02-16 … Ternyata keluhannya sama kaya yg di atas, ada suara aneh Kalo motor dihidupin dlm keadaan dingin, mengganggu banget, suka malu kalau lgi manasin motor … Tp klo mesin udah panas suara ngilang … Semoga keluhan ini sampai ke para professor atw insinyur ahass … Klo ga bisa ngasih solusi berarti harus sekolah lagi.terima kasih

  17. Sama mass punya saya juga gitu. Langsung komplain dan nunggu 2 bulan akhir nya semua isi mesin nya ditukar. Namun 2 minggu stelah itu bunyi nya datang lagi. Udah malu datang ke ahas tiap bentar.

  18. Semoga lekas ditangani dgn baik..sprtinya per tensionerny lemah…apa perlu di modif jd manual tensinernya..ky motor2 gl series

  19. sama mas saya juga punya permasalahan yg sama . part sudah di ganti dengan yang baru malah tetap berisik .

  20. Motor gw juga ngalamin hal yg sama padahal baru servis bulan pertama,solusi ny gmna ya atau ad yg udh sembuh motor ny?

  21. Salam kenal Mas Bro.
    Saya memiliki CB150RSE baru 1minggu,
    Hari ke1-ke5 aman2 saja tanpa ada kendala dan suara di mesin baru CB150RSE,wong motor masih baru,akan tetapi di hari ke7 pada saatmenyalakan mesin dipagi hari,tiba2 terdengar suara kletek,sya terkejut ternyata dibagian tensioner lifter ini yg jelas terdengar,,blum sempat ke bengkel AHASS,tetapi sering membaca artikel kendala yg sering terjadi pada Cb150R adalah tensioner lifternya..bagaimana ya solusinya agar tensioner tetap dlm kondisi prima dan tidak ada kendala.Terimakasih.
    Anzar.N

    1. Salam kenal om… Karakter mesin dohc nyentak nyentak si cb ini ada efeknya ke kerja rantai keteng dan jadi lebih sering seting tensioner. Memang tugas si tensioner utk mengkondisikan ketegangan rantai keteng agar sesuai, bukan sebaliknya. Seting ulang tensioner spy rantai terkontrol (dan minim suara berisik) itu biasa sih imho.
      Utk cb150r kan tensioner sudah model automatic (lat), pada prinsipnya didesain agar minim maintenance (kata teman yg ngerti mesin sih, rusak = buang atau akalin..hehe). Cmiiw ya…
      Btw, motor si om anyar gini baiknya segera dicek di AHASS, spy dipastiin penyebabnya sama mekanik yg biasa menangani mesin cb

  22. Ncb150 sy jg demikian mzbro, suara mesinnya berisik. pagi ini service pertama km 400an, beruntung mekanik ahass nya langsung tanggap, dan mesin di bedah abis, sedang dicari penyebabnya. doain mzbro, semoga proses perbaikannya cepat.

      1. mzbro ncb150 sy setelah bongkar mesin ternyata silinder bloknya bermasalah, dan pada sehernya berkerak spt gosong gtu. pihak ahass disini sudah melakukan klaim.
        o ya, klo boleh sy minta emailnya biar fotonya tak kirim.
        yg sy heran knapa bisa separah itu, kilometer belum genap 400, dgn pemakaian wajar.

  23. Sm motor cb q pun lo lg dingin bunyi ksar pd bagian mesin bikin telinga dan hati g enak ja.padahal baru 500km gmn nie solusinya.

  24. Motor ncb saya baru 2bulan sudah d bongkar ahass 2x keluhan bunyi klotok2 mesinnya call ahm jawabnya tenang ada claim ini15 x d bawa k ahass blum bener bner. motor baru sudah bnyak yg keluhin g da solusi yg pasti buat konsumennya

  25. Pita pegas nya diganti milik tiger rev krna lebih kuat n lebih tebal,
    Skrg juga sudah ada tensioner racing buat All New Cb150r gan,
    Punya saya sudah OK…

  26. Msbro ncb sy sdh selesai diperbaiki, masalah klotok2 sdh kelar, motor sekarang jd lebih halus/senyap. nanti sy kirim foto part yg di klaim di beres.

  27. suara klotok klotok pada mesin ncb sonic baru2 ini newcbr sudah bnyak yg mengeluhkan.klau bnar penyebabnya tansioner knp tidak ada pernyataan resmi

  28. Sama saya juga udah ganti tensioner lifter suara masih tetep berisik tanya ke ahass katanya harus cek sim..3 ahas solusi.y beda beda ini itu jdi bingung mana yang bener…

    1. Tensioner/ lat cuma bertugas menjaga ketegangan rantai keteng, sumber yg bikin terus cepet kendur yg dicari. Bisa jadi sebabnya shim ga sesuai renggangnya brdampak ke komponen dskitarnya. Ikuti aja dulu sarannya om, lebih ok sih kalo msh bisa klaim garansi

  29. Kl cb sy deh gnti tensioner msh aja bunyi kl kondisi dingin dan lg kl dipake jln nanjak parah bunyi mesin’y. Klotok2. Jgn2 produk gagal nih.

  30. kabeh kog sama keluhanya mesin.. ngereees… aku juga binggong.. punyaku ngerees di bagian mesin kanan.cbr 150.. 2015 akrir… kadang kumat kadng hilang dewe…

  31. sorry gan… menambahkan sedikit komentar…
    kebetulan saya mekanik dari ahass bintang motor.
    trouble dri mesin tipe k15g atau new cb ini sebenarnya dari oli mesin yang seharusnya 1.2 liter.
    coba olinya di tambahin…
    dan untuk setelan tensionernya di balik… yg ada tanda nya di hadapkan keluar..
    semoga bisa membantu:)

    1. Terima kasih om sarannya, saya coba dulu moga hasilnya memuaskan, saya sudah mencoba ke bengkel resmi honda, tapi dengan hasil yang sama, keluhan saya tidak terpecahkan.

    2. Benar itu mas… Suara mesin kasar Honda CB terutama masalah Oli Pelumas nya. Ada 2 Penyebab, Oli nya kurang penuh sesuai standard dan Kualitas Oli yang kurang bagus. Saya tidak merekomendasikan pake Federal Oil, karena saya sering pake oli ini, mesin Honda saya jadi Sangat Kasar…. Setelah ganti Oli AHM atau Oli yang bermerk terkenal, misal PrimaXP, Shell atau eneos, suara kasar jadi hilang. Di sini saya tidak menjelakkan Merk Federal Oil, memang kenyataan seperti ini….. (Kritikan untuk Federal Oil yg kualitas Olinya kurang).. Maaf

  32. Saya sudah mengalaminya, all new cb150r di KM kurang lebih 12.000 tu pemakaian kurang lebih 6bln kamprat patah dijalan lgsg deh suaranya ngeri banget, sblmnya udah bunyi tek tek itu. Lalu saya minta klaim garansi sama AHM, saya kejar terus sampe ke ujung dunia pas 2minggu dapat ganti baru dan sekarang saya menulis ini kamprat itu bunyi lagi seperti dulu. Ampun dah

  33. Assalamualaikum Wr, Wb

    sorry ikut nimbrug nih

    Hal yang di alami mas lis ini sama percis dengann kondisi motor ane yg barusan di service di AHAS gunung sahari, tipe motor ane CB150R Special Edition. Kendala yang sama mesin tiba2 bersuara keras & kasar padahal baru 1 minggu yg lalu di service. Awal mula pas kemarin sore pulang kerja pas di tengah jalan suara aneh terdengar di bagian mesin motor, padahal pas berangkat terdengar normal.

    Tanpa berpikir panjang ane langsung ke bengkel resmi Honda di sekitar dekat rumah, bela2in bolos kerja karna kondisi panik liat kondisi motor, setelah 2 tempat bengkel AHAS ane datangi, mereka ngga sanggup memperbaiki karna suku cadang mereka terbatas, akhirnya mereka menyarankan untuk memperbaiki di AHAS pusat jl Gunung sahari.

    Akhirnya ane pergi ke AHAS gunung sahari jam 3 sore, dan setelah di Servis ulang dan hasilnya Alhamdulillah kembali lancar. Setelah sesampai di rumah ane penasaran akhirnya ane Searching nyari tau di mbah google apakah kejadian ini cuman ane yg alamin atau ada lagi orang di luar sana mengalami hal serupa, akhirnya nemu artikel ini.

    setelah baca dari awal sampe akhir, muncul ke khawatiran kedepannya kalo motor ane bakal kembali kambuh lagi seperti yg di alami mas lis ini. Seperti yang mas lis harapkan ane juga berharap ada solusi yg tepat terkait hal ini.

    1. Ada beberapa masukan dari pembaca dan mekanik, kalau terjadi lagi cek LAT dan kapasitas oli di bengkel resmi (supaya kedepan lbh mudah). Kalau bermasalah di LAT, pernah dibuat artikelnya, coba cek ya…

      1. Terima kasih banyak atas pencerahaannya, sangat membantu sekali.

        Ane hanya ingin tau aja, agar ane lebih ekstra lagi dalam merawat si Kuda besi, sebenernya apa yang menyebabkan LAT bisa rusak atau bermasalah? apa bisa berpengaruh pada cara pemakaian atau ada perawatan khusus untuk LAT ini..?

        mohon penjelasannya Otoborn. Thanks

  34. Punya ane lebih parah gan,baru 5 bln kilo meter 6 rb kampas kopling gosong..nyerah ane sama tuh motor,bikin sakit hati..

  35. Abang, maaf nih sekedar cuap cuap keluhan juga tapi masalah di sonic 150R, saya tinggal di bekasi.saya sudah sebutkan keluhan di service pertama dari komstir oblak, engine kasar karena saya bandingkan dengan sonic kawan saya yg lebih awal 1 bulan dia beli baru punya saya tampil dan paling sakitnya teknisi salah satu Ahass di bekasi bilang suara sonic emang gitu masih normal. Dan saya lihat actionnya hanya bersihkan filter -_- paling perihnya oli shell advance ultra saya baru reload 1 hari di reload ulang pakai oli standart. Haruskah sepelekan service gratis??? Langsng ke permasalahn suara mesin sama persis kasarnya ngelitik dan suara rantai keteng jelas bgt, terus start gigi 1 ke 2 suara krecek krecek di rante keteng dan macam seperti berbenturan keras sekali di dalam mesin entah seher atau apa ya hahaha saya kurang paham bgt soal mesin. Dan parahnya pas saya gas full gigi 2.3.4 ketemu gigi 5 macam sudah ngempos tak ada tenaga dan sampai gigi 6 tepat 80 rpm saya merasa sudah tak ada tenaga lagi buat melaju kecepatan dan berasa motor ngedut ngedut gitu. Sedih rasanya dan skrng 1629Km sudah macam bawa motor mio saya yg sudah 5 tahun lebih tua. sedih sekali.

  36. sebenarnya, masalah klotok-klotok bukan berasal dari tensionernya, memang setelah diganti tensioner, suara jd hilang, tp tdk lama bakal muncul lagi,tensioner hanyalah terkena imbasnya saja, masalah utamanya yaitu terdapat pada bolt bracket camshaft yg kurang kencang, sehingga mengakibatkan camshaft oblak dan camchain menjadi kendor, jangan mengganti tensioner, karena akan mengakibatkan bolt bracket camshaft semakin kendor dan menyebabkan bunyi muncul lagi, solusinya yaitu dengan melepas cylinder head dan mengencangkan bolt bracket camshaftnya. Untuk mekanik AHASS dimohon untuk coba melakukan ini, karena mekanik itu harus pandai memecahkan trouble shooting.

  37. Motor saya pun kek gtu jgx bunyi a.nyesal aku blik a.pdhl klw kta liat bodi a.wah cntik baget.tpi tryata mesin a.ancor bikin gx nyaman aja emag si klw uda lma bunyik a.akan ilag.tpi keyamanan pelanggan hancor.gagal produk cbr 150

  38. Supta GTR 150 ane juga sama barusan cuma disetel LAT nya terus jalan berdua sama kepala mekaniknya suara ane direkam sambil ditanya2 katanya kalo masih bunyi baru diganti

        1. GTR 150 saya juga gitu.. pagi” kalo baru di nyalain klotok” juga. tapi klo udh 10 menit ilang bunyinya.. padahal motor baru 3 Bulan dan KM baru 1100. T_T

        2. Kemaren padahal pas servis gratis ke 2 saya udh minta LAT nya di cek soalnya suka bunyi.
          eh mekanik nya cuman nyalain mesin motor terus di dengerin suara LAT nya. (suara nya gk kletok kletok soalnya mesin nya udah panas di bawa jalan buat ke bengkel). yah gitu deh.. LAT nya gk bunyi. jadi dibilang gk ada masalah..

          Terus mekanik yang lebih pinter nge jelasin ke saya..
          saya jelasin klo pagi berisik harus di panasin 10 menit..
          Kata Mekanik nya : Motornya emang gitu. soal nya kan DOHC itu 4 tak dan oli nya menutupi semua bagian mesin jadi olinya belum naik. nanti klo udh alus suaranya artinya sirkulasi oli nya udah sempurna.
          Saya cuman bilang “ooh gitu”

          Dalem ati gw “kalo masalah oli belom sempurna sirkulasi nya kok bulan ke 1 dan 2 ga bermasalah”
          kaga jadi nge claim garansi.

      1. Mas saya baru 3 bulan beli motor cbr150R kampas kopling gosong … kira” klaim berapa lama yah ..??
        Dah sebulan motor dirumah ngga dibawa… setoran motor berjalan terus … tolong dibalas thanks

        1. Terimakasih infonya,, tp saya sudah datang keberesnya mas,, sudah 3 minggu lebih belum ada konfirmasi lagi mas katanya nnty di sms kalau sudah sampai barangnya .. tp kira” brapa lama yah mas?? Motor saya dianggurin dirumah mas dah kaya rongsokan ajah motor baru 3 bulan … thanks

  39. Om mau tanya, apakah LAT yg rusak bisa buat mesin ngeretek? Dari 5 bengkel pinggir jalan di bekasi dari bengkel khusus honda tiger, honda CBR dan CB, sampe ke bengkel kawan dan langganan saya kenapa motor saya sonic 150R semua bengkel berasumsi bagian krekas/bandul ke arah stang seher yang bermasalah, tapi pas saya proses claim di ahass mereka berasumsi bagian LAT yg buat ngeretek itu.

  40. Inilah motor ahm..yg diagung2kan bgs..ternyata banyak kali cacatny…mesin bunyi tek2, cat gampang ngelupas, footstep patah, sasis ringkih motor ngga ada setahun udh ngebul…motor yamaha asik2 aja..ga ada keluhan…kuat dan nyaman buat turing 10.000 km…hon hon kualitas mocin…

  41. Usia ncb gue baru 5 bln .pd saat 7500 km..gue ganti oli standar AHM SPX1..PLUS SERVIS TERAKHIR(gratis)..setelah 3 hari pemakaian..suaranya jadi berisik..kasar banget…hari ke 5 nambah tuh suara ada jeduk jeduknya..
    Tak biarin hingga hari kesepuluh..gue coba jalan santai sekitar 20 km…speed max 70 km/jam…bunyi tetap aja saat berenti….ndak sabar gue kebut 112km/jam…(pengennya mau tak geber sampai habis gas tapi takut..dan malu sm anak muda krn usiaku dah kepala 4).pas berenti musik dari mesin tetap aja ada..uwer uwer jedug jeduk..tanpa perubahan..sm spt diajak jalan lamban..
    Besok ku bawa ke beres honda..kubilang sm mekanik untuk stel tensioner nya..sekalian ganti oli lagi dan sevis..total 130 ribu..krn gratisnya dah habis
    Ternyata musiknya masih ada dimesin.walau ndak ngerap spt kemarin..hanya 2 hari berselang..ganti musik metal lagi tuh mesin…herrrr..gemes.
    Dengan bacaan bismillah kumandiin tuh ncb..barangkali ada setannya.krn secara ilmu servis dah diupayakan..hahaha..berikutnya ku kendorin kabel koplingsekendor kendornya..lalu kusetel lagi sampai pas menurutku yg buta mesin..dan ..ternyata..mesin tak bersuara lagi..saat aku posting komen ini…sudah 4 hari ncb kupakai..dan di tes sampai 115 km/jam..buat ngebonceng istri yg gendut menyusuri tanjakan walau tak bisa kenceng..krn begitu gas naik tangan istri nyubit juga di pinggang…
    Dan alhamdulillah…ncb ku tak lagi bernyanyi..suara normal spt hari pertama..kembali ke suara nada saat ncb ku masih perawan…hahaha

  42. Saran aja ni mas coba d buka dulu otomatis temengny d buka trus d bongkar ulang. Lilit ulang lagi pegas d dalam otomatisnya. Biasanya bisa juga pegas d dalam otomatis putus. Kalo putus lilit ulang lagi. Trus pasang kayak semula. Dari yg saya dapat sih jd halus lagi suarany.

  43. Klau pengalaman anak anak team ane masalahnya di testionernya

    Ada 2 cara pertama ganti bisa pake punya kharisma
    Kedua buat testioner manual alias bisa di setel sendiri

    Klau masih kasar
    Alamat chamsaftnya bermasalah
    Atau dari sim nya juga bisa

  44. saya pengguna cb 150 new…
    memang mesin bersuara kasar,,,

    beda bunyi klep (tok,,tok,,,tokk)
    suara mesin saya bersuara kasar,,,

    tapi saya punya pengalam,,, saya mencoba oli merk lain tetapi oliny lebih kental dari pada oli AHM ya.. coba ajaa pasti suara mesin gak berisik

  45. Jujur sya ga ngrti ttg mesin, tp artikel ini ckup mmbntu. Mtor sya bkn CB sih, tp tlg dibantu utk pencerahanya, mtor sya Beat PGM FI, usianya 1thn lbh bbrpa bulan, udh 4hri ini suaranya bising, kasar banget, trus klo pagi2 gbsa di stater, klo di selah keras banget agak susah awalnya,tp ahirnya bsa ko. Tdi siang udh dbwa ke bengkel ahhas, udh di cek dan ktanya hrus turun mesin dgn estimasi biaya 750rb an..wowww kaget dong sya mtor bru setaun msa udh hrs trun mesin, pdhal pemakaiannya wajar ko.. Sbelumnya sya Udh coba telpn customer carenya utk mnta arahan terkait klaim gransi mesin yg 3thn itu, tp dari pihak bengkelnya terkesan menolak dan seakan akan mempersulit klaim gransi itu.. Naah utk saat ini sih blm ada pmberitahuan lgi dri pihak pusatnya.. Motorpun ahirnya dbwa pulang lg dan blom di apa2in.. Biar bsa ditangani dgn cepat pke klaim gransi mesin 3thn itu hrs gmna yaaaa…? Bales please… Thanks..

    1. Saran sy terus datengin beres besarnya, sampai diladeni. Asalkan syarat terpenuhi dan tercakup di garansi terkait, seharusnya minimal ditanggapi pengecekan pra klaim.

  46. punya saya jg gitu mas Ncb nya.dulu bunyi kluk2.setlh ganti Tensioner kamprat(LAT)suara tsb hilang.tapi yg ttp gak ilang suara kresek2kyk mur kendor.yg muncul di bak mesin kanan.yg kadang muncul kadang ilang.bikin pusing aja.apakah itu dr perngkt kopling?aq tanya ke mekanik Ahass. katanya dr kamprat?tp klo kamprat yg kena,putaran mesin jd ikut aneh kan?ini Mesin DOHC loh!!selama ini putaran mesin normal2 aja..pusing nih

  47. Sama mas bro… kejadian yg anda alami serupa dg saya. Smpe gonta ganti ahass mslh blm jg trselesaikan..
    Ntah bgmna dg produk yg 1 ini

  48. Apakah Mungkin penyebabnya karena pada saat pertama kali penggunaan motor di km-0 langsung di gas lebih dari 5000rpm ?. Jadi rantai keteng dan lift tensionernya kendor .
    Jadi istilahnya motor baru belajar jalan.. udh di bawa lari..
    Mohon pencerahanya

  49. Sama bro yg ane juga kaya gth. Malahan yg ane itu dari awal dikirim udh berisik kaya gth, sampe skrng. Klo misalkan dibalikin motornya bisa ga sih?

  50. Mas brow punya sy masalahnya agak beda malahan punya sy dipakai hampir 2 tahun ketika sy pakai mesin blm panas normal tp setelah panas bentar2 mati kl gak kayak kehabisan bensin berlanjut mati mesin….dh sy servive ke ahas 1 bln muncul lg wong jowo ngarani nyendat2…bikin takit dijln taya. Mhn info solusinya mas brow

    1. Udah coba sampaikan keluhannya ke ahass terakhir servis blm om? Banyak kemungkinan tapi amannya pas bermasalah coba tunjukkan ke melanik. Bahkan hanya masalah sekring aja bisa timbul gejala mirip mirip om

  51. Parah Ini New CB 150 R, masa baru setahun tangki dah berkarat & ketika kopling dimainin ada bunyi trek2 di bagian rantai, meskipun sudah di setting rantai tetep aja masih bunyi kata mekanik ahhas harus buka block kopling aduhhhh……..

  52. Itu bukan rante keteng
    Tapi noken as ongglek
    Atau aim nya bermasalah
    Akibatnya renggang klep terlalu lebar
    Jado berisik…

    Coba ganti simnya
    Liat dulu ukurannya

    Cek kerenggangan klep
    Klau saya gak salah in 0.15 out 0.25

    Klau lebih dari tu berisik
    Klau kerapetan halus sie cuma boros

  53. Kalu gw sih sdh lama bunyinya…cma gw antepin aja…tiap pagi gw panasin pasti bunyi…ya gw anggap buat tolak ukur waktu manasin aja…ketika hilang bunyinya baru dah gw jalan…cma lama2 pas hujan mesin.lan agak dingin tuh…ehh tuh si klotok nongol lagi…sambil jalan sambil bunyi tuh siklotok…lama2 mgeselin juga…mang dasar gw gak pernah service lagi semenjak yang kelima…soalnya kena biaya…wkwkwkwk…akhirnya dengan nekat gw ganti tuh tensioner pake pynya honda kharisma 125…yg KW lagi…ilang sih….tapi gak tau nanti kalu sdh lama…mdh2.an gak nongol lagi siklotok…salam klotok klotok…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: