Otoborn – Belakangan sering terdengar keluhan pengguna sepeda motor terhadap kinerja Lifter Assy Tensioner (LAT) pada kuda besi kesayangan. Apa itu LAT? Sebagai gambaran saja silahkan baca ulasan ringan otoborn mengenai LAT pada artikel sebelumnya. LAT seringkali dituding menjadi penyebab suara annoying di area mesin.

Memang benar banyak beredar keluhan  terkait komponen yang satu ini, meskipun suara annoying pada mesin sepeda motor bisa jadi beda penyebabnya. Dimasa lalu pernah ada keluhan dari seorang teman pada bebek underbone Satria FU nya. Pernah juga dialami oleh tunggangan sendiri yang bermesin Sonic 125. Dan kini keluhan yang sama juga dari beberapa pemilik motor motor baru yang  belum genap satu tahun usianya.

Namun apabila sudah bisa dipastikan suara tersebut benar disebabkan oleh kinerja komponen LAT ini yang tidak lagi maksimal, ada beberapa opsi yang bisa dicoba.

baca: Yamaha Xabre 150 part 1 : Meet Impression... How It Looks ? Yamaha Xabre 150 part 1 : Meet Impression… How It Looks ?

Apa saja yang bisa dilakukan oleh pemilik sepeda motor kesayangan apabila menghadapi kejadian serupa? Otoborn coba share disini ya… mohon disikapi dengan bijak saja.

DIY: Coba Atasi Sendiri Masalah Tensioner Automatic Adjuster Kurang Nonjok

lat sonic125 cs1
lat sonic125 cs1

Tonton:

Motor Baru Bergaransi? Lakukan Pemeriksaan Di Bengkel Resmi

service klaim garansi honda all new cb150r otoborn 2016

Opsi atau langkah paling pertama apabila sepeda motor kesayangan masih terhitung baru tentu saja dengan menyerahkan kepada ahlinya di bengkel resmi andalan. Tujuannya, agar benar benar diteliti penyebabnya dan apabila perlu penggantian komponen akan mendapatkan yang memang peruntukannya. Dan memang benar area mesin ini masuk kedalam jaminan garansi dari pabrikan yang diberikan selama masa tertentu.

Baca juga: Fungsi Dan Letak LAT Atau Lifter Assy Tensioner Pada Mesin Motor Klaim Garansi Honda All New CB150R Mudah

Stel Ulang Adjuster Atau Tonjokan Rantai Keteng

Opsi kedua dengan menyetel sendiri adjuster yang tersembunyi dibalik cover baut bagian tengah. Baut tengah merupakan cover alias tutup setelan/adjuster atau tonjokan tensioner, sedangkan baut lainnya adalah penahan atau pengunci agar komponen tersebut menempel kuat pada tempatnya. Oh iya, tutup setelan berbeda beda modelnya… ada yang membutuhkan kunci L, atau obeng + , atau kunci ring untuk membuka atau menutupnya kembali.

Stel ulang tonjokan dengan memberi putaran sedikit saja berlawanan arah jarum jam akan membuat tonjokan menyodok kedalam mesin, menekan chain cam assy tensioner alias penegang rantai keteng. Lakukan dalam kondisi mesin hidup agar bisa sambil didengarkan suaranya. Jangan memutar terlalu banyak, karena malah akan membuat rantai sulit berputar sehingga mesin malah hidup segan mati matian iya. Kalau terlanjur, kembalikan adjuster ke posisi bebas dengan memutar maksimal searah jarum jam.

Langkah ini juga dilakukan oleh mekanik bengkel resmi sebelum memutuskan perlu atau tidaknya penggantian komponen.

posisi

Baca juga:

Motor Lama? Tidak Bergaransi? Bisa Coba Perbaiki Sendiri Kinerja LAT Sebelum Ganti Baru

Jadi ingat, pernah si bolang mengalami keluhan yang sama. Dan sebagai motor bermesin lawas tentu saja masa garansi sudah tidak berlaku, sehingga mengambil opsi mengutak atik sendiri area tensioner rantai keteng sebelum benar benar membeli penggantinya. Opsi ini memang bisa dicoba, tapi perlu diingat apabila diterapkan pada motor baru bergaransi maka garansi tersebut akan hangus, kecuali dikerjakan oleh mekanik bengkel resmi itu sendiri dengan catatan yang jelas. Sebelumnya, do it with your own risk!

Langkah Mengembalikan Agar Adjuster  Kembali Mendorong Kuat

Opsi ketiga ini dilakukan apabila ditemukan ternyata LAT sudah kendur, tidak menonjok maksimal. Lepas LAT dari tempatnya menggunakan kunci ring 8 dan lakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Tahan bagian tonjokan dengan kuat, agar tidak terpelanting ketika ring pengunci dilepas
    tahan-stut-kamvrat
  2. Congkel ring pengunci bisa dengan menggunakan obeng (-) kecil
    congkel ring pengunci lat
  3. Setelah terbuka, sambil tetap menahan bagian tonjokan diputar berlawanan arah jarum jam sampai dirasa cukup kuat, kira kira maksimal 1 putaran
    putar lat tensioner
  4. Pasang kembali ring pengunci, pastikan terpasang sempurna
    ring pengunci lat tensioner
  5. Cek kinerja LAT dengan memainkan adjuster/tonjokan menggunakan obeng (-)
    stel adjuster tensioner lat

Apabila dirasa sudah cukup baik, kembalikan LAT di posisinya pada mesin.

Baca juga:

Otoborn membuat video singkat untuk memberikan gambaran ringan saja. LAT yang digunakan model Sonic 125 atau CS1 yang sudah automatic adjuster juga. Silahkan menyaksikan ya….

Penyebab LAT kendur bisa juga disebabkan oleh pegas yang sudah terlalu lemah sehingga tidak maksimal mendorong tonjokkan menekan penegang rantai keteng. Mungkin berikutnya akan dishare untuk mengatasi pegas yang lemah syahwat  ini ya… Agar kinerja LAT kembali prima. Tidak lupa diingatkan, semua yang disampaikan disini apabila akan diterapkan tolong dipahami satu hal… Do it with your own risk ! Alias DWYOR brothers.

Kritik dan saran tentu saja diterima dengan terbuka. Pokoke cmiiw deh ya…


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”DIY,News” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

 

Advertisements

153 Comments

  1. opsi ke empat….dengan mencopot tensioner dan mengganti dengan baut….ji penyetelan secara manual….cukup puter dgn prasaan…ngoahaha
    cara tersebut berhasil mengirit pengeluaran pada GL 100 temen ane waktu jaman sekolah….ngahngahngah













































  2. Motor saya honda kaeisma.
    Habis ganti rantai kamprat,dan lifter assy kok masih ada suara ngiung gtu ya di mesin…smakin di gas suara jga ikut nyaring. Apa ada yg kurang pas dlm pemasangan?







































































  3. Untuk stasioner otomatis keteng cb 150 r stret fighter dah saya ganti baru suara dah tidak berisik tetapi permasalahan timbul masalah baru rantai ketengnya malah bersuara berisik pertanyaannya harus bagaimana sebaiknya rantantai keteg nya tidak berisik apa harus di ganti rantai nya atau bagaimana.mohon info dan jawabannya .terimakasih.

    1. Author

      Kalo ke bengkel minta dicek kondisi rantainya, di stel sampai suara minim, kalo terlanjur bermasalah rantainya sebaiknya diganti om























  4. kalo pegas nya lemah,apa bisa normal dgn mengganti per yg baru bro

    1. Author

      Paling tidak minimal akan kembali ke kondisi seperti awal aja bro, tapi kalo ganti utuh kayaknya lebih ok selisih harga ngga jauh amat


  5. Vario 125 swara tak tak ksar bget.lifter cba tk setut swara halus.misal diganti msin halus dan timbul lgi swara tak tak.kmungkinan apanya mas.minta infonya

    1. Author

      problemnya pakai lifter standar memang cepet tak tak, kondisi mesinnya bawaan bikin begitu. meskipun ngga terlalu pengaruh dalam jangka pendek, suara cukup mengganggu. solusinya harus sering sering setel lifter, pake lifter model drat juga ngga jauh beda agak lebih kuat dibanding pegas spiral.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.