Advertisements

Workshop Lingkungan di Saung Sarongge Bersama Ritno “LA Adventure” Kurniawan

Workshop Lingkungan di Saung Sarongge Bersama Ritno “LA Adventure” Kurniawan

O to Born ~ Setelah cerita tentang kegiatan menanam 1000 pohon pada artikel di sini, sekarang lanjut yaks keseruan berikutnya selepas mulai menanam 100 pohon pertama dari 1000 pohon yang akan ditanam masyarakat sekitar secara bertahap.

Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan bertema Memupuk Do’a dan Harapan bersama Astra Tanam 1000 Pohon langsung melipir ke desa Sarongge yang terletak di kaki gunung Pangrango.

Cicilan Kredit PCX Lokal ABS Indonesia 2018

Disana otoborn bareng rekan blogger media serta PIC Astra rehat sejenak, menikmati menu santap siang menjelang sore di Saung Sarongge yang lokasinya di timur Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, sebuah wilayah cagar biosfer alias paru paru dunia yang ditetapkan oleh UNESCO tahun 1977 silam.

Disini kita ikutan Workshop Lingkungan oleh para nara sumber inspiratif.

DIY: Coba Atasi Sendiri Masalah Tensioner Automatic Adjuster Kurang Nonjok

 

Ritno Kurniawan belum lama meraih apresiasi SATU Indonesia Awards (SIA) 2017 di bidang Lingkungan, masbray .

Pemuda asal Padang Pariaman yang berhasil merubah mindset masyarakat sekitar yang sebelumnya membalak hutan sekarang menjadi guide di kawasan wisata LA Adventure binaannya.

Bukan usaha yang mudah namun baginya bukan mustahil, dan itu terbukti bisa dilakukan
Coba simak aja video kegiatan ini di sini atau dibawah ya

Tips Trik Mengambil Data Dari Smartphone Yang Rusak Layar Dan Tidak Terdeteksi Di Laptop

Beberapa tahun lalu, masyarakat di sekitar hutan wisata yang dibangunnya rajin banget nebangin pepohonan di hutan, setiap harinya ada sekitar 20 batang pohon yang diameternya bisa sebesar roda truk dihanyutkan ke sungai untuk dijual.

Ritno merasa prihatin dengan kondisi tersebut, dan baginya semestinya masyarakat dapat melihat potensi hutan tropis ini menjadi objek wisata, dan setelah menyelesaikan sekolahnya Ritno memilih untuk merubah keadaan di kampung halamannya, agar masyarakat lebih peduli lingkungannya dan bisa menjadikan hutan sebagai mata pencaharian tanpa harus merusaknya. Namun sedikit sekali dukungannya dan sebagian besar malah menganggapnya tidak mungkin.

Cicilan Kredit PCX Lokal CBS Indonesia 2018

 

Ritno merangkul pemuda sekitar, mengajak untuk bersama sama mewujudkan gagasan tersebut, pada awalnya hanya orang aja yang tertarik bergabung namun setelah terbukti sendiri karena mereka merasakan langsung manfaatnya terutama bagi perekonomian, sekarang jumlah guide bertambah banyak, ada 170 orang yang sudah bergabung.

Di LA Adventure, banyak kegiatan wisata alam yang bisa diikuti, termasuk rafting loh! Tempatnya ajiib. Dan di hutan tropis tersebut bisa diketemukan banyak hewan hewan yang jarang terlihat di tempat lain.

Ritno berhasil membuat banyak pembalak hutan beralih profesi menjadi guide di LA Adventure. Selain lebih mengasyikan pastinya lebih banyak nilai positifnya.

Fungsi Dan Letak LAT Atau Lifter Assy Tensioner Pada Mesin Motor

Tentu saja sebagai kawasan wisata hutan tropis yang tadinya jadi sasaran penebang kayu sekarang jadi lebih terlindungi, lebih dijaga dan dirawat terutama karena kesadaran masing masing sudah paham hutan tersebut nafas bagi perekonomian masyarakat dan nafas bagi seluruh makhluk hidup di bumi.

Karena perjalanan dan dedikasinya tersebut, Ritno Kurniawan meraih apresiasi SATU Indonesia Awards (SIA) 2017 di bidang Lingkungan dan mendapat Rp.60.000.000,- dari PT. Astra International Tbk sehingga bisa bermanfaat untuk pengembangan hutan wisata yang dikelolanya bersama masyarakat sekitar sehingga semakin dikenal oleh wisatawan manca negara.

Lagi lagi hadirnya Astra diantara pemuda seperti Ritno Kurniawan ini akan membawa para mutiara bangsa tersebut berkilau tidak lagi tertutup lumpur di dasar lautan. Seperti yang sering disampaikan oleh Yulian Warman, dimanapun Astra berada harus bermanfaat bagi sekitarnya. Cakeppp!

Semoga informasinya bermanfaat.

 

~ Keep Respect n Safety!

Regards,

Ramadhi H

otoborn.com

email (private): ramadhi.harimurti@gmail.com

email (official): otoborn@gmail.com

facebook: ramadhi.harimurti | page: @otobornblog

twitter: ramadhi harimurti | @otoborn

instagram: otoborn

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: