Advertisements

Melukis Kaos Pakai Cat Tekstil POT Anti Luntur Di Gathering YDBA

O to Born ~ Beberapa waktu lalu sempet ikutan gathering Blogger yang digelar oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) di kawasan Jakarta Selatan. Seru, tidak cuma sharing tentang perjalanan YDBA, tapi juga merasakan sendiri bagaimana sebuah hal yang sederhana seperti kaos lukis tidak sesederhana kelihatannya, jadi tau hebatnya UKM.

Di event silaturahmi tersebut kita diceritain kisah perjalanan YDBA semenjak berdiri tahun 1980 silam. Tujuan didirikan yayasan Astra ini untuk membina dan mengembangkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Cicilan Kredit PCX Lokal ABS Indonesia 2018

Sambil santai, Ketua Pengurus YDBA Henry C. Widjaja bercerita perjalanan YDBA hingga saat ini dengan kesulitan kesulitan yang dihadapi, mengenai sektor unggulan, juga informasi menarik mengenai berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan YDBA, antara lain Pelatihan Total Productive Maintenance (TPM), Pelatihan Human Resource Officer Development Program (HRODP), Pelatihan Product Planning Inventory Control (PPIC), Pelatihan Manajemen Bengkel R-4 dan lainnya.

 

Kepala Departemen Perencanaan Dan Pengembangan YDBA Edison Monoarfa menceritakan tentang ekosistem pengembangan UKM, dimana YDBA berperan meningkatkan kapasitas UKM dan menghubungkannya dengan sumber daya yang tersedia,  pengembangan sektor unggulan YDBA di beberapa wilayah kerja Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA, dan studi banding dengan negara maju seperti Jepang.

DIY: Coba Atasi Sendiri Masalah Tensioner Automatic Adjuster Kurang Nonjok

YDBA juga memperhatikan perkembangan usaha di era digital, dimana teknologi semakin maju dan semakin membuka peluang marketing aktif. YDBA membangun ekosistem digital dimana sebelumnya hanya bergerak offline merambah ke dunia online.  Salah satunya dengan melengkapi corporate website YDBA dengan e-catalog UKM YDBA, membuat blog video edukasi dan berita terkait Hebatnya UKM. Hadirnya blogger dan media di gathering ini salah satu bentuknya, diharapkan kisah UKM Hebat, inspirasi wirausaha dan penggiat UKM Hebat akan sampai ke pembaca blog.

Henry menutup sesi sharing YDBA dengan berbagi karya puisinya. Puisi? Selain dikenal sebagai pelaku Fotografi handal, ternyata beliau juga puitis, dan pernah satu komunitas dengan blogger Febriyanto Lukito di masa lalu loh, selagi milis masih berjaya dan belum tergeser oleh whatsapp grup dan facebook.

Memadukan fotografi dengan puisi, terlahirlah karyanya yang menghanyutkan, “Perjalanan Yang Dimampatkan”.

Tips Trik Mengambil Data Dari Smartphone Yang Rusak Layar Dan Tidak Terdeteksi Di Laptop

Setelahnya, blogger ditantang untuk berkreasi dalam bentuk gambar, tapi bukan menggambar biasa karena media yang digunakan yaitu kaos. Yup! Melukis di atas kaos. Diluar kebiasaan banget, biasa pegang stang motor ini malah pegang kuas hehehe…

Ternyata, lukisan yang ada di kaos kaos itu karya yang rumit, perlu ketelatenan dan setelah bakat perlu ada keteguhan dan kesabaran. Hasil sesederhana apapun itu, hebat yang bisa bikinnya. Pas jajal sendiri pertama kali pegang kuas untuk coret coret kaos, beuuh… susah… langsung nge-blank bray ide ide gambarnya luntur hehehe.

Semua dibatasi waktu dan dinilai oleh pak Edison yang terbaik bakal dapet hadiah. Alhamdulillah karya spontan yang sempet bikin otoborn tersadar udah ngga bisa gambar malah terpilih jadi salah satu pemenangnya… Yeaah!!

Cicilan Kredit PCX Lokal CBS Indonesia 2018

Untuk sesi melukis ini, adalah POT yang menggelar. Usaha POT yang artinya Painting On T-shirt ini dikelola oleh Rini Iskandar dan dibina oleh YDBA. Awal dimulai tahun 1981 silam oleh Iskandar Suryaputra seorang seniman yang pernah sekolah di Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (STSRI-ASRI) Yogyakarta yang pernah memenangkan juara dua mendesain Gold Jewelry dan sering mengadakan kursus lukis juga menjualkarya lukis dengan berbagai media. Dulu punya nama waroeng kaos. Begitu go international, akhirnya biar mudah juga bule mengejanya diganti menjadi POT dengan produknya kaos lukis dan cat tekstil POT (ISP).

Kaos yang dipakai t-shirt polosan aja, tapi yang istimewa itu bahan catnya, dengan dasar air tapi bisa dicuci dan tahan panas setrika sekalipun, juga dijamin tidak luntur. Ada garansinya satu tahun bray!

Cat tekstil POT ini racikan istimewa pak Iskandar hasil dari berguru dari seorang ahli kimia asal Jerman yang memesan lukisan kaos padanya, sejak 1998 dengan modal awal 5 juta rupiah lalu menerbitkan sertifikatnya setahun kemudian dan terus mengembangkan hingga dapat komposisi cat yang berkualitas istimewa saat ini dan bisa digunakan di berbagai media baik kain, kanvas, krtas, plastik, kayu, batu, dan lain lain pokoknya.

Fungsi Dan Letak LAT Atau Lifter Assy Tensioner Pada Mesin

POT juga menjual catnya loh bray, juga alat lukis lainnya. Selain itu tentu saja jasa lukis pada kaosnya juga. Harganya bervariasi, tergantung tingkat kerumitannya. Semakin detail, akan semakin tinggi harganya. Buat yang mau coba coba melukis dengan alat dan bahan dari POT, bisa beli di paintingontshirt.com , pesan kaos jadi juga bisa.

POT juga melayani paket lomba, paket workshop dan kursus melukis, batik, keramik/clay di galeri POT bisa perorangan atau grup untuk sekolah TK,SD,SMP dst. Bisa juga paket ulang tahun dan paket lainnya. Biar tidak penasaran coba ngobrol dulu saja sama Rini Iskandar di 0812 934 043 atau 0817 267 412. Mampir ke galerinya di Jl. Pangrango 1 No.51 RT.01/RW.07 Cibinong Bogor, Jawa Barat – Indonesia.

Semoga informasinya bermanfaat.

 

 

~ Keep Respect n Safety!

Regards,

Ramadhi H

otoborn.com

email (private): ramadhi.harimurti@gmail.com

email (official): otoborn@gmail.com

facebook: ramadhi.harimurti | page: @otobornblog

twitter: ramadhi harimurti | @otoborn

instagram: otoborn

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: