Advertisements

Sambut Fogging Race MotoGP Era 4 Tak, Siapa Yang Mampu Menaklukkan Sirkuit Berasap Di MalaysianGP ?

Otoborn – Menjadi pebalap kelas dunia bukan tanpa beban. Selain harus bertarung demi diri sendiri, tiap pebalap wajib mempertahankan kepercayaan sponsor yang menopang biaya race yang tidak kecil.

Terkadang dukungan yang besar dari fans justru bisa menjadi tekanan yang besar, dan caci maki hujat para haters menguji mental pebalap saat harus beraksi di atas kuda besi yang ditungganginya.

Seorang pebalap kejuaraan dunia MotoGP haruslah memiliki kemampuan fisik yang sangat bagus. Selain untuk menjaga stamina dan kesehatan, olah fisik secara rutin dilakukan demi meningkatkan dan mempertahankan kebolehannya nyemplak kuda besi liar bertenaga lebih dari kisaran 230HP andalannya untuk bersaing di kelas raja raja balap internasional ini.

08a

Pada gelaran balap era 2 tak, tidak heran jika asap memenuhi lintasan balap dan terpaksa dihirup oleh pebalap dibelakang (siapa suruh dibelakang… diwarungasepin deh..). Dan tidak ada yang menyangka kalau gelaran balap era 4 tak akan dipadati oleh asap yang lebih tebal dan lebih pantas dibilang kabut asap karena jarak pandang sangat terbatas.

Yup, Sepang yang menjadi tuan rumah gelaran Shell Malaysia Motorcycle Grandprix pekan ini memiliki fitur baru, yang tidak ada di sirkuit lain.

ASAP !

Dan asap tersebut seperti kita telah ketahui merupakan teknologi yang diberikan secara cuma cuma oleh negara yang direncanakan menjadi peserta tuan rumah gelaran MotoGP World Championship mulai tahun 2017 nanti.

Disini saya sih malu, mengakui bahwa tanah air Indonesia yang mengekspor asap asap tersebut secara free. Dan hingga detik ini belum ada solusi, untuk menjaga kesehatan dan menyelamatkan penduduk di wilayah teritorialnya dari asap tersebut saja belum dapat, apalagi menghentikan asap menyerang negara tetangga.

Dan kini, Indonesia semakin harum namanya… seharum asap!

Setidaknya, para peserta balap kelas internasional ini sedikit merasakan penderitaan saudara saudara kita di tanah air ini. Misalnya Cal Crutchlow yang mengalami sesak nafas akibat asmanya kambuh saat seri latihan bebas lalu. Namun itu bukan kabar baik, ada orang sakit kok seneng..kebangetan deh..

IMG_20150713_232621

Gelaran ini merupakan satu seri terakhir sebelum seri pamungkas musim 2015. Dan saat ini mental para pebalap yang sedang memperebutkan gelar juara dunia sangat diuji. Terutamanya adalah duo Movistar Yamaha yaitu Jorge Lorenzo dan Valentino rossi.

The Doctor saat ini masih memimpin klasemen sementara dengan perolehan 296 poin, berselisih 11 poin saja dengan rekan setim sekaligus rivalnya, Lorenzo yang memiliki koleksi 285 poin.

11a

Tekanan begitu besar dirasakan oleh Rossi, karena ambisinya tahun ini meraih gelar juara dunia yang ke 10, setelah pada beberapa musim terakhir harus terjerembab dan terpuruk dalam jurang kekalahan dan ketidak berdayaan. Mengingat usianya yang semakin uzur, 36 tahun, doi seolah sudah tidak ada kesempatan lagi untuk menjuarai balap kelas raja raja ini. Pada musim 2015 ini, Rossi menang sebanyak empat kali dan berada diatas podium sebanyak 14 kali.

Serunya persaingan diantara pebalap sedikit ternoda oleh fikiran negatif Rossi atas rekan setimnya dan pebalap tim lain yang senegara dengan Lorenzo. Adalah Marc Marquez, yang sempat dituduhkan sengaja membantu Lorenzo menghalangi lajunya di lintasan untuk memperkecil peluangnya menjadi juara dunia musim ini. Meski sempat dikalahkan oleh rider Ducati Andrea Ianone, Rossi awalnya berfikir positif dan membela Ianone yang dibully habis habisan oleh fans fanatik The Doctor ketika berhasil mengalahkannya di balap seri lalu dan membuat selisih poin dengan Lorenzo mengecil. Menurutnya, Ianone hanya membalap untuk dirinya.

14a

Namun, tatapan mata Rossi kali ini seperti sedang dikhianati oleh rekan rekannya sesama pebalap yang beda tim dan negara dengannya. Apakah ini benar? Saya tidak tahu sih… Dan saya lebih setuju seandainya hal tersebut salah, pebalap harus membalap untuk dirinya sendiri. Meskipun sulit sih kalo politik sudah berbicara.

IMG_20151024_181439

Screenshot_2015-10-24-17-44-15

Lorenzo pun tidak kalah pressure, di sirkuit ini tampaknya pendukungnya di podium penonton hanya minoritas saja. Peraih kemenangan 6 kali dan naik podium sebanyak 10 kali di musim 2015 ini harus menerima sorakan kebencian dari tribun penonton. Sedihnya, ketika terjatuh mencium aspal pun para anti Lorenzo pun seperti tidak punya rasa kemanusiaan, menjadi sadis dan menyoraki por fuera hingga memakinya. Meskipun demikian, ambisinya tetap diperjuangkan, meskipun dipermalukan di depan publik di sirkuit Sepang ini sebelum gelaran race sebenarnya dimulai.

03a

Pebalap yang nyaris tanpa suara namun tiba tiba mampu memberikan perlawanan sengit adalah Dani Pedrosa dari Repsol Honda. Meskipun tidak diunggulkan dan hanya menempati posisi empat klasemen sementara, 3 seri terakhir doi mampu bersaing dan menjuarai seri Motegi. Kali ini pun dengan perolehan waktu memecahkan rekor musim 2014 yang direkam oleh Marc Marquez, Pedrosa mampu merebut Pole dari para pebalap panas yang sedang jadi bintang persaingan gelar juara dunia musim ini.

IMG_20151012_072013

Dengan rekor waktu 1 menit 59,053 detik di sirkuit Marco Simoncelli, mengungguli Marc Marquez di posisi kedua dengan selisih 0,495 detik saja dan Valentino Rossi yang melengkapi baris pertama. Jorge Lorenzo harus mengawali start dari baris ke dua di posisi empat, ditemani oleh Cal Crutchlow (padahal kurang fit) dan Andrea Ianone yang melengkapi baris kedua di posisi lima dan enam.

IMG_20151018_160629

10 Besar Hasil Kualifikasi MalaysianGP 2015 :

  1. Dani Pedrosa 1m 59,053 detik
  2. Marc Marquez +0,409 detik
  3. Valentino Rossi +0,670 detik
  4. Jorge Lorenzo +0,684 detik
  5. Cal Crutchlow +1,146 detik
  6. Andrea Iannone +1,171 detik
  7. Andrea Dovizioso +1,370 detik
  8. Maverick Viñales +1,425 detik
  9. Bradley Smith +1,599 detik
  10. Hector Barbera +1,671 detik

Udah pasti seru ini, namun seperti kata siapa saya ngga begitu paham dalam balapan apapun bisa terjadi. Siapakah gerangan yang mampu menjadi jawara di Sirkuit Sepang pada gelaran MalaysianGP musim 2015 ini? Jangan lewatkan racenya siang ini pukul 14:00 WIB.

Semoga bermanfaat .


Baca baca yah yang menarik lainnya

Advertisements

0 thoughts on “Sambut Fogging Race MotoGP Era 4 Tak, Siapa Yang Mampu Menaklukkan Sirkuit Berasap Di MalaysianGP ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: