Sore sore adem bener dah rebahan dibawah rimbun pepu’unan mantan hutan kawasan UI Depok. Ditemani angin sepoi sepoi.. ngrookk… Zzzz…

Hehe lebayy..

Critanya ini hari pengen muter ngilangin penat, badmood, buethe yang sudah bercokol nyaris seminggu ini, sekalian mau silaturahmi sama om alki. Yang konon katanya.. bertubuh besaaarrr.. dan tetep lincah di atas kuda besi..

Akhirnya, ketemuan lah kita di lokasi yg disepakati ( suwun om atas waktunya.. ). Dan ternyata… Benar adanya.. Besaaarr..dibandingkan sy yang imut mungil ngehehehe…

So, lanjut ngobrol ngalur ngidul, tuker pikiran, tukeran motor, tukeran jaket..eh.. dan akhirnya seolah membaca pikiran sy, om alki mengenalkan evita dan mempersilahkan nunggang nungging diatasnya..asal ngga ngejengkang haha..

Desain Melampaui Batas Generasi Sebelumnya
Garis desain mulai memasuki era baru buat bebek honda di seri ini. Lancip lancip dan dibuat sporty, sempat bikin galau waktu mau ganti si bolang fit dulu. Kesan moge cbr dicoba nempel di body samping, dengan aksen kisi kisi rapi berjejer. Headlamp dengan sein terpisah, bagian dada menjadi menarik dicermati. Desain dashboard yang tidak dimiliki bebek honda generasi sebelumnya, serta buritan meruncing. Honda coba menuruti selera pasar yang ketika itu katanya demen runcing runcing, maka desain buritan duck-tail  pun ngga biasa biasanya ini ada nempel di Revo ini.

wpid-wp-1442766792437.jpeg
Area dashboard juga belum ada lawan di kelasnya di masanya. Headlamp terpisah dengan sein dipindah ke dada, menyiratkan garis garis tegas bahwa Revo merupakan revolusi desain dari generasi 100cc yang sebelumnya.

2015-09-20_23.28.39

Apa yang mulai jarang kelihatan di bebek atau matic jaman sekarang, yaitu silincer chrome. Kebanyakan yang lahir belakangan terkesan downgrade, dengan doff hitam dan hanya sedikit diselimuti sedikit plat chrome, atau cover muffler berbahan plastik yang dihias semenarik mungkin. Yup, Revo om alki ini masih memilikinya. CS1 yg lahir ga jauh  aja dominan doff item.. walah..

wpid-wp-1442766645748.jpeg
Soal desain itu memang selera ya. Ngga usah didebat lah. Bagi sy Revo 100cc ini memiliki desain lebih baik dibanding generasi penerusnya. Belum terlalu tua memang, namun sy rasa menyebutnya Classic Sporty ngga berlebihan, karena telah melalui beberapa kali facelift dan ini satu satunya desain sporty yang tajam dan beraura.. revo.

Yang Dulu Terdengar Dan Terdengar Kini
Setelah melihat lihat, sambil memahami lekuk tubuhnya, penasaran berlanjut.. kali ini pengen tau, gimana suaranya.. bahkan ketika meraung raung seperti apa jeritannya.

wpid-wp-1442767002237.jpeg
Kunci kontak diaktifkan, starter dan mesin menyala. Suara mesin nyaris halus, sempet salah kira , ngorok electric starter yang berciri fit series hampir menutupi suara mesin yang dikira masih belum hidup, ternyata saking sepinya mesin ngga sadar sejak kapan mesin hidup setelah distarter. Buru buru lepas tombol starter, dan galau mulai lebay.
Galau bener deh.. suer, apalagi pas gas sedikit ditarik, ciri khas honda jaman itu kentara sekali.. grrrrrr….getarrr bodiii beeerrrrriissiiiikkkkkrrrrrrrr…… Hehehe…
Tapi ngga diragukan lagi, kalo coba cuek sama suara getar bodi, mesin alus bener.. Dicoba geber ditempat, mesin terasa enteng tanpa beban. Suara knalpot agak mbulet, dan ketika knalpot ditutup sepatu sambil gaspoll, mesin masih masuk kategori sepi.. bisa ya..
Oli juga termasuk direkomendasi om alki, disamping bikin mesin lebih adem juga lebih sepi, cuma sy lupa merk dan tipenya.. ditunggu om infonya ya..

dengerin pelototin sendiri di sini (dari hape)

Rasanya Nyemplak Evita
Buat bodi size mini kayak sy, evita lumayan anteng, ramah, jinak.. ngga ngajak jinjit.. Padahal waktu dulu baru baru rilis sempet coba punya temen, masih jinjit2. Ternyata memang sudah dikondisikan, sok turun beberapa senti biar nyemplak lebih nikmat.

Sepintas jadi teringat kenangan sama Supra Fit lawas 2005 an yang dulu pernah dipelihara dan sudah dilepas murah ke tukang rongsokan buat dijadiin gerobak motor ..dan sempat punya 2 unit fit gegara temen jual butuh..butuh upgrade ke Jupiter MX 135 yang waktu itu baru ngetren.. hehe.. Yah namanya rezekinya baru cukup utk motor fit seken ya diambil aja lah itung itung temen ikut seneng..

wpid-wp-1442766961465.jpeg

Lantas, apa yang bikin penasaran yaitu, seperti apa sih bedanya naik evita ini yg termasuk berumur (hot mom.. hehe) dengan kepunyaan temen yg waktu nyemplak dulu kondisi masih gress ?

Riding position yang nyaris sama dengan tunggangan sehari hari, karena posisi bentuk stang yang serupa, bikin sempet lupa kalo lagi nyemplak motor yang beda.. konyol.. nyari tuas kopling dan salah shitf up .. ahaayy.. perlu juga sedikit penyesuaian ternyata..

Lanjut, dibawa ngider 1 lap muterin ui, sambil cari cari apa yang salah.. kenapa begini begitu..

Terasa beda pastinya dengan nyemplak motor anyar, tapi evita nyaman diajak muter. Meliuk liuk kecil tetap asik, shifting dari gigi 1 sampe 4 kurang rasanya apalagi dibawa lari..
Gelagapan pas coba libas tikungan rada rebah, ampir kecolongan..settingan rem daleeemmm benneeerrr. . rem depan super sekali.. super dalem.. Dag dig dug..  Belum ganti kampas rem kah om?

Jadii…
Yah, ngga banyak sih yang bisa diceritain. Pokoke evita cocok dah disebut hot mom.. usia boleh berumur, tapi tetap nyaman dipake harian. Dengan melupakan sensasi getaarr di stang, body dan footpeg loh..hehehe…
Dan, lebih aman kalo sisi rem diperhatikan, piringan cakram udah jauh dari kata rata.. (sama aja sih sama piaraan sy..hehe..)

Yang pasti, kalo ditangan empunya bisa beda cerita. Coba nguntit dibelakang pas arah pulang, keliatan dan evita emang udah jinak bener dah.. geleng geleng sy..

Pernah terbersit, kenapa si dijulukin evita, ngga madonna aja? Kayaknya ini nih jawabnya..

wpid-wp-1442766768541.jpeg

Apa lagi yak..
Penasaran sy terjawab juga, mengenai bisakah si domba piaraan sy dibikin jungking sama om alki? Saksikan sendiri yaa.. haha..

aksi om alki (dari hape)

wpid-wp-1442768173448.jpeg

Tenang om, kalo ada kesempatan lain waktu silahkan geber geber.. hehe

Siapa bilang narsis baru dimulai belakangan ini?

wpid-wp-1442769168256.jpeg

Baca baca juga ya artikel menarik lainnya..

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.