Advertisements

Jawara Misano Musim 2015

otoborn.com – Lorenzo, Marquez, Rossi, Bradley dan Pedrosa melesat diawal race. Namun tidak lama, Pedrosa pun mengovertake Bradley Smith sehingga mengoreksi posisi menjadi P4.

Perebutan posisi ke 3 sudah disuguhkan oleh Pedrosa dan Rossi di lap pertama. Salip menyalip sempat terjadi. Namun pertengahan lap, white flag dikibarkan menandakan rider bisa menukar motornya di pit karena hujan mulai turun rintik rintik.

Dalam kondisi ini, yang diuntungkan justru test rider Ducati yaitu Michael Pirro yang sedari awal menggunakan ban basah sehingga tidak perlu mengganti motor. Namun hingga dua lap berlangsung tidak ada rider yang memasuki pit mengganti motornya.

01Lorenzo melesat jauh, berusaha untuk turing.. Marquez mengejar diposisi kedua dan Rossi ketiga dengan jarak lumayan jauh. Sedangkan Pedrosa mulai kerepotan dengan rider rider dibelakangnya yaitu Smith, Ianone dan Dovisiozo dan akhirnya melorot ke posisi 8. Hujan sudah lumayan membasahi lintasan, dan para rider mulai memasuki pit menukar motornya. Tetap ngotot, beberapa pebalap tetap dilintasan seperti Lorenzo, Marquez dan Rossi. Dan Scott Redding pun terjatuh. Baru ketika menginjak lap 7 ketiganya memasuki pitlane.


Posisi setelah bertukar motor yaitu masih Lorenzo di posisi 6, dengan menempel ketat Marquez dan disusul oleh Rossi. Baru setelah Bardley Smith dan Dovisiozo masuk pitlane, Marquez yang berhasil menyalip Lorenzo menjadi pebalap terdepan. Lorenzo nampak gigih mengejar dibelakangnya, sedangkan Rossi di urutan ke 3 terpaut jarak sangat jauh.

Sisa 19 lap, kesalahan dilakukan Marquez yang melebar di tikungan 8 mengakibatkan disalip oleh Lorenzo.

Insiden terjadi,Yonny Hernandez terpeleset dan menabrak Alex De Angelis disisi kanannya dan keduanya pun terlempar keluar lintasan.

Posisi satu – dua masih amat tegang, Marquez menekan Lorenzo di ketika tersisa 17 lap, dan Rossi semakin mendekat. Rapat dan ngeri aksi Marquez.. Rossi pun semakin menekan Marquez..

04Posisi ketiganya bertahan seperti ini. Dan the Doctor terus menekan , namun lap tersisa 15 lap Lorenzo melakukan kesalahan dan disalip oleh Marquez namun keduanya disalip oleh Rossi. Satu lap kemudian Lorenzo kembali memimpin dibawah tekanan Valentino Rossi. Di posisi empat ada Petruci dan Pedrosa yang memperbaiki posisinya menjadi P5. Marquez semakin tertinggal, dan tampak kesulitan. Tentunya dengan menggunakan ban basah dilintasan yang mulai mengering menyulitkan mereka. The Doctor menyalip Lorenzo ketika tersisa 12 lap dan menjadi pemimpin balapan. Sorak sorai pendukungnya di podium penonton riuh terdengar.

Menjelang lap 19 , instruksi dari tim mekanik kepada Lorenzo agar masuk pit kembali untuk mengganti motor. Lintasan kering membuat ban terkikis. Namun yang memasuki pit justru Marquez saja, Rossi dan Lorenzo dengan ban terkikis tampak tidak perduli. Posisi pun terkoreksi, Petruci naik ke posisi 3 dan Pedrosa ke 4, Marc ke 5.

03

Marc langsung ngacir dan posisi terkoreksi menjadi ke 4 ketika Petrucci masuk pit mengganti motor. Lap ke 20 Lorenzo menyusul masuk pit lalu Pedrosa mengikuti. Sehingga hanya Rossi yang ngotot dengan ban basah di posisi 1 dikejar oleh Marc diposisi 2. Dia baru masuk pit satu lap kemudian sehingga Marquez menjadi pebalap terdepan. Di lap ini, Jorge Lorenzo crash.. big crash.. sehingga gagal meraih poin dan memangkas jarak poin dengan Rossi di klasemen. Beruntung meskipun berguling guling di gravel Lorenzo bisa berdiri dan berjalan, menunjukkan kondisinya baik baik saja..kecuali hatinya… sakitnya tuu di siniii…

Tersisa 6 lap, posisi terdepan dikuasai oleh Marc Marquez, disusul Smith dan Loris Baz yang saling overtake diikuti Rossi yang terpaut jauh di posisi 5 dibelakangnya.

Menginjak lap 25, posisi 2 dan 3 terkoreksi dimana Smith berhasil menyalip Baz dan Baz berhasil digeser Redding ke posisi 4 di depan Rossi. Menyusul Petruci, Ianone, Dovizioso, Alex Espargaro , Cructhlow dan Pedrosa.

Lap akhir , Pedrosa berhasil berdiri di posisi 9 menggeser Cructhlow dan Alex Espargaro, dan Marquez memenangi balapan seri ini… sekalian merupakan kemenangan pertamanya di sirkuit ini.

02

Podium 2 diisi oleh Smith dilengkapi oleh Scott Redding untuk podium 3 sekaligus podium pertama di gelaran MotoGP ini meskipun sempat terjatuh. Rossi harus puas berada di posisi 5 dibelakang Loris Baz. Hasil ini membuat Marquez mendulang poin memangkas jarak di klasemen sementara dengan pemimpin klasemen sementara Valentino Rossi yang juga rider tuan rumah.

Meskipun banyak drama pada balapan kali ini, apapun kondisi para peraih podium yang mungkin saja diuntungkan oleh musibah tim lawan dan kesalahan joki tim lain, yang berdiri di podium berhak dan layak mendapatkannya sebagai buah ketangguhan mental mereka.

0506

Cerita bisa berbeda seandainya Scott Redding berputus asa ketika terjatuh sebelumnya. Mental pebalap sejati membuatnya berada di podium pertamanya di seri Misano ini. Selamat para juara !

Baca baca juga ya artikel menarik lainnya..

 

 

 

Advertisements

0 thoughts on “Jawara Misano Musim 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: