Nouvo Z, Karya Masa Lalu Selera Masa Kini

Otoborn.com – Selera adalah hal yang susah dipaksakan. Bicara soal otomotif, berbagai jenis dan model kuda besi, bebek besi, soang besi de el el, banyak model dan desain yang beredar kini sering kali dipuji atau dihujat.

Karena bila sudah terkait selera, yang merasa kecewa akan mencela atau kripik  kritik pedas, sedangkan yang merasa cocok akan membela dan memuja.

Itu fakta. Meskipun fans berat sekalipun.Belum lama YIMM memperkenalkan Yamaha NMax, skutik bongsor dengan desain yang banyak dipuji.Saya sendiri awalnya merasa aneh melihat dari view depan, namun setelah terbiasa ternyata ganteng juga.. pantes mang KBY kasi nama Frozen..eh.. (bukannya di film frozen bintangnya elsa dan anna ya? )

Ketika semplak menyemplak di atas NMax beberapa waktu lalu, secara impresi awal duduk diatasnya sepintas sy teringat akan produk lawas Yamaha, matic juga, Yamaha Nouvo Z. Yup, unit yang sy test memiliki kemiripan di sisi warna, merah gagah.

2015-10-08_22.41.31Mata belo favorit modifikasi

Mata belo favorit modifikasi

Teringat dengan Mas Anto, owner Nouvo Z lansiran 2007, alhamdulillah sempat juga bersua dan icip icip si Nouvo Z setelah pemakaian harian bertahun tahun (suwun mas), lokasi di daerah Pondok Cabe, Banten – dekat Lapangan Terbang dan Universitas Terbuka.

2015-10-08_19.34.44

Meskipun sudah berumur, terbukti desain dan performa tidak uzur. Terbukti, meskipun test singkat, dibawa riding tetap bertenaga dan ada rasa mewah ketika naik di atasnya. Dapur pacu 110cc terasa pas untuk berkelana diatasnya, terutama dikemacetan Jakarta. Rasanya, rival Honda Vario di masa lalu ini pantas menjadi favorit saat ini, meskipun dipukul mundur Vario namun kini harga bekasnya pun meroket. Untuk matic lansiran 2007 ini masih tembus 12 jutaan loh..

Screenshot_2015-10-08-20-42-22

Sebagai motor desain lama, termasuk lengkap loh..desain sporty dan futuristik, memiliki bagasi luas, jok lega dan desain agak bongsor. Hanya paket teknologi masa kini yang belum ada di matic sporty ini.

2015-10-08_19.27.252015-10-08_19.31.12

Kondisi motor termasuk apik, terawat, dan tampak jelas sang Nouvo Z ini disayang. Modifikasi ringan dilakukan, namun tidak membuat orisinalitas jauh hilang.

Dan modifikasi yang dilakoni mengedepankan fungsionalitas, dan safety. Bahkan, nyaris tidak nampak dimodifikasi. Misalnya, standar orisinal dilengserkan dan diganti dengan milik Honda Supra, alasannya agar tidak terlalu miring ketika diparkir berjejer di parkiran umum atau di pinggir jalan. Klakson dibuat ganda, artinya punya 2 buah klakson. Klakson standar untuk pemakaian biasa, klakson berbunyi dengan suara keras namun berirama bass lembut untuk memberi peringatan kendaraan besar ketika hendak mendahului dari belakangnya. Posisi saklar dipisah, berada di panel kanan dibawah electric starter.

Tombol klakson tambahan nyempil dibawah

Tombol klakson tambahan nyempil dibawah

Yang unik, dan ini bisa menjadi racun modifikasi tunggangan kesayangan anda, yaitu sepasang spion diganti dengan ori milik Jupiter MX. Unik? Sabar.. perhatikan gambar.. demi alasan keamanan , keselamatan , kenyamanan dan supaya tidak merugikan kendaraan roda empat ketika selap selip diantara kemacetan Mas Anto menekuk gagang spion sehingga posisi rumah spion lebih turun. Dan ternyata, view kebelakang tetap jelas dan modifikasi ini tetap safety. Sisanya dibiarkan apa adanya. Velg sedikit dihias, stoplamp dilapis filn gelap, menambah kuat aura sporty. Knalpot kinclong chrome bisa buat ngaca sebelum jemput cabe adek ketemu gede..ahhaaayy…

Kinclong maann..bisa ngaca

Kinclong maann..bisa ngaca

Ketika berkeliling sebentar, tampak speedometer yang masih kinyis kinyis itu kok ngga bergerak.. setelah ditanyakan ternyata itu disengaja.. empunya takut kalap liat jarum spido..hehehe..

2015-10-08_19.32.16

Ada satu yang terasa kurang..mungkin karena faktor terbiasa, rem tidak menggigit sempurna alias kampas tidak disadari sudah perlu diganti.. Kayak saya ini.. si bolang baru disadari ngga punya rem setelah sedikit ngacir di atas Sonic baru, Ninja 150 kang Sety dan FU om Triaz minggu lalu.. ga sadar rem si bolang sebelas duabelas sama Evita om Alki..hehe..

Tapi eits.. modifikasi selanjutnya mas Anto akan merombak fungsi rear braking. Rencananya, fungsi tromol belakang akan ditandem dengan cakram.. bakal kayak gimana nanti ya? Cadass banaass…

Sayangnya, waktu muter muter malam hari dan ngga memungkinkan jepret foto. Suwun ya mas kiriman foto fotonya..apiikk…

Semoga bermanfaat.

Baca baca yah yang menarik lainnya

Iklan

2 pemikiran pada “Nouvo Z, Karya Masa Lalu Selera Masa Kini

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s