New Sonic 150R Part III : Cari Akselerasi , Bukan Ngalay

Otoborn – Sebelumnya sedikit cerita disini dan disini, sesi test yang dilakukan awal bulan lalu sebelum negara api menyerang, kali ini lanjut ke sesi pamungkas yang anti klimaks.. dan akhirnya terpaksa menggantung.

Yup, cari kemampuan maksimal akselerasi dan best time record pada jarak 0-201 meter. Keakuratan jarak diukur menggunakan trip meter oleh mang Kobay yang kasi kita kesempatan nyobain si New Sonic ini, dan agar lebih yakin mang Kobay yang eksekusi timer di garis finish. Sementara yang lain menanti giliran joki di garis start point.

04

Tentunya , New Sonic akan di test oleh rider yang berbeda beda dan dicatat perolehan waktunya. Selanjutnya, MXKing dan Satria FU juga di test. Apabila waktu masih memungkinkan, sebenernya pengen coba si CBR K45 punya om Dio. Karena sama sama memiliki kubikasi 150cc namun dengan mesin yang beda dengan All New CB150R dan New Sonic 150R, untuk komparasi mesin beda tipe beda generasi.

cilok satu porsi bang... tusukannya 8..

cilok satu porsi bang… tusukannya 8..

Kalo Ninja 150 kang Sety mah ngga usah diadu, udah pasti ngacir soalnya.. lagian juga yang punya katanya insyaf dan membiarkan KIPS si Ninin nyangkut nyangkut akibat jarang digeber. Gudjab kang, eman eman tapi safety.

26

Warm Up Lays …

Pemanasan, eksplorasi kondisi aspal dan memantabkan hati, lantas pertama kali sy ajak si bolang yang jarang ngacir ini berakselerasi. Tidak membatasi jarak, mencoba meraih akselerasi maksimal tiap gear. Dan sekali lagi sayang seribu sayang, ngga bisa dokumentasiin… hiks.. ( kapan ya punya Go Pro… )

Bolang bersama om Alki nya Evita..

Bolang bersama om Alki nya Evita..

Nah, disinilah saya sadar, (setelah beberapa jam sebelumnya di depok dan cibubur sudah jajal Ninja kang Sety dan Satria FU om Triaz) ternyata si bolang ngeblooongg… rem gada pakem pakemnya pisaan…

Nyaris merumput… alhamdulillah aman sentosa. Catatan penting nih… buat si bolang yang discnya udah terkikis… dan ternyata sil rem minta ganti ( lagi ..?) .

Salut untuk setelan rem Satria FU, empuk dan menurut sy braking lebih nyaman dibanding Sonic.. ini selera lohh…

Drag 201 Meter New Sonic Versus Satria FU dan MXKing

Masing masing diambil catatan waktunya. New Sonic, Satria FU dan MXKing sudah dikantongi mang Kobay. Nah yang sy ceritain dibawah, test yang ada saya di atas motor. Menirukan tagline salah satu sport laris, ‘ Ini Jalan Kita Ada Saya… ‘ hehehe…

wpid-wp-1444327588826.jpeg

MXKing om Away

Test 1

Sesi ini awalnya dilakoni sendiri, dengan catatan waktu yang belum maksimal. Selepas start, memaksa oper gigi nempel limiter membuat waktu banyak terbuang akibat terkadang power keburu drop ketika gear 3 menyentuh redline. Kalo ngga salah, catatan waktunya cuma 11 detikan …

Pastinya belum maksimal, karena waktu test drag All New CB150R di lokasi yang sama saja sempat sentuh angka 10.014 sec… Kudu ganti strategi…

pinjem dok. kang kobay

pinjem dok. kang kobay

Test 2

Sesi ini New Sonic yang saya semplak diapit MXKing bro Away di kiri dan Satria FU bro Triaz dikanan. Ketika start, baru gear awal udah ga fokus akibat lupa tutup kaca helm dorongan angin bikin kacau, dan kedua lawan menutup jalan didepan. Yah karena jalur ini 2 arah jadi memang agak ngeri juga geber di sebelah kanan, alhasil ketika mencoba menyalip dari sisi kanan FU pun telat, keburu batas 201 meter habis. MXKing bro Away berjaya mengasapi FU dan Sonic.

Harus diulang ini… krn joki ngga mantab lahir batin.. hehe..

pinjem dok. kang kobay

pinjem dok. kang kobay

Test 3

Masih drag bareng FU dan MXKing, kali ini ngga mau kecolongan dan ambil posisi di kanan jalan, jalur lawan arah. (Karena kosong, sy berani ambil posisi di kanan. Jangan asal ditiru ya.. liat kondisi jalan dulu..)

Begitu aba aba start dikibarkan umbrella boy om Alki, Sonic langsung melesat didepan.. menyentuh gear 5 Sonic mencapai 201 meter didepan MX King dan FU.

Nah sayangnya, yang ini perolehan waktunya ngga kecatet, ada missed aba aba start yang ngga kedetek tim timer, sehingga akan diulang.

10a

3 bintang

Namun sayangnya sesi test ini harus berhenti disini. Seperti yang diberitakan di Breaking News, terpaksa berakhir karena ngga direstui om jin penunggu kawasan.. Asem beneer…

Yah sudahlah…

Meskipun kecewa, namun berkesempatan naik di atasnya lebih lama dibanding rekan yang lain jelas  jauh lebih baik. Yang dipercayain Sonic sama AHM aja belum test drag…

Semestinya untuk hasil lebih baik, antar joki bertukar tunggangan pada test setelahnya. Ngarep banget bisa nyicip MXKing, sayangnya ngga sempat, pegang pun ngga.

Baiklah.. semoga saja ada kesempatan lain ya..

Artikel ini bukan membahas mengenai balap liar loh, meskipun om jin salah sangka dan bisa saja dilanjutkan namun udah mbikin mood keburu bubar jalan.

Keep Safe!

So …

Over All, It’s Fun To Ride !

Desain yang kekinian , model ayago dan performa mesin yang mendukung sangat memungkinkan dijadikan tandem buat beli cabe cabean gaya.

Postur mini seperti saya merasa nyaman ketika meliuk liuk kecil , lengan dan siku terasa bebas padahal mengenakan jaket lumayan tebal. Meski berasa sedikit getar ketika manteng rpm atas namun masih ok lah… terbiasa sama si bolang hehehe…

Responsif dan ngga ngeyel terjebak di speed rendah – gear atas selepas rem mendadak. Dibawa riding santai enak, dibawa lari nikmat. Aman ketika suspensi meladeni jalan rusak, dan cuma disitulah kenyamanan berkurang, akibat busa jok sama keras dengan si bolang yang sy pake sehari hari.

Isle Man TT (tuker tambah )

Isle Man TT (tuker tambah )

Jagat blogger berkata si ayago Sonic ini enak dibawa pecicilan. Yap..benar juga.. karena memang seperti itu.

Saya cuma beberapa saat saja nyemplak diatasnya.. nah yang dapet pinjeman langsung dari AHM kang Kobay kaya gimana ya nyemplaknya sehari hari.. mantau dari belakang doi di atas new CB aja saya ngerih liatnya… hehehe

bro Away bisa nyantai di atas New Sonic

bro Away bisa nyantai di atas New Sonic


Sedikit curcol…

Asik Buat Pecicilan Tapi Ngga Perlu Ngalay !

Beberapa jam setelah test ride, dalam perjalanan saya berpapasan dengan Sonic hitam yang pecicilan di sepanjang jalan cireundeu  menuju pasar jum’at dari arah airport pondok cabe. Rider yang berboncengan dengan wanita dibelakang tersebut selap selip nikmat terabas kemacetan, saya acungi jempol buat skill berkendara ridernya yang bisa selap selip segitunya (padahal berboncengan dan kendaraan rapet rapet), nyaris ngga stop. Seolah si bolang dibukain jalan malah.. hehe..

Namun begitu jalan lowong kosong si rider seperti kesetanan ngebut sejadi jadinya. Di jalur lurus sy coba mendekat, namun seperti diingatkan Yang Kuasa, tiba tiba ada matic Mio melawan arus dan papasan di depan sy (kondisi jalur sebelah kanan baru saja di hotmix, sehingga macet jalur kanan ngga nahan emang..), mio tersebut memakan separuh jalur sy dan nyaris saja kita celaka… sama sama ngesot sejadi jadinya.

Lanjut, mendekat ke Sonic speedo sy sekitar 80-90 kpj loh.. itu Sonic lebih kenceng makin menjauh… Simpangan diterabas, tikungan miring miring dan tikungan S pun dilahap tanpa ragu… dan seinget sy aspal penuh pasir, kondisi jalan kurang penerangan, dan sy sendiri nyaris ndlosor di lokasi tikungan tersebut. Entahlah, mungkin sang rider sudah terbiasa lewat jalur situ ya…

Dan hilanglah si Sonic dari pantauan. Si bolang pun kembali santai.

Saya yang sempat dibelakangnya sekitar 5-8 meter (bukan bermaksud menguntit, kamera standby di dada bisa dimanfaatkan) geleng geleng telinga aja… kok kayak ngga ingat kuasa Tuhan ya… bawa nyawa orang ngalay-nya kelewatan…

si sonic libas jalur ini kecepatan tinggi

si sonic libas jalur ini kecepatan tinggi

Jadilah bijak ketika berkendara, anda (bisa jadi) jago diatas motor. Tapi ingatlah bahwa ada hak pengguna jalan lain di atas aspal yang anda libas. Nyawa kita hanya titipan.

Ada yang bilang, buat apa latihan safety riding, speed dan cornering, bukankah itu untuk diterapkan di jalan raya?

Yup, saya setuju.. tapi tidak membabi buta, hanya untuk keadaan tertentu dimana anda harus menggunakan skill maksimum yang anda punya, anda jadi siap dalam segala kondisi di jalan raya. Misalnya ketika harus menghindar dari kecelakaan atau menghadapi kondisi jalan yang buruk.

Skill yang anda punya sama saja pepesan kosong kalo ngga bisa mengontrol ego anda.

Semplak FU selagi om Triaz petakilan sama Sonic..eh yg belakang blm disiksa kopling si saep tu..

Naik Sonic, jadi pusat perhatian. Namun jadilah perhatian yang dikagumi bukan diumpat pengguna jalan lain. (Seehhh..)

Semoga bermanfaat .

Eh iya.. nambah sedikit. Sampai rspi sempetin cek hasil rekaman.. ternyata… ngga di start…. huwaaa…. dasar pelupa akut..!!


Baca baca yah yang menarik lainnya

Iklan

3 pemikiran pada “New Sonic 150R Part III : Cari Akselerasi , Bukan Ngalay

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s