Kecewa Bagasi New Sonic 150R ? Mungkinkah Modifikasi Area Bawah Jok ?

otoborn.com – Hadirnya bebek sport underbone Honda yang mengembalikan bentuk lamanya yang pernah populer di tanah air melalui IU alias sebagai CBU dari Thailand beberapa tahun silam, sedikit banyak menawarkan warna baru pada persaingan antar produsen yang memang semenjak lama berkompetisi di Indonesia. Khususnya kelas ‘ayam jago’ yang lama ditinggal oleh Honda ketika terakhir kali bermain dengan CBU Honda Sonic 125RS dan justru dilanjutkan oleh Suzuki dengan Satria FU150 nya yang asik melenggang dan menjadi raja penjualan di pasar ayago tanah air.

2015-08-28_16.31.55

Mesin sakti peninggalan Sonic 125RS seperti ‘dibuang sayang’ sempat dilahirkan kembali oleh AHM dalam wujud bebek crossover yang memiliki desain body ‘All New’ , berani keluar pakem alias anti-mainstream, desain meruncing dengan garis-garis tegas yang nyaris meninggalkan ciri khas Honda. Terlihat AHM berusaha membuat revolusi desain melalui Honda CS1, berusaha menarik minat calon konsumen agar menambatkan hati bahkan berpaling kepada penerus Honda Sonic 125RS ini.

Namun sayangnya, rilis pada tahun 2008 lalu sepertinya memang terlalu cepat buat untuk pasar tanah air, desain tersebut dianggap nyeleneh bahkan dipandang sebelah mata hingga yang terjadi bukannya laris malah penjualannya anjlok.

01Belajar dari pengalaman tersebut, AHM mencoba mengobati luka lama dengan merilis New Sonic 150R pada awal Agustus 2015 silam. Berbagai macam reaksi sempat membuat ramai blog blog otomotif semenjak masih berupa bocoran desain hingga perilisan resminya. Desain ayam jago alias ayago, peningkatan cc dan fitur modern yang disematkan memberikan daya tarik berbeda dari produk kompetitor. Banyak yang menanggapi positif, tidak sedikit pula yang bercuap negatif. Namun ya itulah produk buatan manusia, tidak ada yang sempurna. Beberapa tanggapan negatif yaitu desain stop lamp yang katanya ‘ngga banget’ serta absennya bagasi. Ada juga yang berkomentar ‘punuk’ pada CS1 yang berfungsi sebagai bagasi mini itu ngangenin.. nah loh..

2015-08-28_16.48.36Penasaran dengan pertanyaan beberapa komentator di blogsphere, mungkinkah bagian bawah jok dimodifikasi agar memiliki bagasi, setidaknya cukup untuk menaruh jas hujan dan tools standar, seperti yang dimiliki oleh kebanyakan produk roda 2 ?

Mendapat info bahwa ada unit yang bisa dijeprat jepret di dealer Honda kawasan Jakarta Timur, saya coba mempelajari kemungkinan tersebut. Dan ternyata, hal yang kita maksud tadi tidak memungkinkan. Kenapa?

Bila diperhatikan pada gambar tersebut tampak terdapat perangkat penting dan vital yang sebaiknya tidak diutak atik, menyembul cukup kentara di bagian depan bawah jok. Yup, filter udara.

2015-08-28_16.45.21 2015-08-28_16.44.37Ada yang berpendapat, gimana kalo diangkat aja, trus diganti aftermarket dengan ukuran lebih kecil?

Saya sih belum yakin itu bisa atau tidak bisa dilakukan. Namun, sedikit mencermati dengan mengintip-intip (awas bintit.. ) bagian bawah filter tersebut, yaitu area kolong tengah, dimana terdapat peredam kejut tunggal alias monoshock bersarang, hasilnya mungkin akan sedikit membuat anda kecewa. Lokasi dudukan shock yang nyaris tegak lumayan tinggi, tepat di bagian bawah filter udara.

Di area tersebut mungkin juga terdapat komponen lain yang belum kelihatan. Eh iya, kok akinya ngga kelihatan ya? Mungkinkah disitu juga ya?

Jadi, kesimpulan sementara, area tersebut tidak memungkinkan untuk dijadikan bagasi. Ditambah pentingnya fungsi filter udara sebaiknya tidak diganggu gugat, daripada bukannya manfaat didapat malah mesin bermasalah. Atau adakah owner New Sonic yang berpendapat lain? Silahkan berbagi ilmu di kolom komentar.

Baca baca juga ya artikel menarik lainnya..

Advertisements

No Comments









    1. Author

      Nah ntu dia.. bisa jadi solusi pasang tank bag aja kali ya..tapi nempelnya gimana ya dipikirkan lagi















































  1. Bodoh memanglah kreta sport bebek gak punya bagasi

      1. Yauds beli aja tong satria jangan beli honda repot betul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *