Advertisements

Spesifikasi Kawasaki New KLX Off The Road

Otoborn – Kawasaki memperkenalkan produk trial terbarunya di BSD Tangerang beberapa waktu lalu, kali ini khusus untuk libas medan off-road.

Kawasaki New KLX tampil menggoda dengan spesifikasi yang berbeda dengan Kawasaki KLX versi road legal.

Memang secara bentuk umum tidak jauh beda, ya namanya trial bentuknya ya gitu gitu aja… Tapi detailing banyak perbedaan.

Baca : Galeri Modifikasi Honda All New CBR150R Lihat Langsung Lebih Sangar Kawasaki Semakin Eksklusif Di Jakarta Fair 2016

Perbedaan spesifikasi tersebut juga ikut menentukan harga jual dari si Kawasaki New KLX yang dijual off the road ini. Simak sedikit ulasannya.

Kawasaki KLX Off The Road kanan

Tonton:

Kawasaki New KLX

Produk garuk garuk ini memang didesain khusus untuk penghobi medan off-road. Meskipun memiliki basic yang sama dengan Kawasaki KLX 150 road legal, banyak detail yang disesuaikan untuk kebutuhan murni off-road.

Dengan mesin SOHC berkubikasi 144cc, diyakini cukup mumpuni melakoni berbagai scene menantang di medan liar. Dan segmen ini memang lebih cocok untuk penghobi yang rela menebus unit ini dengan harga berapapun.

Kawasaki KLX Off The Road kanan atas

Desain

Ada perbedaan secara desain untuk produk anyar Kawasaki ini. Jelas terlihat pada area depan tidak terlihat komponen penerangan atau lampu jalan, termasuk untuk sein juga dihilangkan. Bentuk head lebih menyerupai seri KX-250F yang agak meruncing kebawah. Area dashboard polos saja, hanya handlebar khas trial dan panel kontrol seperlunya saja.

 Kawasaki KLX Head Cover

Lingkar roda lebih besar dari Kawasaki KLX 150 road legal, dan swingarm yang digunakan menggunakan material serta desain berbeda.

Muffler yang sama masih setia bersembunyi dibawah jok, wah kalau diperhatikan dari belakang tampak serasi dengan desain buritan… aura garuk tanah sangat kental terasa karena ban berprofil kotak tahu.

Baca juga:

Spesifikasi

Kawasaki percaya kuda besi ini tangguh untuk melibas segala medan, sehingga tidak ragu lagi melepasnya ke pasar tanah air. Kondisi medan off-road memang sarat rintangan di alam nusantara yang lebih dari 80% masih butuh spesifikasi khusus untuk melaluinya. Dan Kawasaki memberikan yang terbaik untuk pecinta off-road tanah air.

Berbekal mesin 4-tak tipe SOHC 144cc 5-percepatan 2-klep dan berpendingin udara, Kawasaki New KLX disiapkan menerjang tanah, lumpur dan bebatuan. Kompresi mesin 9.5:1 dengan diameter x langkah 58mm x 54,4mm. Power yang dihasilkan bisa mencapai 8.3 kW / 8000 rpm. Sistem pengabut bahan bakar masih tipe karburator PB20. Kapasitas tanki bbm maksimal 5.8 liter, dinilai cukup untuk memuaskan hobi jejingkrakan di medan liar.

Suspensi pun lebih soft, dengan menggunakan tipe teleskopik berukuran 33mm untuk depan. Bagian belakang menggunakan swingarm aluminium yang akrab disapa Uni-trak dengan shock tunggal adjustable.

Kawasaki KLX Off The Road kaki

Baca juga:

Menarik melihat ukuran roda depan yang dibalut karet bundar khusus medan liar, depan menggunakan velg aluminium spoke lingkar 21″ dibalut ban berukuran 80/100, sedangkan belakang menggunakan velg lingkar 18″ dan ban berukuran 100/100. Didukung oleh Single 220 mm petal disc untuk depan dan Single 190 mm petal disc untuk belakang. Gear belakang 27 mata juga didesain untuk menghantar torsi maksimum yang diklaim tembus 12 Nm/6500 rpm.

Dengan menggunakan lingkar roda yang besar, tentu berpengaruh kepada jarak ke tanah, Kawasaki New KLX memiliki jarak terrendah 315 mm dari tanah. Namun dimensi secara keseluruhan yaitu panjang x lebar x tinggi = 2,005 x 790 x 1,135 mm. Jarak poros roda 1,135 mm.

Dengan paduan menggunakan material aluminium tadi, bobot Kawasaki New KLX terhitung ringan, hanya 99 kilogram.

Kawasaki New KLX Depan

FRAME
Suspensi Depan 33 mm telescopic fork
Suspensi Belakang Uni-Trak with aluminium single shock; piggyback reservoir
Rem Depan Single 220 mm petal disc
Rem Belakang Single 190 mm petal disc
Ban Depan 80/100-21 M/C 51M
Ban Belakang 100/100-18 M/C 59M
Panjang x Lebar x Tinggi 2,005 x 790 x 1,135 mm
Jarak Poros Roda 1,135 mm
Jarak ke Tanah 315 mm
Berat 99 kg
Kapasitas Bensin 5.8 litres
ENGINE
Tipe Air-cooled, 4-stroke Single
Diameter x Langkah 58.0 x 54.4 mm
Volume Silinder 144 cc
Valve System SOHC, 2 valves
Perbandingan Kompresi 9.5:1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 5-speed, return

Berapa Harganya?

Nah ini, PT. KMI membanderol Kawasaki New KLX dengan nilai Rp 35.900.000,- (Off The Road Jadetabekser) , lebih mahal dari Kawasaki KLX 150 yang dijual 27 jutaan sudah On The Road (OTR). Namun menyimak ulasan mengenai spesifikasi diatas tadi, masuk akal dong harganya, dan harga tersebut cukup lah untuk penghobi garuk garuk.

Berminat meminangnya? Datang saja ke showroom atau dealer Kawasaki terdekat atau kunjungi sekarang event Jakarta Fair Kemayoran 2016 untuk mendapatkan harga khusus produk Kawasaki lainnya juga di booth Kawasaki.

Kawasaki New KLX : Easy Light weight & Reliable

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”News”,”Kawasaki” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

7 thoughts on “Spesifikasi Kawasaki New KLX Off The Road

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: