DIY: Ganti Sendiri Laher Atau Bearing Oblak Roda Motor Kesayangan

Otoborn DIY: Jumpa lagi di teras otoborn. Kali ini mau sharing nih caranya Ganti Sendiri Laher Atau Bearing Oblak Roda Motor Kesayangan. Pernah ga suaktu ketika lagi geber motor di jalan raya tiba tiba didepan ada lubang berjalan…, eh maksudnya jalan berlubang, dan ngga sempet menghindar alias pasrah motor kesayangan dipaksa menghajar lubang… cilakanya lubangnya ternyata lumayan dalam…

Yah daripada padadari, emang paling tepat sih pasrahkan motor sambil jaga keseimbangan agar tidak jatuh. Karena kalo jatuh itu sakitnya tuh bukan cuma di sini (sambil nunjuk dada), tapi sakitnya bakalan di sana sini. 

Baca juga:  Video hasil Modifikasi Supra GTR150 Garapan BMS

Atau medan yang sering dilalui memang ajib, aspalnya ngga karuan kaya permukaan roti tawar yang ga ada lempeng lempengnya pisaan. Biasanya korban fisik langsung kena area roda deh… Kalo ngga velg peyang, kelamaan yang kena laher atau bearing roda.

Tonton:

Waktu berguru sama Sony Agustian pendekar dari perguruan Angga Baday RSB Motor Speed & Style Shop, emang keawetan laher atau bearing roda bisa tergantung medan yang dilalui juga. Atau salah satu penyebabnya laher atau bearing roda motor kesayangan oblak bisa jadi velg peyang akibat pernah hajar lubang dan terluka begitu dalam, lalu dibiarkan saja dipakai bertahun tahun wara wiri setiap hari.

Lama kelamaan laher bisa laher atau bearing roda motor oblak, dan itu masih bagus daripada keburu lobang tromol atau lubang rumah lahernya yang rusak. Yang harusnya ganti laher biayanya cuma sekitar Rp. 50ribu-an malah jadi kena ganti velg. Seribu sesak di dada deh jadinya.

Terlepas dari penyebabnya, otoborn kepingin sharing aja di artikel DIY: Ganti Sendiri Laher Atau Bearing Oblak Roda Motor Kesayangan ini. Gimana sih caranya? 

  • Prepare Dulu, Gan!

Pertama banget, pastiin lahernya udah tersedia (yaa iyyaa laahhh…). Dalam artikel ini otoborn mengganti laher atau bearing oblak roda motor Honda NC125X yang sodaraan jauuuuh banget sama Honda NC750X (iyee dah iyee,,, Honda CS1 …). Untuk motor ini perlu laher atau bearing dengan spesifikasi ukuran 6301, bisa dibeli dari padepokan Angga Baday juga di lapaknya.

Jajal merk Yuzaka, model 6301-2RS yang murmer dan katanya bisa diandalkan. 2RS artinya ada 2 rubber seal alias cover karet yang menutupi tiap sisi laher atau bearing. Satu roda menggunakan sepasang laher atau bearing, jadi siapkan sepasang juga biar maksimal hasilnya.

Setelah itu perlu disiapin tools pendukungnya nih, antara lain kunci kunci untuk membuka baut baut yang mengikat roda dari asnya. Selain itu perlu juga pendukung lainnya seperti martil, dan sesuatu untuk menyangga bagian depan motor ketika roda dilepas. Bisa pakai balok kayu, atau batu bata ditumpuk tumpuk ga masalah yang penting hepi.

  • Kunci socket 14″
  • Kunci socket 19″
  • Kunci bintang T40
  • Kunci L 
  • Martil
  • Kunci T 12″
  • Obeng Minus (-)
  • Kain lap kering
  • Ampelas halus (bila diperlukan)

Buat yang doyang ngupi ato teh, boleh lah diseduh dulu. Males bikin sendiri, minta bikinin ama yayank atau ama bini lahh, jangan kaya jomblo! Ngga doyang? Beli dulu susu teteh, eh… susu jahe biar greget. 

Baca juga:

 

Okeh, simak yak step by stepnya, karena pengerjaan Ganti Sendiri Laher Atau Bearing Oblak Roda Motor Kesayangan ini malam hari kurang cahaya dan ngga ada kawan, otoborn cuma dokumentasikan sekedarnya aja pake foto bukan video. Mudah mudahan cukup jelas deh ya…

  • Ganjal Motor Bagian Depan

Sebelum memulai semuanya berdo’a dulu ya, semoga rusaknya cuma laher atau bearing roda doang bukan yang laen, dan semoga bongkar sendiri jadi bener bukan jadi ancur… hehehe

Abis berdo’a, ganjel dulu bagian depan motor atau bagian bawah mesin bagian depan sekitar leher knalpot sampai roda belakang menyentuh bumi (tanah, aspal, lantai, apa aja dah…). Ini perlu, karena distribusi bobot motor akan lebih berat kedepan, sehingga ketika roda dilepas dipastikan motor bisa nyungseb kalo ngga diganjel. Catet yeh!

  • Buka Kaliper Rem Depan

Yang ini sebenernya langkah sambil menyelam minum air, mumpung bongkar roda sekalian bersihin brake pad dan kalipernya sendiri. Bersihinnya yang dipake sikat atau ampelas halus aja pelan pelan, yang penting mengurangi dari debu.

Untuk melepas kaliper rem dari dudukannya di shockbreaker perlu menggunakan kunci bintang T40 untuk membuka baut pengikatnya. Untuk melepas brake pad pertama buka dulu cover as penahan brakepad mengunakan obeng minus (-), lalu keluarkan baut as penahan brakepad menggunakan kunci L.

 

Sabar dan hati hati aja lepasnya jangan sampai baut selek, apalagi sampai kepala kunci bintang patah didalam kaya gini nih… nambahin kerjaan aja buat cabut patahan yang ketinggalan di bautnya hahaha

Catatan, kalo ngga mau ribet, jangan utak atik clutch rem depan selagi kaliper dan brake pad dilepas. Kecuali emang mau setup juga hidrolisnya sekalian ganti nyimak rem eh minyak alias oli rem.

  • Buka As Roda

Gunakan kunci socket 14″ dan 19″ untuk membuka baut as roda. Sabar dan hati hati jangan sampai kepala baut selek. Getok perlahan as roda sampai keluar dari tempatnya, lepas dari speed sensor dan shock breaker. Amankan mur, as roda dan bosh yang dilepas barusan jangan sampai tercecer hilang repot deh nanti. Alon aja sambil nyeruput dulu tuh minuman sebelum dingin. Apalagi kalo bongkarnya di Bandung, kan Bandung Dingin, ‘A !

  • Lepas Laher Atau Bearing Dari Roda

Nah, setelah roda lepas dan dipastikan motor ngga doyong alias tertahan sempurna bagian depannya, sekarang lepas laher atau bearing roda. Untuk lebih mudah, mulailah dari sisi sebelah kanan yang ada disk atau piringan cakramnya. Gunakan kunci T salah satu sisi handle atau pegangannya, arahkan kedalam lubang hingga kena laher atau bearing oblak sisi seberangnya lalu gunakan martil untuk menggetoknya hingga keluar.

sisi kanan

Mengurangi suara bising, gunakan kain kering untuk meredam suara sumpel di telinga, ehh… bukann… taruh di kepala martil atau di bagian kunci yang akan diadu sama martil. Getok perlahan hingga keluar yak… begitu laher atau bearing oblak dan pipa axle distance keluar, balik roda ke sisi satunya yakni sebelah kiri.

axle distance, rubber cover, laher bearing

Masukkan kunci T 12″ bagian socketnya ke lubang dan arahkan langsung ke bagian tengah laher atau bearing oblak yang kelihatan jelas, lalu getok sampai laher atau bearing oblak beserta rubber alias karet pelindung debu lepas dan keluar dari dudukannya. Getok kunci L nya yak, bukan jempolnya. Awas kena kepala benjol tar!

sisi kiri

Baca juga: 

 

  • Bersihkan Area Rumah Laher Atau Bearing

Gunakan lap kering untuk membersihkan area ini, pastikan ngga ada debu kasar menempel untuk menjaga keawetan laher atau bearing baru. O iya, rubber cover alias karet pelindung debu dan axle distance juga perlu dibersihkan. Apabila ada karat pada logam bisa coba pakai ampelas halus lalu dilap dengan kain kering. Kotoran di karet bisa pakai obeng minus dan kain kering.

Catatan, rubber cover alias karet pelindung debu tadi juga perlu diperhatikan kondisinya, kalo sudah longgar sebaiknya diganti supaya debu ngga mudah masuk.

aus gan

  • Pasang Laher Atau Bearing baru

Memasangnya mulai dari sisi kiri aja, pastikan sisi laher atau bearing baru yang ada cover karetnya berada di bagian luar roda. Bisa coba pakai bearing lama atau  bosh luar (bersihkan dahulu) untuk menjadi median yang digetok dengan martil hingga laher atau bearing baru masuk sempurna. Santai aja getoknya, kalo udah mentok suara getokannya beda kok. Pastiin sampai masuknya sempurna.

6301-2RS

Sisi berikutnya sebelah kanan, terlebih dahulu masukan axle distance kedalam dan pastikan lurus sesuai porosnya, jangan jatuh. Setelah itu baru pasang laher atau bearing baru. Pasangnya sama dengan cara sebelumnya, sisi laher atau bearing yang ada cover karetnya di bagian luar roda, getok dan pastikan masuk sempurna. Kalo belum mentok nanti pas roda dirakit ngga muat ke shock breaker bro. Setelah laher atau bearing baru di sisi ini terpasang baru pasang lagi rubber alias karet pelindung debunya.

 

catatan, kalo digetok udah 75% masuk, median getoknya ganti jangan laher lamanya tapi pakai aja kunci socket biar ngga nyangkut kayak foto dibawah gini, nambahin kerjhaan aja gaaan… :lol

keasikan getok nyangkut deh

 

  • Rakit Roda

Sebelumnya, pastikan laher atau bearing baru berfungsi baik, coba pakai jari dirasakan atau manfaatkan as roda buat ngetes putaran roda pakai tangan. Kalo udah yakin, pasang lagi roda ke shock breaker namun sebelum masukkan as roda pastiin bosh dan sensor kecepatan terpasang sempurna di tempatnya. Pokoknya prosesnya berkebalikan dengan pas ngelepasnya tadi yak.
Kencangkan kembali as roda menggunakan kunci sock 14″ dan 19″. Setelah roda terpasang sempurna, pasang lagi kaliper rem yang udah dirakit lagi brake pad nya. Sabar dan hati hati jangan sampai baut bautnya selek yak.

 

Done!

Sampai disini seharusnya roda sudah terpasang kembali seperti sedia kala dengan laher atau bearing baru. Kalo rodanya ngga keliatan, coba kucek kucek mata anda berulang kali, jangan jangan tadi ketiduran dan cuma mimpi. Sekarang tinggal test ride, sebelumnya habiskan dulu minuman yang udah dingin sebelum dijajah oleh semut dan kecoa. Kalo ditest masalah teratasi, gudjab bro! Kalo malah tambah parah… cari dealer terdekat dan beri dp motor baru, biar ngga repot :lol

Demikian artikel DIY: Ganti Sendiri Laher Atau Bearing Oblak Roda Motor Kesayangan. CMIIW yak. Mau mencoba? Ingat, Do it with Your Own Risk. Gimana keawetan dari Yuzaka 6301-2RS ini? Kita pantau terhitung sejak terpasang hari ini dan artikel ini selesai diketik (09 April 2017 pk. 01:23 AM). Dah ah tidur dulu, pagi ini mau uber rejeki ayam jago dulu.

Btw, bagi pemilik Honda CS1, Sonic, CB dan CBR series khususnya, kalo mau servis atau cari aksesoris dan cari part laher atau bearing atau lainnya bisa coba kontak padepokan RSB Motor Speed & Style Shop via facebooknya Angga Baday atau Sony Agustian. Terutama kanibalan motor Honda CS1 emang sarangnya disana. Mau utak atik motor disana juga bisa, kontak aja dulu akun facebooknya ngobrolin biji bijian disana sampe jadi pohon trus jadi kertas tagihan. hehehe.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

—-

Keep Respect and Safety !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

4 pemikiran pada “DIY: Ganti Sendiri Laher Atau Bearing Oblak Roda Motor Kesayangan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s