O to Born ~ Masbray, punya skutik seharga paling murah dikelasnya emang ga bisa menuntut lebih baik dari kompetitor yang harganya lebih tinggi. Soal fitur mungkin ngga adil kalo dikomparasi head to head. Namun Suzuki Nex II Fancy Dynamic yang nemenin otoborn beberapa minggu ini udah menawarkan sesuatu yang sama dan sesuatu beda. Desain sama keren, fitur meskipun ngga head to head tapi berasa manfaatnya, skutik ini berbeda dan tetap menarik. Kali ini sharing Suzuki Nex II Story (4): Tips Yang Mungkin Perlu Ditambahin Kalo Punya Skutik Ini .

Untuk skutik murah, beberapa fiturnya ngga dimiliki skutik lain dikelasnya. Contohnya kemampuan sistem kelistrikan yang bisa mensupport lampu jenis LED sekaligus bohlam biasa untuk semua lampunya, mulai headlamp, sein, hingga stoplamp. Seenak dan sesuka yang punya aja mau pakai bohlam atau LED tinggal colok. Di Fancy Dynamic udah terpasang lampu LED yang terang benderang. Selain itu, hadirnya soket USB Charger punya nilai plus di varian ini, juara banget. Dan buat yang pengen tampil beda dan demen pasang aksesoris blink blink bisa berhemat banyak, aksesoris LED Line udah terpasang sebagai bawaan pabrik. Belum lagi rim sticker yang gaya, ga perlu lagi beli terpisah udah ditempelin dari baru. Kecuali mau beda desain dan modelnya ya silahkan aja.

Untuk skutik yang harganya cuma 14 jutaan rupiah OTR Jakarta, udah murah banget. Otoborn coba mengira ngira, seandainya ini menjadi skutik tempur mayoritas bikers di Indonesia, apa aja yang perlu di ‘ada’ in atau upgrade dari yang udah ada? Simak yaks… Siapa tau bisa jadi inspirasi bin terasi dalam modifikasi mengutamakan fungsi dan safety..i . Hehehe.

 

1. Bikin Ngecas Hape Lebih Nyaman

Jika suka ngecas sambil menaruh handphone di kompartemen kiri yang ada soket USB Chargernya pastinya ada rasa khawatir terjatuh, karena emang ngga terlalu dalam sih. Sisi positifnya, agar kita ngga terlalu mengandalkan kompartemen motor ini buat menaruh barang karena kan resikonya lupa ketinggalan pas parkir. Kalo hilang bisa nangis bombay.

Pasang tas kecil yang disangkutkan melingkari dek seperti ini lumayan ngebantu. Kan ngecas jadi kebutuhan, kalo ditaruh di tas maka smarthone kesayangan lebih aman dari guncangan, resiko jatuh, atau memancing aksi kriminal. Selain itu, seandainya mendadak hujan, setidaknya ngga langsung basah kuyubbb. Suzuki punya juga SGA nya, harganya juga terjangkau. Bisa juga pakai tas yang dipakai sehari hari yang bisa dilepas pasang kapanpun kita mau. Fleksibel kan.

 

 

2. Modif Jok dengan Kulit Adem dan Busa Lebih Empuk

Kalo sempet nyimak cerita otoborn pas wara wiri naik Suzuki Nex II, skutik ini udah nyaman secara standarnya. Tapi bakalan lebih nyaman kalo ada sedikit sentuhan pada jok ridernya, karena terasanya pas riding lama jarak jauh. Yaa kalo deket deket aja sih aman bray. Tapi ganti kulit jok kan bisa bikin tampil beda juga, jadi manfaatnya dobel bray.

 

3. Alarm

Skutik ini menarik, selama membawanya riding banyak yang kepoin, mulai harga sampe fitur led line nya yang unik. Nah, ngga menutup kemungkinan maling juga tertarik. Meskipun udah pakai teknologi Magnetic Shuttered Key tetap aja resikonya ada. Kamu bisa pasang aksesoris resmi dari SGA yang harganya. Seenggaknya meminimalisir rasa khawatir dari pencurian ketika diparkir di tempat umum. Jujur otoborn sering waswas bawa skutik keren gini tanpa perlindungan lebih, gembok sih udah bukan lawan maling sekarang.

Lebih advans, bisa pasang aksesoris Keyless dari DSS Alarm, tapi harganya ya ngga bakalan murah ya. Intinya, itu memungkinkan selama uangnya ada. Untuk rasa nyaman, memang perlu pengorbanan.

 

4. Pasang Side Stand Switch

Yak, pada skutik ini ngga ada, belakangan ini jadi fitur standar karena sifat manusia yang pelupa sehingga kecerobohan menjadi faktor utama penyumbang celaka. Beberapa kali sempet nyaris gasruk gegara lupa menaikkan standar samping. Ngeri juga kalo nonton video di youtube berbagai insiden kecelakaan karena mesin menyala saat motor di standar samping.

Penting ini, bisa kok modifikasi dengan memanfaatkan saklar sensor side stand switch kepunyaan skutik lain, harga komponennya juga masih terjangkaulah, untuk sebuah nilai keselamatan. Hanya saja instalasinya perlu ketelitian, karena urusannya kelistrikan bisa berabe kalo korslet. Dan perlu penyesuaian seperti membuat dudukan untuk penempatan komponen tersebut. Jika mau diaplikasikan, pastikan dikerjakan oleh mekanik yang paham kelistrikan serta prinsip dan fungsi saklar sensor side stand switch. Oiya, bisa juga memanfaatkan switch set kepunyaan saudaranya, Suzuki Skywave.

 

5. Pasang Foot Rest Rider

Yang ini khusus buat yang suka bawa barang banyak di dek. Biar riding lebih nyaman, lincah juga tetap aman, boleh juga part aksesoris ini diaplikasikan ke Suzuki Nex II. Bisa dibeli dari online store, harganya juga variatif. Kalo mau didesain lebih personal bisa juga bikin sama tukang las dekat rumah. Senyamannya aja. Yang paling penting tetap aman dan nyaman ngga nyenggol motor orang atau menghambat ketika diajak manuver di tikungan.

 

 

6. Parking Brake Lock

Yang ini opsi pelengkap aja. Bisa kok pasang komponen ini, tapi emang kudu custom karena perlu sedikit penyesuaian. Untuk menambahkan fitur satu ini bisa melirik kepunyaan saudaranya, Suzuki Address. Kalo melihat manfaatnya, sepertinya emang bisa dipertimbangkan.

 

7. Pasang Top Case / Top Box

Buat yang sering riding jarak jauh, atau mungkin sering parkir di tempat asing umum terbuka, boleh dipertimbangkan nih. Bisa buat taruh helm lebih ok. Disamping itu kamu juga bisa terbantu ketika barang bawaan terlalu banyak. Masukin boks semua lebih aman. Kalo rider jomblo bisa juga pakai tas motor seperti pada foto berikut. Manis dan rapi kan. Trus nanti kalo ada yang mau mbonceng gimana? Ealaah… Jomblo kok mau mboncengin, usaha ya? Ga usah ribet, masukin aja kedalem tas hahaha.

8. Upgrade Ban Tubeless

Ban skutik ini masih menggunakan ban dalam, alias tube type. Ngga buruk kok, hanya aja kalo sering jalan jauh jauh rasanya lebih baik upgrade ke tipe tubeless. Secara, ban lebih tebal, serta ngga mudah kempes ketika tertusuk paku. Sedikit banyak lebih unggul dibandingkan tipe ban dalam. Banyak pilihan yang cocok buat skutik ini. Dengan harga berbeda beda juga pastinya.

 

 

Gimana, barangkali menginspirasi. Ngga gampang mencari kenyamanan, apalagi jika produk tersebut murah harganya. Tapi alangkah lebih baik kalo kenyamanan itu diciptakan, bisa lebih puas bray !

 

———–

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga informasinya bermanfaat

Jangan lupa mampir juga ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

Advertisements
Advertisements

2 Comments

  1. Mantab.. tips yang bermanfaat min..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.