O to Born ~ Masbray, Kawasaki New Ninja 250 SE hadir dengan fitur yang juara di kelasnya… seperti yang diceritakan pada artikel lalu Foto Lengkap Kawasaki New Ninja 250 SE Ada Keyless dan Bisa Ngecas Gadget Bray! Sayangnya sampai saat ini belum ada kesempatan mencoba langsung cara mengoperasikan Kawasaki Intelegent Proximity Activation Start System yang disingkat KIPASS ini. Melalui beberapa referensi yang ada, otoborn coba cerita ya Bagaimana Sistem Keyless Kawasaki New Ninja 250 SE Bekerja ?

Tentu aja fitur ini bukan fitur sembarangan yang ngga guna dong. Impian semua biker yang kepingin kuda besi kesayangannya selalu jadi miliknya, tanpa terusik oleh pelaku kriminil yang doyan mencuri hati… eh, mencuri motor orang. Fitur ini sebelumnya sudah hadir pada moge Kawasaki 1400GTR / Concours 14. Jadi ini fitur turunan moge Kawasaki bray, bukan contek skutik 125cc yaa hehehe

Ada setidaknya 3 komponen untuk mendukung KIPASS pada motor ini bekerja. Menggunakan remote keyless yang namanya Key FOB, lalu juga ECU khusus sebagai pusat kontrol dan tentu aja perangkat Ignition Switch untuk pengoperasian utamanya yang mirip kenop kompor, kata netizen waktu fitur ini nongol di skutik dulu.

ECU khusus yang menangani sistem KIPASS ini aktif terhubung dengan Accu alias aki atau baterai motor. Dengan pemrograman khusus memiliki kemampuan memancarkan gelombang sinyal penyelaras secara terus menerus hingga mencapai radius tertentu, juga sebagai pusat kendali yang memerintahkan Ignition Switch tadi masuk ke mode aktif alias ON.

Namun, untuk dapat berkomunikasi dengan Switch, diperlukan remote FOB bertenaga baterai yang diklaim mampu bertahan sampai 5 tahun. FOB menangkap gelombang sinyal dari ECU, lalu ECU menyelaraskan kode tertentu dengan FOB sehingga setelah cocok atau verified selanjutnya ECU mengirim sinyal perintah untuk mengaktifkan mode ON kepada Ignition Switch (by wire) dan kenop switch bisa diputar. Tentu saja, sebelumnya FOB harus masuk ke dalam jangkauan sinyal dari ECU ya.

Setelah kenop Switch bisa diputar, rider bisa melakukan engine start dan mulai mengoperasikan motornya. Syarat mutlak agar sistem KIPASS ini bisa beroperasi yaitu baik FOB maupun ECU memiliki daya yang cukup. Jadi pastikan kondisi aki terjaga, dan hanya mendekatkan FOB ke motor jika memang diperlukan agar lebih awet baterai.

Sistem yang beneran canggih, praktis dan ngga perlu makan waktu lama, dan pastinya bikin mumet maling yang mencoba mencuri motor kesayangan. Ini dia yang dibutuhin semua bikers yang sayang motor Ninja nya. Konsekwensinya dari pengaplikasian KIPASS yaitu ada perbedaan harga lebih tinggi dibanding varian standar. Jika varian standarnya dibanderol 61 jutaan Rupiah, dengan berbagai fitur pelengkap lainnya Kawasaki New Ninja 250 SE MDP dijual Rp. 66.900.000,- , untuk yang SE ABS Rp. 74.100.000,- dan yang MDP AMS SE Rp. 74.600.000,- .

                      

 

 

 

———–

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga informasinya bermanfaat

Jangan lupa mampir juga ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.