Suzuki All New Satria F150 2016 Part 2 : Ergonomi ?

Otoborn – Akhirnya jari jemari bisa menari lagi, setelah waswas hilang paska si kakak kesehatannya membaik. Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai Suzuki All New Satria F150 Part 1 : Lebih Dekat Dengan Ayago Livery Team ECSTAR MOTOGP yang otoborn sempat sapa pada kesempatan ajaib di Sentul International Circuit Bogor – Jawa Barat kemarin berkat kemurahan hari kang eno sang historical blogger beberapa waktu lalu, kali ini akan diulas sedikit dengan melihat sisi ergonomi.

Kita tempe…eh, tahu maksudnya… Suzuki Satria F150 series sudah lama berkarir dan dikenal sebagai bebek underbone model ayago. Dan sudah pasti sisi ini lebih menarik bagi penggemar speed, acceleration, dan cabe cabean…. maksudnya Satria FU ini sampai saat ini banyak dilirik remaja remaja cewek yang penasaran diboncengin ayank sampe nempel nempel tuh gimanaaa gitu… :lol (*kidding ya…)

Baca:  Harga Resmi Suzuki All New Satria F150 2016 21,9 Jutaan OTR Jakarta Harga Resmi Suzuki All New Satria F150 2016 21,9 Jutaan OTR Jakarta

Dan memang dari aksen desain seolah membawa imajinasi kalau berboncengan harus memeluk erat… daripada terbang melayang ketika dibawa melesat oleh ayam besi bermesin DOHC 147,3cc 6-speed 4-valve yang memiliki Daya maksimum 13.6 kw @10,000 rpm dan Torsi maksimum 13.8 N-m/8,500 rpm berbobot kosong 109 kg ini…. :lol

Udah..udah  ngelanturnya… lumayan juga abis stres pikiran bisa refreshing sih… Sekarang mari kita masuk ke ulasan ringan versi otoborn ini….

 new satria f150-macho bright blue-otoborn.com

Tonton:

Suzuki All New Satria F150 2016 Part 2 :  Ergonomi ?

Suzuki All New Satria F150 FI 2016 ini memang tampak mungil…di gambar. Apalagi melihat dari video TVC nya ketika digeber sama Aleix Espargaro. Tapi sosok aslinya sih tidak jauh beda dengan versi karburator, hanya sedikit terlihat pendek saja. Dan sebagai rider yang kecil mungil imut cakep, memang rasanya tidak terlalu sulit menyesuaikan diri dengan sang satria anyar yang baru turun gunung ini.

Untuk tb/bb sengaja saya tidak lagi mengukur… abisnya dari tahun ke tahun segitu gitu aja sih… yah kisaran 60/45 lah… kalo lagi gemuk. :lol Dan ternyata memang tidak sulit menapakkan kaki ke aspal… meskipun kaya ngga duduk di atas motor alias kayak berdiri… maklumin aja yah… maafin baim ya om…

Baca:  Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016

Tinggi jok Suzuki All New Satria F150 FI ini dihitung dari tanah yaitu 768mm, dan selama merasakan duduk diatasnya masih terasa nyaman, kalau mau membandingkan kok sensasi duduknya lebih nyaman dari ayago lain baik kompetitor maupun satu pabrikan yang sudah pernah diduduki. Gapaian tangan ke stang  tidak memaksa siku masuk ke area dalam, meskipun rasanya agak lebih pendek jarak antara stang.

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com 13

kaki menapak sempurna, pan*tat seperti tidak duduk

Riding position juga agak sedikit santai dibanding versi karburator, tidak memaksa untuk membungkuk meskipun dengan kedua tangan menggenggam stang. Kecuali ketika riding berorientasi pada kecepatan, pastinya harus sedikit memundurkan badan dan membungkuk untuk mengurangi terpaan angin menghambat laju.

Baca juga:

Ada perbedaan yang dirasakan ketika mencoba menekuk kaki di atas footpeg dan paha menjepit bodi dan membelokkan stang namun dengan posisi seolah riding santai, lutut dan paha tidak mengganggu stang kemudi. Tidak perlu memundurkan pan*tat untuk menghindari lutut atau paha bersinggungan dengan stang kemudi. Sayangnya tidak didokumentasikan. Tapi bisa dikira kira lah ya dari gambar dibawah.

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com 15

Dan ketika mesin dinyalakan, mencoba sedikit meliak liuk kecil, yang dirasakan lebih nyaman dari versi karburator. Entah mungkin karena sudut dan lebar stang sudah memiliki perhitungan mengenai itu, atau ketika mendevelop memang mengambil sample postur yang mirip mirip dengan saya… mungkin loh ya, bukan ge-er.

Kesimpulannya, secara ergonomi, sepertinya motor ini cocok untuk saya… dan mungkin untuk yang memiliki postur sama atau tidak jauh berbeda. Tapi untuk riding harian nanti dulu… harus test setidaknya beberapa putaran. Dan syukurnya kesempatan test didapatkan sehingga bisa mengeksplorasi lebih jauh… dan testnya lebih berorientasi ke performa ketika digeber geber karena memang di dalam lokasi sentul besar digelarnya.

Baca juga:

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com 06

Pada artikel berikutnya akan diulas mengenai sensasi riding bersama Suzuki All New Satria F150 FI di lintasan balap Sirkuit Internasional Sentul Bogor, Indonesia. Pada kesempatan tersebut diusahakan bisa menggali juga sensasi riding dengan race oriented maupun daily using. Sementara ini, simak spesifikasi resminya jagoan anyar PT.SIS ini Suzuki All New Satria F150 FI 2016Nyalakan Nyali, Berani Diadu? 

Spesifikasi Suzuki All New Satria F150 FI 2016

~ Dimensi
Panjang : 1.960 mm
Lebar : 675 mm
Jarak sumbu roda : 1.280 mm
Tinggi jok : 765 mm
Berat Kosong : 109 kg

~ Mesin
Jenis mesin : 4-tak Berpendingin air
Jenis katup : DOHC 4-valve
Jumlah silinder : 1 silinder
Ukuran mesin : 147.3 cm3
Daya maksimum : 13.6 kw/10,000 rpm
Torsi maksimum : 13.8 N-m/8,500 rpm
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Sistem penggerak : Rantai
Transmisi : 6 percepatan

~ Lainnya
Tipe rangka : Underbone
Instrumen speedometer : Full digital
Kapasitas tangki : 4 liter
Jarak tempuh : 200 km
Standar emisi : Euro3
Shuttered key : model baru (sekali tekan)
Oil level : lens
Ruang penyimpanan / bagasi : ada

 


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

9 pemikiran pada “Suzuki All New Satria F150 2016 Part 2 : Ergonomi ?

  1. Ping balik: Suzuki All New Satria F150 FI 2016 Part 3 : Performa Lebih Dari Menjanjikan | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s