Moge Patuhi Lalu Lintas Dijadikan Petisi ?

Setelah dua hari ini tidak ikut mantau jagad maya, hari ini sambil pantau pekerjaan saya mendapatkan email ajakan untuk berpartisipasi dalam sebuah petisi.

Ya, petisi ini terkait dengan aksi 3 pesepeda di Yogyakarta yang akhir akhir ini menjadi headline di dunia maya. Sudah tau dong pastinya. Salah atau Benar tindakan yang dilakukan ketiga pesepeda tersebut, sebaiknya bisa menjadi renungan bersama dari semua pihak, karena adanya kejadian tersebut tentunya akibat salah satu pihak merasa terganggu atau merasa terusik meskipun awalnya cuma di hati kecilnya saja dan tidak ada yang berani bertindak..hehe..

Hendra Subiyanto mengajak masyarakat untuk berperan dalam sebuah petisi yang dipublikasikan melalui Change.org, dan ditujukan kepada Kelompok pemotor harley davidson.

01

Apa sih sebenarnya isi petisi tersebut ? Perlu ya? 

Inti dalam petisi yang saat saya terima email ini sudah mencapai 17.498 pendukung ini sbb :

  1. Semua pengguna jalan mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam penggunaan jalan
  2. Semua pengguna jalan wajib mematuhi Rambu lalu lintas
  3. Pemotor harley davidson bukan pengguna jalan yang harus diistimewakan, apalagi harus dikawal pihak kepolisian
  4. Bermotor harley davidson dengan cara berkelompok/membentuk gerombolan sangat menggangu dan menyebabkan polusi suara
  5. Mari saling jaga ketertiban dan kedamaian, saling menghargai bukan saling merendahkan dan bersikap arogan

Petisi bisa dipantau disini.

Tujuannya rasanya baik, yakni untuk kepentingan bersama baik moge maupun mocil, dan semua pengguna jalan. Bila dilihat dari inti yang dipersoalkan, bagaimana menurut pembaca sekalian? Saya sadari di forum blog juga terdapat owner moge dan mocil, namun hendaknya kesenjangan janganlah ada. Saya juga pengagum moge, dan berharap bisa ambil keteladanan dari brotherhood yang terjalin antar owner moge bahkan antar biker apapun motornya.

Baik biker moge maupun mocil, semuanya secara pribadi seharus dan sepatutnya mawas diri, baik saat berkendara sendiri maupun ketika dalam konvoi.

Jangan sampai, kesemrawutan dan segala problema yang melanda negara kita yang begini modelnya, semakin diperparah dengan perpecahan yang ga ada untungnya. Mau bangsa ini maju, tapi dukungan penuh hanya untuk ego semata? Yaa ga bakalan terwujud laah.. hehe..

02

Perlu diketahui, tulisan ini untuk semua kalangan, tidak berat ke salah satu pihak ya. Saya penggemar otomotif, bukan FBH.. hahaha..

Memang acara besar yang mencakup undangan hingga lintas daerah perlu mendapat perhatian khusus, apalagi berkaitan dengan keselamatan undangan hingga dirasa perlu dikawal kepolisian ya sah-sah saja.

Namun hendaknya kita aware, jangan sampai mengorbankan keselamatan pengguna jalan lain, sehingga jadi ada cerita buruk membumbui serunya acara tersebut. Terlebih untuk kasus satu ini saya rasa tingkat urgentnya masih dibawah level darurat seperti misalnya membawa korban bencana atau kecelakaan, hendak menjinakkan bom atau semacamnya.

Pihak kepolisian pun meskipun sudah memberi ijin pengawalan kepada konvoi komunitas seperti ini, ya kalo ada rambu yang masih bisa dipatuhi karena tidak se-urgent yang disebut tadi, kenapa tidak dipatuhi saja? Hitung-hitung kan berarti mewaspadai resiko ada korban lain baik dari sisi yang dikawal ataupun pengguna jalan lainnya.

03

Mari yuk mari semua secara pribadi sebagai biker tetap aware terhadap keselamatan pengguna jalan lain.

Apapun dimanapun kapanpun dan siapapun, Cobalah samakan perception, proud dan passion berkendara kita..

Baik saat berkendara sendiri maupun berkelompok, dengan atau tanpa pengawalan.

Baik MOGE maupun MOCIL.

Karena, kita adalah BIKER.

Respect.

Baca baca juga ya artikel menarik lainnya..

Advertisements

No Comments

    1. Author

      Ngikut petisi di change.org nanti dapet email perkembangannya mas.. ato pantau ae mas save point g hehe

  1. seharusnya jgn sebut moge, terlalu general.
    harusnya pengendara HARLEY, jarang kan denger pengendara CBR1000RR konvoi, atau ninja zx1300 konvoi, atau ducati monster konvoi melakukan pengrusakan dan melanggar lalulintas.

    saya cukup malu kalau pengendara harley di sebut bikers.
    1. mereka cuma koruptor berdasi yang hobby main motor (setahun 5-10 naik motor mewah bodongnya) biker asli hampir setiap hari menaiki motornya.

    2.bikers tidak minta di istimewakan, tapi di beri hak. contonya lampumerah full isi nya mobil 3 jalur. motor kemana yah ngalah mepet2 di panas mobil2 orang kaya. TAPI PENGENDARA HARLEY ? klakson dan TOA menggelegar agar semua orang minggir…yakin itu bikers ?

    3.bikers asli naik motor tidak perlu di tuntun. HARLEY ? musti ada patwal yg bawa jalan, musti ada yg jagain, musti ada yg ngasi tau kapan ngegas kapan ngerem, kapan istirahat, kapan arogan. yakin mrk bikers ?

    4. bikers asli walau salah tetap taat hukuman terobos lampumerah atau pakai knalpot ribut. HARLEY ? klarifikasi polri ajah bisa di di hapus dan di edit terutama UUD pasal G yg di hapus atas permintaan cecunguk harley. knalpot super bising ajah di kawal polisi. yakin mrk bikers ?

    YAKIN PENGENDARA HARLEY BIKERS ASLI ?

    1. Author

      haha.. super sekali om Daud..
      iya, saya emang ratakan pengendara motor = biker , karena ga saya anggap mereka driver roda 4 saat nyemplak moge ataupun mocil.

      disebut moge supaya lebih general, mau Harley atau merk apapun supaya mawas diri, dan samakan semangat Biker saat nyemplak roda 2

      yah memang oknum2 (dari pihak manapun) bikin kesel ya.. termasuk yang arogan karena lupa harta dan nyawa itu titipan. Dosa diaksi gratis kok.. hahaha..

      trims sudah mampir om..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *