Advertisements

Benelli Python 200 Supermoto Stylish Ala Italia

Otoborn – Untuk galeri spesifikasi kali ini otoborn menampilkan Benelli Python 200 Motard yang dipamerkan juga di booth Benelli Jakarta Fair 2016.

Sejatinya kuda besi Benelli ini memiliki konsep supermoto, yang memiliki tinggi semapai dan roda berprofil sport aspal dengan kembangan halus. Namun si motard yang sempat dijepret oleh otoborn ini menggunakan profil ban sedikit kotak kotak.

Hmm… Mungkin saja disengaja agar bisa menyentuh segmen penghobi trial dan supermoto sekaligus?

Baca : Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016

Benelli Python 200

Kuda besi ini salah satu yang diproduksi oleh Benelli setelah diakuisisi oleh Qianjiang. Konsep yang tergambar pada website resminya dengan menggunakan ban berprofil aspal biasa sebenarnya menjelaskan bahwa Benelli Python 200 ini beraliran supermoto. Tapi apapun itu ban yang dipakai pada saat pameran, namanya tetap Benelli Python 200 Motard, sepeda motor yang digunakan juga oleh Mario Iroth berpetualang lintas benua. Sedikit kita ulas ya…

Benelli Motard Belakang kanan

Tonton:

Desain

Sedikit berkomentar mengenai desain, memang ada yang beda deh bila dibandingkan dengan sepeda motor lain berkonsep serupa dari pabrikan lain khususnya Jepang.

Buritan Unik

Misalnya bila dilihat dari sisi buritan saja yang lebih mencolok, Benelli Python 200 Motard ini tampil stylish… alias tidak melupakan gaya dan fungsionalnya.

Bila kebanyakan pabrikan lain seperti Kawasaki menempatkan stoplamp sedikit menyempil, dibagian buntut atau di spakbor belakang, berikut sein, Benelli Python 200 Motard ini malah tampak menonjol. Stoplamp lebar dan sein pun menempel manis di samping kanan kiri bagian bodi belakang.

Cita rasa ini milik Italia mungkin, karena pabrikan Italia lain juga agak mirip mirip penempatannya. Spakbor belakang tampak clear, tapi ada lampu yang akan menerangi license number atau plat nomor kendaraan yang akan menempel disana.

Benelli Motard Belakang

Ada bracket yang lebar dimulai dari ujung jok hingga ujung stoplamp mengatapi area buritan, tidak seperti pabrikan Jepang punya yang memberikan plastik lebih untuk mencegah cipratan air naik keatas. Bracket tersebut cukup membantu untuk hal tersebut disamping fungsinya untuk menaruh barang bawaan ketika perjalanan jauh. Cipratan dari samping tertahan oleh bodi plastik yang mencirikan model trial atau supermoto, dengan knalpot undertrail yang sedikit panjang dan besar.

Benelli Motard Belakang kiri

Area Tengah Bergaya

Untuk bagian tengah yang berisi fuel tank tampil gaya. Bagian shroud kok mengingatkan pada desain shroud bebek underbone kepunyaan Suzuki yaitu Suzuki Satria F150 yah…

Tapi memang disini berhasil menampilkan sesuatu yang beda untuk sebuah sepeda motor berkonsep Supermoto ini.

Tampak Muka

Benelli Python 200 Motard ini tiadk berlebihan dalam desain headlampnya. Malah terkesan terlalu sederhana. Bagian ini menurut otoborn agak sedikit terlalu sangat biasa dan tidak semenarik produk Jepang punya.

Tapi disinilah ciri khas sepeda motor ini… sekali lihat bagi yang sudah kenalan langsung tau, ini Benelli Python 200 Motard.

Tidak lupa si paruh burung menempel dibawah headlamp.

Benelli Motard Depan

Baca juga:

Fitur Dan Spesifikasi

Secara umum sebagai sepeda motor dengan status motard road legal memiliki kelengkapan standar seperti lampu penerangan, sein dan stoplamp. Ditambah fitur standar untuk area dashboard serta panel kontrol di handlebar.

Benelli Motard Specs

Dashboard

Speedometer berbentuk seperti wajik, memadukan analog an digital dengan kelir hitam dan putih, ditambah stop kontak yang menjadi satu dengan konsol speedometer, membuat area dashboard tampak manis. Spion menempel diatas handlebar yang khas supermoto. Kanan kiri terdapat panel untuk saklar lampu, klakson, dan lain sebagainya.

Oh iya, pada fuel tank Benelli Python 200 Motard berkapasitas 12 liter, menggunakan fuelcap datar. Tambah rapi aja.

Benelli Motard Dashboard

Suspensi dan Roda

Sudah menggunakan suspensi depan tipe Upside-down dengan cover untuk kaki depan dan didukung oleh monoshock di bagian belakang. Aslinya, ban berukuran 100/80-17 membalut velg depan model spoke berukuran 17″. Sedangkan belakang menggunakan lingkar yang sama dibalut oleh karet bundar berukuran 130/70-17.

Seperti yang dimention sebelumnya, Benelli Python 200 motard jepretan otoborn ini menggunakan tipe ban yang berbeda dari brosur. Pengereman baik depan maupun belakang menggunakan single disk.

Benelli Motard Ban Depan

Bobot dan Dimensi

Benelli Python 200 Motard memiliki ground clearance 263 mm, dengan jarak sumbu roda 1360 mm. Untuk panjang 2085 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1100 mm.

Bobot kosong kendaraan yaitu seberat 130 kg. Wah… kalah berat dong nih otoborn

Benelli Motard Kiri mesin

Spesifikasi Mesin

Dibekali mesin 1 silinder SOHC berkubikasi 197 cc tipe 4-tak 5-speed, Benelli Python 200 Motard yang berpendingin oli ini memiliki output  9.50 kW / 7550 rpm, dengan torsi maksimum 14 NM / 6000 rpm. Konfigurasi bore 63.5 mm x stroke 62.2 mm.

Benelli Motard Kanan mesin

DIMENSIONS
Length : 2085 mm
Width : 775 mm
Height : 1100 mm
Wheelbase : 1360 mm
Ground Clearance : 263 mm
Weight : 130 kg
Fuel Tank : 12 L
Front Wheel Size : 100/80 – 17
Rear Wheel Size : 130/70 – 17
Ignition : C.D.I.
ENGINE
Type : 1-cylinder, 4-stroke, oil cooler
Bore X Stroke : 63.5 x 62.2 mm
Displacement : 197 cc
Rated Output : 9.50kW/7550rpm
Max Torque : 14 Nm/6000rpm
Starting Method : Electric start, kick start
TRANSMISSION
Clutch Type : Manual, multi disc on oil bath
BRAKE SYSTEM
Front Wheel : Disc
Rear Wheel : Disc
SUSPENSION
Front : Up Side Down
Rear : Mono Shock

Baca juga:

Pilihan Warna Dan Harga

Ada beberapa pilihan warna untuk Benelli Python 200 Motard ini, yaitu Cokelat, Merah dan Biru.

Harga

Untuk harganya, ketika artikel ini rilis Benelli membanderol Benelli Python 200 Motard seharga Rp. 25,500,000,-  dan bisa ditebus secara cash atau kredit melalui leasing misalnya CSFinance dengan uang muka mulai 8.200 ribu rupiah dengan jangka waktu pelunasan hingga 34 bulan.

Benelli Pricelist PRJ2016

Untuk lebih jelas, datang saja ke dealer dan showroom terdekat di kota anda, tanya tanya sepuasnya deh. Atau selama event Jakarta Fair 2016 kunjungi booth Benelli dan temukan promo produk Benelli lainnya disana.

 Benelli Motard Depan kiri

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”News”,”benelli” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

4 thoughts on “Benelli Python 200 Supermoto Stylish Ala Italia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: