Indonesia boleh berbangga pada pencapaian di dunia balap sepeda motor Internasional saat ini. Tidak hanya memiliki pebalap yang ikut berkompetisi di beberapa ajang bergengsi, Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi sarana kembalinya event event besar kelas internasional digelar di tanah air. Bahkan, beberapa hari lalu pebalap MotoGP 2022 merapat ke Jakarta mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan pemerintah Indonesia bersama penyelenggara MotoGP yaitu Dorna Sport.

Diantara 16 pebalap MotoGP yang merapat ke istana negara seperti Marc Marquez dan Pol Espargaro, 2 pebalap GP Moto2, ada 1 pebalap GP Moto3 yakni Mario Suryo Aji, dan 1 pebalap IATC Veda Ega Pratama ikut meramaikan berkendara mengelilingi beberapa jalan utama di Ibukota yang disambut dengan antusias oleh masyarakat di sepanjang rute. Rombongan Parade MotoGP melintasi Jalan Merdeka Utara, kemudian melewati Jalan Medan Merdeka Barat, berlanjut menyusuri Jalan MH. Thamrin, hingga berakhir di Hotel Kempinski.

Bibit pebalap muda yang membela tanah air Indonesia ini kembali beraksi di sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok akhir pekan ini. Veda akan berkompetisi di ronde kedua Idemitsu Asia Talent Cup, bersama rekan pebalap binaan Astra Honda lainnya, Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto dan Muhammad Diandra Trihardika. Selain keempat pebalap muda tersebut, akan Muhammad Iqbal juga akan tampil sebagai wildcard di seri 2 Mandalika.

Sementara itu, Mario Suryo Aji yang merupakan lulusan AHRS saat ini sedang melanjutkan karir balapnya menjadi pebalap Honda Team Asia (HTA) serta menjadi satu-satunya pebalap muda Indonesia yang terjun pada ajang Moto3 World Championship.
Sebelumnya Mario mengasah skill di ajang FIM CEV Junior Moto3, dan setelah Mario Suryo Aji naik ke Moto3 World Championship, Fadillah Arbi Aditama akan ambil bagian di kompetisi yang sebelumnya dikenal dengan FIM CEV tersebut. Astra Honda Motor sudah bersama Fadillah sejak dia mulai ikut kompetisi. Dia juga ambil bagian pada Asia Talent Cup musim lalu, dengan hasil terbaik finis di posisi keenam dan kedelapan.

Tidak hanya membalap di Sirkuit Mandalika, para pebalap muda Indonesia juga beraksi di luar sana. Di Thailand Talent Cup, pebalap yang diturunkan Astra Honda Motor adalah Chessy Meilandri dan Decksa Almer Alfarezel.Akhir pekan ini, pertama kalinya juga pebalap Indonesia Wahyu Nugroho bersama Yamaha Racing Indonesia akan tampil di sirkuit Aragon Barcelona Spanyol untuk menempa skill di ajang R3 BluCru European Cup 2022. Kompetisi ini akan menjadi pembuka jalan karirnya ke ajang WorldSuperSports 300 WSSP300.

Pebalap Indonesia juga turun di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022. Di kelas AP250 ada Rheza Danica Ahrens, Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus M. yang membela tim AHRT, lalu Andi M. Fadli di tim Motul Sniper Manual Tech, Aldi Satya Mahendra dan Anggi Setiawan di tim Yamaha Racing Indonesia, serta pebalap senior yang pernah turun di ajang Moto2 Rafid Topan Sucipto dan Fitriansyah Kete di tim non pabrikan yaitu tim H.Putra 969 LFN Racing Team.



Tidak kalah penting, di ajang MX2 balapan off-road di level nasional juga menurunkan pebalap berbakat yaitu Delvintor Alfarizi yang menjadi pebalap reguler, ditemani oleh Nuzul Ramzidan. 

Inilah para pebalap yang bergandengan tangan dengan Astra Honda Motor dan akan berjuang di level dunia demi menjadi kebanggaan Indonesia.

Line-Up Pembalap Indonesia 2022
FIM JuniorGP
FIM CEV Junior Moto3 : Fadillah Arbi Aditama (AHRT)

Asia Road Racing Championship (ARRC)
Asia Production AP250 : Rheza Danica Ahrens – M. Adenanta Putra – Herjun Atna Firdaus (AHRT), Andi M. Fadli (Motul Sniper Manual Tech), Aldi Satya Mahendra – Anggi Setiawan (Yamaha Racing Indonesia), Rafid Topan Sucipto – Fitriansyah Kete (tim H.Putra 969 LFN Racing Team), Reynaldo Ratukore (ONEXOX TKKR Racing Team)

SuperSports SS600 : Andi Farid Izdihar, Irfan Ardiansyah (AHRT), Galang Hendra Pratama – M.Faerozi Toreqotullah (Yamaha Racing Indonesia)

– MX2
Delvintor Alfarizi – Nuzul Ramzidan (AHRT)

– Idemitsu Asia Talent Cup (IATC)
Reykat Yusuf Fadillah – Aan Riswanto – Veda Ega Pratama – Muhammad Diandra Trihardika – Muhammad Iqbal (tampil sebagai wildcard di seri 2) (AHRT)

– Thailand Talent Cup (TTC)
Chessy Meilandri – Decksa Almer Alfarezel (AHRT)

– BluCru European Cup 2022

Wahyu Nugroho (Yamaha Racing Indonesia)

Kebanggaan ini sudah selayaknya diwujudkan dengan sebuah dukungan besar kepada mereka, agar bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk mengasah skill dan menjajaki karir balap semakin professional, sehingga kedepan mampu mengharumkan nama negri tercinta, Indonesia Raya. Dukung dengan menyaksikan, baik nonton secara langsung maupun dari jarak jauh, serta tidak lupa mengiringi langkah mereka dengan do’a untuk yang terbaik.

Semangat Balap Merdeka!

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.