Baterai atau Aki PCX Hybrid Soak Bisakah ?

O to Born ~ Masbray, Honda baru aja memperkenalkan kepada publik tanah air Honda PCX Hybrid, dimana motor ini mengusung teknologi skutik konvensional plus elektrik yang menjadi satu satunya di dunia sepeda motor hybrid produksi massal yang dijual. Dan AHM menyatakan akan menjual Honda PCX Hybrid di Indonesia dengan harga 40 Jutaan. Belum fix resmi ya harganya. Kekhawatiran kita sebagai awam, namanya motor ini disokong oleh baterai untuk support kelistrikannya, pasti ada pertanyaan, Baterai atau Aki PCX Hybrid Soak Bisakah ?

Nah, setelah dengerin penjelasan singkat dari Endro Priyono mengenai baterai ini otoborn coba sharing ya… kapasitas sebagai awam jadi sekenanya aja hehehe

Pertama yang harus dipahami bahwa ada 2 unit baterai di PCX Hybrid ini. Baterai tersebut masing masing punya kapasitas voltase dan fungsi berbeda. Pada dasarnya motor ini menggunakan sistem kelistrikan 12V yang sama dengan PCX 150, namun untuk support ketika skutik ini join menjadi mesin konvensional + EV maka ditambahkan baterai Lithium 48V yang bobotnya sekitar 2,5 Kg.

Kedua baterai tersebut bekerja saling support, sebagai main atau baterai utama yaitu baterai 12V yang letaknya di bagian depan, sedangkan yang 48V terletak di belakang bagasi dibawah jok akan terpakai ketika mekanisme Hybrid bekerja.

Awal kontak skutik diaktifkan, tegangan awal akan berasal dari baterai 12V, setelah mesin dihidupkan akan memerintahkan ACG bekerja dan mensupply daya ke baterai 48V. Baterai 48V ini akan terus mengisi selama membutuhkan pengisian. Untuk baterai 12V yang sebagai main yang bekerja paling awal tentunya perlu prima, jika kondisi voltasenya dibawah 12V maka normalnya ngga bisa starter, kamu ngga akan kuat. Namun ternyata keberadaan baterai 48V tadi sekaligus bekerja sebagai ‘jumper’ apabila baterai 12V membutuhkan, sehingga bisa jreeng lagi.

Dengan penggabungan dua spesifikasi arus berbeda untuk 2 skema kelistrikan ini diperlukan junction unit (terletak di sisi kiri bodi motor) yang bisa mengatur agar tidak begitu aja arus berbenturan. PCX Hybrid tidak menggunakan charger khusus untuk pemiliknya mengecas aki karena bukan motor full elektrik alias bukan Electric Vehicle, semuanya udah otomatis tinggal pakai dan maintenis sewajarnya aja.

Baterai atau Aki PCX Hybrid Soak Bisakah? Yaa bisa aja tapi kalo melihat skema seperti ini rasanya ngga mudah soak ya. Melihat standar baterai lithium yang digunakan, unumnya usia baterai bisa mencapai 5 tahun, yakni 4 tahun normal dan memasuki tahun ke 5 ada penurunan performa baterai, namanya juga usia pakai ya. Baterai juga kalo ngga dipakai bisa rusak. Namun apa aja bisa terjadi, dan Honda mau ngga mau harus siap dengan apa aja yang mungkin bakal terjadi kedepannya. Karena kalo tantangan ngga dijabanin, kapan siapnya era sepeda motor Hybrid?

Jadi… Baterai atau Aki PCX Hybrid Soak Bisakah ?

Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa mampir ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

===••• Keyboard Help •••===

q w e r t y u i o p a s d f g h j k l z x c v b n m

Q W E R T Y U I O P A S D F G H J K L Z X C V B N M

1 2 3 4 5 6 7 8 9 0

– / : ; ( ) $ & @ “. , ? ! ’

[ ] { } # % ^ *+ = _ | ~ < > € £ ¥ • . , ? ! ’

===••• Keyboard Help •••===

Tools:

WhatsApp Transfer, Backup & Restore

WhatsApp Manager

www.icloud.com

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.