Wuling Hadir di Indonesia Dibuat Oleh Bagi dan Untuk Indonesia

O to Born ~ Pameran industri otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 menggandeng sebanyak 15 brand kendaraan roda empat yang hadir dengan line up mobil terbaik dan terbarunya, salah satunya ada Wuling Motors yang belakangan ini menjadi brand hangat dalam pemberitaan karena aksinya yang tidak tanggung tanggung menggarap pasar roda empat di tanah air. Gimana tidak, sangat jarang ada pendatang baru seperti Wuling Motors ini yang langsung invest sebesar US$ 700 Jutaan. Ada statement dari mbak Dian Asmahani selaku Brand Manager Wuling Motor, bahwa Wuling Hadir di Indonesia Dibuat Oleh Bagi dan Untuk Indonesia. Loh, bukannya mobil ini dari negeri tirai bambu Cina ya? 

Beruntung, saya berkesempatan ikut serta sesi diskusi product knowledge yang diselenggarakan oleh Wuling Motors dan Kompascom dalam Blogger Gathering di Swiss Bell Hotel Kemayoran kemarin jadi bisa menjawab rasa kepo tentang mobil Wuling ini sekalian bisa share disini.

Sempat mampir ke booth yang terletak di Hall A4, ramainya luar biasa, rupanya banyak sekali yang sama penasarannya sama saya dan begitu antusias kepoin satu per satu model Wuling yang ada di lokasi.

Pengunjung booth juga jadi betah karena hiburan panggungnya tidak habis habis, jadi pada ogah pulang deh gara gara Ario dkk dari Dance Company Band membawakan lagu Papa Ngga Pulang… Hehehe

Suasana nyaman dan bikin mood asik disana tidak disia siakan sama teman teman blogger buat seru seruan sebelum diajak sharing product knowledge bareng Kompascom.

 

Pertama kali bertemu dengan mobil Wuling di pameran serupa 2 tahun lalu yakni unit built up yang masih setir kiri, langsung membuat takjub karena baik eksterior maupun interior tampak berani dan habis habisan, dengar penjelasan dari sales pada waktu itu Wuling sedang bersiap masuk ke pasar Indonesia di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) yang menyasar juga konsumen yang ingin memiliki mobil murah namun memenuhi kebutuhan mereka sehari hari bersama keluarga.

Yang menjadi menarik adanya kalimat ‘mobil murah’ tadi. Memangnya semurah murahnya mobil yang tampak mewah ini berapa sih, mengingat di tanah air sudah ada pemain lama yang sangat kuat menancapkan kuku dengan image sebagai mobil keluarga favorit dan pastinya sudah paling murah bermain di kelasnya. Jawaban sales tersebut bikin penasaran… Katanya bisa lebih murah. Woww… !

Dan benar saja, ternyata varian standar Wuling Confero dilepas ke pasar dengan harga hanya Rp. 120 Jutaan. Dari situ saya mulai tertarik. Banyak pemain lama dari berbagai negara yang sudah lebih dulu menyentuh hati konsumen di tanah air, datangnya Wuling ke Indonesia bisa jadi menjadi warna baru, tampil all out serta memiliki kriteria untuk bersaing. Mengusung mesin empat silinder DOHC 1,485cc DVVT dengan sistem transmisi manual atau M/T 5 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 107 HP pada 5.800 rpm dan torsi maksimum mencapai 142 Nm pada 4.000 rpm.

MVP Wuling Confero series sebagai pengisi segmen Low MPV yang dipasarkan pertama kali di Indonesia, mengusung tagline ‘The Real Spacious Family MPV’ kali ini setirnya sudah di kanan, karena memang merupakan unit yang siap diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Di booth bisa ditemui Wuling Confero Standar, Confero S 1.5 C dan Confero S 1.5 L yang hadir dengan beberapa pilihan warna berbeda. Waktu pertama ketemu dulu, selain versi stock juga dipamerkan versi full accessories yang tampak ciamik.

Bulan Februari 2018 lalu Wuling hadirkan juga Wuling Cortez yang punya fitur lengkap dan bisa dikepoin juga di booth. Wuling Cortez mengisi segmen Medium MPV dilepas ke pasar otomotif dengan banderol Rp. 193,8 Juta. Dengan harga yang lebih tinggi, apa saja yang didapat? Nah simak nih penjelasan yang dikutip dari presentasi mas Arif selaku Product Planning Specialist Wuling Motors mengenai Plus Features dari produk Wuling ini.

Wuling Cortez punya fitur modern yang pasti bikin mupeng, lengkap banget. Punya sunroof elektrik (varian Cortez L), lampu DRL, Alloy Wheel, Sharkfin Antenna, Advanced 8″ Entertainment System dengan Navigation, Audio Steering Control, Electric Front Seat Adjuster (Cortez L), Modern Center Cluster Design with Auto AC dan yang sudah pasti manfaat yaitu soket charger USB di setiap baris tempat duduk tanpa perlu adaptor tambahan alias tinggal colok kabel saja. Asiik… Fitur anti bosan nih.

Secara teknologi juga canggih, selain dari sisi security sudah mengusung remote immobilizer yang kelebihannya bisa untuk membuka jendela dari luar untuk keadaan darurat, melihat dari sisi safety juga ada Rear Parking Camera yang otomatis akan menampilkan gambar pada display head unit 8″ begitu masuk mode parkir, ada Parking Sensor dan Elextric Parking Brake, sudah mengusung ABS, Electronic Stability Control, EBD mencegah mobil ngebuang ketika bermanuver, BA, Dual SRS Airbag, Hill Hold Control Automatic Vehicle Holding dan ISOFIX fitur safety untuk balita. Pantas lah Wuling Cortez mengusung tagline ‘The New Choice of MPV’ karena memang pilihan yang menggiurkan.

Alasan Wuling Motors masuk ke pasar Indonesia dengan MPV Wuling karena berdasarkan analisa dan survey yang dilakukan sebelumnya menunjukkan MPV memiliki peminat yang sangat besar dan potensial berkembang lebih besar lagi. Sejak tahun 1972 segmen MPV menjadi pilihan dan hingga saat ini menjadi model kendaraan yang paling banyak beredar di Indonesia karena keunggulannya bisa memuat lebih banyak penumpang dalam satu perjalanan sehingga penumpang bisa guyub bersama, seperti yang disampaikan mas Agung dari Kompascom. Dan nama Confero sendiri memiliki makna selaras dengan kenyamanan dan kebersamaan yang ditawarkan oleh MPV karena space yang lebih lega sehingga perjalanan jadi menyenangkan dan nyaman baik untuk anak maupun dewasa.

Dalam awal perkenalannya beberapa tahun lalu, PT. SGMW Motor Indonesia berjanji akan mendirikan pabrik untuk Wuling di Indonesia, yang mana saat ini sudah diwujudkan sejak peletakan batu pertama di 2015 dan diresmikan bulan Juli 2016 lalu. Ini sebenarnya bisa diterjemahkan sebagai bentuk komitmen jangka panjang sebagai produsen roda empat yang ingin serius melayani konsumennya di tanah air.

Wuling Motors memiliki pabrik di kawasan Delta Mas Cikarang yang tidak hanya sebagai tempat perakitan mobilnya saja, tetapi juga sekaligus lokasi supplier park yaitu pabrik untuk supplier parts dan komponen pendukung untuk membangun mobil ini. Dengan dibangunnya pabrik Wuling di tanah seluas 60 hektar ini sekaligus menciptakan sekitar 3.000 lapangan kerja untuk masyarakat lokal serta menjadi hulu dan hilir sebagai bentuk kontribusi kepada industri otomotif di tanah air. Jadi bisa dibilang Wuling Hadir di Indonesia Oleh Bagi dan Untuk Indonesia. Saat ini sudah ada 56 dealer dan targetnya bisa bertumbuh hingga 80 dealer di seluruh Indonesia dan sudah ada 6 leasing company di Indonesia yang siap mensupport Wuling Motors, salah satunya Wuling Insurrance yang diresmikan bulan Desember 2017 lalu. Selain itu membuktikan keseriusannya lagi, Wuling Motors memberikan garansi umum free maintenance 3 tahun dan garansi mesin serta kelistrikan 5 tahun seolah ingin membuktikan bahwa produk Wuling punya durabilitas tinggi.

Sebuah clue diberikan oleh mbak Dian sebelum mengakhiri sharing dan diskusi, dengan komitmen jangka panjang tadi tentunya tidak hanya segmen MPV saja yang bisa digarap, makanya nantikan produk baru Wuling Motors kedepannya. Wah… Asiik! Apa ya kira kira, LCGC 5 seat kah? Atau apa ya? Kepo deh hehehe…

Untuk detail spesifikasi dan harga masing masing model Confero dan Cortez akan dibuatkan artikel terpisah yaa… Biar tidak ketiduran bacanya masbray

Nah, buat kamu yang penasaran dan mau tau lebih dekat sama produk Wuling ini bisa hadir ke IIMS 2018 selama masa pameran berlangsung, temukan semua produk Wuling di booth Hall A dan jajal langsung mobilnya melalui test drive di arena yang sudah disediakan.

 

 

 

Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa mampir ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.