Advertisements

Drive Mode Pada Suzuki Satria F150 Beda Kerja Dengan Riding Mode Moge

Otoborn – Ada satu komentar sedikit menarik untuk dibahas ketika belum lama ini hingar bingar diaplikasikannya fitur Riding Mode pada Honda All New CBR250RR yang baru diperkenalkan oleh AHM beberapa waktu lalu masuk ke ranah media sosial.

Pada salah satu artikel yang pernah otoborn bagikan di media sosial, ada komentar mengatakan yang intinya Suzuki sudah lebih dahulu pasang fitur serupa di motor bebek underbone 4 tak nya, yang terkenal dengan julukan bebek terkencang Satria F150, bahkan sebelum versi berteknologi fuel injection.

baca juga: Spesifikasi Gahar Honda All New CBR250RR

Jadi fitur Riding Mode Selector yang biasanya diaplikasikan pada motor berkubikasi diatas 300cc keatas ini dibandingkan dengan fitur Drive Mode Suzuki atau Suzuki Drive Mode Switch.

Speedometer satria injeksi 2016

Baca juga: Honda CB250F Ikut Hadir Di Indonesia ?

Sebenarnya ada perbedaan sangat jelas pada kedua fitur yang dibandngkan tersebut. Fitur Riding Mode Selector pada Honda All New CBR250RR hubungannya dengan perubahan setting pada mapping ECU, dimana torsi dan akselerasi akan mengikuti mode yang dipilih.

Terbagi menjadi 3 mode, yaitu Comfort , Sport dan Sport+ akan menyesuaikan kebutuhan yang diberi batasan, mau menghadapi kondisi jalan yang bagaimana. Mau menghentak hentak seperti kuda dipecut atau kalem layaknya kucing diberi belaian sayang.

Jadi, yang dipengaruhi adalah ECU nya atau ‘motornya’.

new satria f150-macho bright blue-otoborn.com

Intip: Galeri Modifikasi Honda All New CBR150R Lihat Langsung Lebih Sangar

Secara keseluruhan, hadirnya fitur riding mode ini berhubungan langsung dengan perubahan akselerasi sepeda motor dan power yang dihasilkan seberapa cepat terkail.
Cmiiw.

Bagaimana dengan fitur Suzuki Driving Mode Switch?

Memang sama sama terbagi menjadi 3 mode, yakni Low, High dan Manual. Biasa juga disebut ECO Drive. Kalau pada versi karburator terbagi dalam ECO dan HIGH saja. Ditambah satu lagi yaitu mode Netral. Namun dari kedua fitur ini perbedaan besar ada pada ‘bagaimana fitur bekerja’.

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com 02

Tonton : Video Teaser Honda All New CBR250RR

Ketika mengaktifkan salah satu dari ketiga mode tersebut, yang dipengaruhi adalah ‘ridernya’. Dengan memilih mode Low, indikator yang tersedia di dashboard akan menyala berkedip ketika rpm menginjak 4500-5500 rpm.

Tujuannya agar rider yang menginginkan konsumsi bbm lebih ekonomis segera shifting gear. Bila mesin terus mengerung di putaran 5500 rpm maka indikator lampu akan terus menyala hingga rider aware dan mengoper gigi.

Versi SAC2016 | suzukimotorindonesia

Baca juga: Harga Motor Yamaha Plus Custom Cargloss Painting

Untuk mode High indikator mulai bekerja pada saat putaran mesin menginjak 9500 rpm. Tentu saja konsumsi bbm lebih boros dan power mesin pada rpm tersebut mendekati maksimal. Mode Manual rider bisa menentukan sendiri lampu indikator mau menyala pada rpm berapa, sesuai dengan kebutuhan rider. Mode Netral artinya tidak ada indikator lampu, kesadaran ridernya aja mau bagaimana gaya ridingnya.

Dalam penggunaan ketiga mode tersebut, kondisi mesin dan mapping ECU tidak berubah. Hanya perasaan saja mode High/PWR mesin menjadi lebih bertenaga daripada mode Low/ECO, karena memang semakin jauh limit rpm nya rider bisa lebih mengail tenaga mesin lebih banyak. Bandinginnya dengan mesin tidak digas atau rpm anteng di putaran paling rendah.

Baca juga: Modifikasi Adventuring TVS Apache RTR200

Semoga artikel ini menambah wawasan ya, dan cmiiw.

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com-03

———–

Keep Respect and Safety !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Modification”,”suzuki” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

3 thoughts on “Drive Mode Pada Suzuki Satria F150 Beda Kerja Dengan Riding Mode Moge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: