All New CB150R Part II : Cari Perhatian Tampil Beda

Otoborn – Gegara masalah ngga sinkron antara web browser pc dan web browser hape kemarin, yang bikin hatiku hancur… (wakwaw..) , begitu dicek kok beberapa artikel yang rasanya sudah pernah publish malah nangkring di draft ?! Ini salah satunya. Susunan artikel pun agak aneh, terutama untuk artikel berseri seperti yang Part II ini, hilang dari published dan jadinya yang tampil hanya All New CB150R part I review otoborn ngajakin masuk angin dan All New CB150R part III review otoborn its a great runner. Uannehh…

Ya sudah dipublish ulang, tanpa merubah isinya…sy biarkan seperti sebelumnya. Jadi aslinya artikel ini terbit 25 September 2015 lalu. Mari kembali ke masa lalu.. hehehe…


All New CB150R Part II : Cari Perhatian Tampil Beda

Otoborn – Honda cari perhatian lewat duo DOHC yang dilaunching awal Agustus 2015 silam. Sebagai sport anyar, kudunya lebih baik dari versi lawas.. baik itu secara visual atau performa kalo ngga mau dibilang inferior dibanding pendahulunya. Apalagi mengusung misi mematahkan dominasi kompetitor.

Kesempatan riding salah satunya yaitu All New CB150R datang dua pekan lalu, (suwun Pak Ari dan Mas Lisun supportnya) dan saya pun mencoba memahami si jagoan baru Honda ini.
image

Kelihatannya..
Dari yang bisa dipahami secara visual, honda jelas banget cari perhatian disini. Meski masih ada kesan mbulet mbulet, desain dibuat selancip lancip mungkin. Berusaha melepas kesan ‘mongtornya bapak bapak nganter emak ke pasar’ hehe..kali ini pasar anak muda gaul harus dijerat.
image

Desain headlamp dengan garis tegas, konde yang dicepak, dan sein mungil mampu bikin kesan sporty.
image

View dashboard yang sudah mengusung full digital juga dibuat simple, mungil namun lumayan padat fiturnya. Butuh sedikit adaptasi bagi yang terbiasa dengan speedometer besar dan analog, karna saking mungilnya dan posisi yang agak kebawah, perlu agak ngotot kedepan supaya semua jelas terpampang..setidaknya untuk rider mungil macam sy hehe..
image

Area fuel tank terlihat lebih baik, dengan shutter key kini nempel disana dengan fuel cap roto ngga njendhol alias rata mirip sama punya tetangga sayah menunjang penampilan.

Desain shroud sedikit beda, namun banyak yang bilang sisi ini yang mbikin kecewa, masih ada kesan versi old disana. Dilihat lagi, sasis trussframe sedikit lebih diekspose disini. Dan hadirnya link antara sasis dan mesin, lumayan membantu penampilan disamping fungsinya meredam getaran mesin ke sasis. Selain shroud, footpeg boncenger juga dikritik, banyak yang berharap modelnya bukan selasan sama sasis. Bagian area mesin ajaib, bisa tembus pandang loh..hehe..

image

Jok agak berundak meskipun masih desain double. Lumayan asoy buat dibawa boncengan sama ayank.. hehe..

Buritan ini yang benar benar beda. Stoplamp lebih fresh, di buritan meruncing kesan sporti didapat. Spakbor belakang tampaknya didesain agar mudah dibongkar pasang, agar modifikasi area ini ngga merusak part asli dan bisa eksplorasi lebih sesuka hati.

Area kaki tidak secungkring versi lawas, dengan diameter tetap 17″ ( ada yg ngarep diameter 19″? Hehe..) dengan karet bundar lebih besar lumayan sukses dongkrak penampilan, disamping berpengaruh positif untuk handling di tikungan.
honda all new cb150r review otoborn 1

Katanya Fiturnya Jempolan ?
Ya bicara soal fitur yang diunggulkan, memang saat ini dikelasnya fitur full led dikombinasikan dengan speedometer full digital belum ada lawan seimbang. Untuk sport naked 150cc DOHC tingkat percepatan 6 speed juga belum dijabani sama kompetitor terdekat..belum loh ya..belum.. hehe..

Salah satu yang ngga diakomodir di speedometer yaitu absennya indikator posisi gigi. Dan yang hilang dari fitur umum di sport bike yaitu, engine stop dan dim switch, ngga bakal ketemu di mongtor ini. Alasan dari yang bikin, tidak diprioritaskan karena kejar performa dan agar secara value bisa bersaing dengan kompetitor terdekat. Denger denger sih ya.

.

Rasanya Gimana ?
Nah, sesi test yang dilakukan malam hari, jadi kesempatan pas buat eksplorasi kemampuan led menerabas kegelapan.. sengaja dicari lokasi yang benar benar gelap gulita menggelinjang.
Rute yang dicari yang memiliki banyak polisi (nantangin) tiduran alias poldur, minim cahaya, dan agak luas tapi sepi supaya bisa liak liuk bebas.

Ketika engine start deru mesin halus terdengar, lebih mbulet dari suara matic NMax yang ikut mendampingi ketika itu. Limit rpm memang memaksa mesin meraung di kisaran 10000 rpm.

Dinaiki oleh saya yang postur imut ini, agak jinjit tapi masih nyaman rasanya. Jangkauan tangan ke stang masih nyaman.
Tuas gigi empuk bener, nyaris ngga ceklek. Ngga bikin engsel kaki kram. Dan dibawa diputaran bawah, mesin berasa padat, ga sabaran mau minta oper gigi mulu. Karena yg sy coba pahami sisi nyamannya, bukan soal ngacir ato mereng2 di tikungan, jadi ya sebisa mungkin bawa ala kondisi harian ala bapak bapak gaul aja hehe..
Dibawa zigzag kecil seolah selap selip dikemacetan enteng kok, diatas pasir ketolong karena putaran bawah ngisi. Yah test seperlunya, berhububg cuma tester abal abal jadi ngga perlu lah sampe top speed ato mereng2 sikut nempel aspal.. ahhaayy…
Redaman sok rasanya medium, ngga empuk ngga keras.. hajar speed trap dan werengbobok poldur masih aman.

.
Silau Meennn….
Fitur led light memang menjadi unggulan, full dari headlamp, sein, hingga stoplamp semua led. Gelap pekat bener bener ketolong sama sinar lednya. Dari jarak 80 meter pun sorot low beamnya sangat menyilaukan mata, ini yang bikin kuatir kalo rider dari arah berlawanan ngga siap pelotot pelototan malah bisa panik. Gimana high beam? Ngga percaya buktikan sendiri ya.

Sy sendiri awalnya cukup yakin area test yang gelap gulita itu sepi, kosong dan hanya suara jangkrik yang bernyanyi dengan merdu.. Namun ketika meliuk liuk dan memperhatikan sorot lampu, ternyata ohh ternyata… Jangkriknya gede gede.. ada yang jenggotan ada yang kinyis kinyis.. banyak lagii.. dipojok pojok sepanjang area test… Ahhaaayyy….
honda all new cb150r review otoborn 2

honda all new cb150r review otoborn 3

Saking silaunya, dengan sopan di akhir video pun saya ditegor untuk menyudahi test disana ..
‘maaf pak.. soalnya sy lagi asik nih main jangkrik.. nanti kalo ditelpon atasan sy ngga bisa asik lagi pak..’ hehehe

Silahkan cek bagian akhir video ini..

Simak video All New CB150R Night Vision Otoborn Review yang otoborn reshare kembali disini.

Video ini juga bisa disaksikan dari aplikasi YouTube di smartphone anda. Silahkan klik All New CB150R Night Vision Otoborn


Baca baca juga ya artikel menarik lainnya..

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

2 pemikiran pada “All New CB150R Part II : Cari Perhatian Tampil Beda

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s