Belum lama ini, tepatnya tanggal 14 Maret 2022 lalu, rombongan pebalap MotoGP datang ke Istana Merdeka Jakarta markasnya Presiden Republik Indonesia. Kabarnya ini sebagai apresiasi dari Dorna kepada negeri kebanggaan kita ini, yang kembali menjadi penghelat ajang balap MotoGP setelah terakhir kali 25 tahun lalu pentas raja raja balap ini diadakan di tanah air. Pebalap andalan Indonesia dan pebalap pebalap populer di MotoGP yang aktif membalap di musim ini memenuhi undangan Presiden berbagi rasa damai di tanah air, sebelum kembali memacu adrenalin di lintasan Mandalika International Circuit, Lombok akhir pekan nanti.

Para pebalap pun menjalani serangkaian kegiatan diantaranya parade bertema Pertamina Grand Prix of Indonesia: Energy To Speed Up lengkap dengan wearpack balap yang akan dipakai selama membalap nanti.

Yang menarik, jika mayoritas pebalap menggeber motor gede superbike, justru pebalap dari tim Suzuki Ecstar MotoGP yakni Joan Mir dan Alex Rins hanya ditemani motor berkapasitas 250cc Suzuki  Gixxer SF 250 yang awal tahun ini dipasarkan di tanah air.

Memang bukan satu satunya kendaraan bukan moge yang ikutan parade di barisan depan, ada juga CBR 250RR dan skutik ADV 150 dari Honda yang dinaiki oleh kru dari Dorna… Tapi tetap sebagai pebalap MotoGP jauh jauh datang ke tanah air rela naik Suzuki Gixxer SF250 sementara rekan rekan lainnya naik moge, menjadi sesuatu yang sensasional.

Nah, motor Suzuki Gixxer SF250 ini sendiri lebih dahulu mengaspal di India, negara yang juga mirip seperti di Indonesia dimana masih banyak menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan andalan sehari hari. Dibandingkan dengan yang dipasarkan di tanah air, secara desain nyaris tidak ada perbedaan, karena memang motor ini didatangkan dari India. Hanya saja, karena sari guard yang di negara asalnya motor ini digunakan untuk pelindung atau pencegah kain sari (perlengkapan pakaian tradisi di India) tersangkut di roda belakang sedangkan di Indonesia bisa dibilang butuh tidak butuh, jadi untuk pasar Indonesia tidak disediakan.

Motor ini sendiri punya desain yang menurut pandangan pribadi cukup gagah. Dengan balutan full fairing, ditambah livery tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022 dan dinaiki oleh dua pebalapnya langsung, semakin jelas aura kompetisi dari motor ini. Namun, ada catatan bagi yang penasaran, sejatinya kuda besi yang menggendong mesin 4 langkah berkubikasi 249 cm³ ini dilahirkan tidak untuk menjadi kompetitor. Meskipun memiliki mesin yang mumpuni, Gixxer SF250 tidak bisa dibenturkan dengan rekan rekan sekelasnya yang kebanyakan sudah mengusung mesin twin-cylinder atau lebih.

Dapur pacunya single-cylinder alias SOHC, namun khas sekali dengan motor Suzuki lainnya yang punya karakter overbore. Bore x Stroke : 76 mm x 54,9 mm.  mengadopsi sistem pendingin Oil Cooling. Bukan radiator? Yup, bukan. Bukan pendingin cairan melainkan oli. Ada keunggulan dari sistem pendingin yang banyak dipakai oleh sepeda motor dan roda empat di masa lalu, dimana perawatan lebih simple dan tidak terlalu banyak perangkat pendukungnya seperti kipas dan sensor termostat. Sehingga bisa saja lebih murah juga dibandingkan dengan sistem pendinginan radiator.

Jika pada radiator diperlukan cairan khusus yaitu coolant yang disirkulasikan ke dalam mesin untuk membantu menurunkan suhu mesin, pada sistem oil cooler memanfaatkan oli yang ada pada mesin untuk di sirkulasikan ke kisi kisi pendinginnya dan dikembalikan ke mesin. Oli yang didinginkan tadi bisa membantu menjaga suhu mesin agar tetap dibatas wajar. Soal kekurangan dan kelebihan sistem pendingin ini, akan lebih asik dibahas terpisah ya..

Kembali ke Gixxer SF250, motor andalan Suzuki di kelas 250cc ini punya fitur yang tidak kalah dengan produk pabrikan lain di kelas cc yang sama. Sebut saja headlight LED, full digital panel speedometer, ban gambot berukuran 110/70 untuk depan dan 160/50 belakang. Pemanis di area ban belakang belum ada motor sekelasnya yang mengaplikasikan, yakni mud guard. Bukan sekedar pemanis, namun juga fungsional. Jika diperhatikan, end muffler motor ini tampil beda, dengan dua lubang yang di cover kelir stainless berdesain cantik seolah menyamarkan mesin single cylindernya. Oh iya… Suzuki Gixxer SF250 sudah dibekali pengabut bahan bakar injeksi, motor ngebut ini bisa dipertanggung jawabkan konsumsi bbm nya nih.

Suzuki Indomobil Sales selaku ATPM Suzuki membanderol motor 250 cc keren ini tidak sampai 50 juta loh, selisih sedikit saja yaitu Rp.49.300.000,- sudah On The Road (OTR) Jakarta. Menjadikan Suzuki Gixxer SF250 motor fairing dengan harga yang terjangkau.

Nah, supaya lebih asik, silahkan intip tabel berikut…

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.