Generasi terbaru skutik retro modern fashionable Honda Genio terlahir tanggal 14 Maret 2022 ini. Dan seperti seniornya, Honda Scoopy, skutik ini ikutan mengaplikasikan velg ban berukuran 12 inci… Lebih lebar dan gambot dari Genio versi sebelumnya.

Lantas, bagaimana dengan nasib Scoopy nantinya?

Sedikit membanding bandingkan nih, meskipun mengusung tema desain yang senada, rupanya kedua model skutik ini diposisikan pada level pengguna yang berbeda. Segmen pasarnya pun sedikit berbeda.

Honda Scoopy velg 12 inci, terlahir 2 tahun lebih dahulu dari Genio generasi pertama, ditempatkan pada segmen konsumen Menengah Atas (mid end), sedangkan New Genio 2022 velg 12 inci lebih menyasar kepada konsumen entry level. Meskipun spesifikasi dasar keduanya adalah sama.

Banyak perbedaan pada kekayaan fitur fiturnya (yang jika dibandingkan nanti seolah seperti membeli Burger di restoran fastfood ternama VS burger karya abang abang pkl di sekolah dasar). Menurut Astra Honda Motor (AHM) selaku induk semang keduanya, secara otomatis hal tersebut memisahkan sendiri segmen pasar keduanya, tidak akan saling menggerus.

Keduanya mengadopsi teknologi yang nyaris identik, standar minimum untuk skutik Honda sudah punya fitur seperti teknologi mesin eSP dengan PGM-Fi, SOHC 110cc dan ditunjang oleh ACG starter yang membuat suara start elektrik nyaris tidak terdengar. Sudah bye bye yang namanya teknologo lawas starter bletak dor! Keduanya juga ada pilihan fitur ISS. Disinyalir dan diyakini yang tadi itu menyumbangkan klaim irit bahan bakar. Tanki bbm keduanya muat bensin sebanyak 4,2 Liter. Kapasitas oli sama sama 650 ml alias 0,65 Liter

Pengereman Combi Brake System (CBS) juga tersedia di kedua skutik andalan Honda di tanah air untuk style desain retro modern fashionable ini. Ada juga parking brake lock, lebih aman fan bebas dari waswas di pemberhentian sesaat seperti persimpangan lampu merah, atau lainnya.

Penerangan utama alias headlight keduanya sudah mengusung lampu tipe LED, lebih hemat baterai alias aki motor. Speedometernya nih, keduanya hybrid, perpaduan antara digital dan analog.

Dan yang diupdate pada model Genio terbaru ini membuat keduanya sama sama punya velg roda 12 inci, ban lebih lebar pastinya. Ukuran depan 100/90 dan belakang 110/90, sama sama tubeless. Diikuti dengan desain spakbor yang juga sama sama besar, namun komposisinya masih masuk secara estetis maupun fungsionalis. Selain kaki kaki tadi, fitur tambahan di Genio 2022 ada outlet power untuk charge smartphone kesayangan.

Tapi.. Lebih banyak lagi fitur yang tidak dimiliki pada Honda Genio 2022 justru ada di Honda Scoopy, yang menegaskan perbedaan segmen atau kelas keduanya. Diantaranya, secara kasat mata yaitu kehadiran smart key alias keyless ada di Scoopy dan tidak ada di New Genio 2022. Meskipun fitur ini hanya dimiliki oleh barian tertingginya.

Smart key pada Honda New Scoopy 2022

Kendati demikian, meskipun pada New Genio 2022 dan Scoopy yang lebih ekonomis masih menggunakan anak kunci biasa, bagian ini tetap sudah memiliki standar keamanan yang tinggi dengan magnetic keylock, dan sama sama memudahkan untuk membuka jok dapat diakses dari tombol yang disediakan satu tempat dengan rumah kuncinya.

Pada Honda Genio 2022, panelmeter pada stang lebih kelihatan classy modern, full digital dengan desain membulat sempurna dengan informasi disajikan pada bidang persegi panjang dan secara keseluruhan tampak simple. Namun Scoopy yang memadukan analog dengan digital di panelmeternya tampak lebih kental dan mengena kesan retro modernnya.

Rak depan atau kompartemen untuk Scoopy jauh lebih lega, masih aman memasukkan smartphone di dalam rak yang diberi tutup laci saat ngecas. Tidak hanya smartphone yang masuk, sarung tangan, kacamata stylish, dompet dan bedak juga bisa dipaksa masuk. Hehehe… Sedangkan penutup laci New Genio 2022 bisa dibilang hanya cukup untuk melindungi area power outlet saja.

Kompartemen dan Power outlet New Scoopy

Pun demikian, area kompartemen atau rak di sisi kiri, diluar laci, masih cukup luas untuk menaruh benda benda serupa tadi. Di luar laci loh ya.. Area terbuka yang tidak menjanjikan keamanannya kalau yang ditaruh adalah barang barang berharga. Bagasi di bawah jok lebih bisa diandalkan, karena cukup luas meskipun belum helm in dan volumenya 1,4 liter lebih kecil dari Scoopy yang kapasitasnya 15,4 liter.

Bagasi New Genio 2022
Bagasi New Scoopy 2022

Ada juga fitur yang tidak dimiliki Scoopy namun justru di Honda Genio 2022 masih tersemat. Jika pada Scoopy varian smartkey full mengandalkan electric starter dari permainan jempol tangan kanan, semua varian New Genio 2022 masih ada Kick Starter untuk mengengkol mesin eSP 110 cc nya jika kelak mengalami kendala mesin sulit hidup. Bukan berarti ini merupakan kekurangan loh yaa… Justru menjadi kelebihan masing masing. Yang satu kelebihan di engkolan, yang satunya lagi lebih pede tanpa engkolan.

Untuk yang paling mencolok, jelas di harganya. Jika Scoopy bermain di angka yang lebih tinggi yaitu mulai Rp. 20.475.000,- untuk barian termurahnya, Honda Genio 2022 bisa diboyong dengan harga mulai Rp.18.050.000,- atau 18 jutaan.

Oh iya, secara dimensi Honda New Genio 2022 lebih lebar dan lebih tinggi, namun secara bobot masih lebih ringan Scoopy.

Sisanya, benar benar selera yang menentukan. ‘Selera adalah dewa’. Jika memang harus ditarungkan… Bukan tidak mungkin dengan harga lebih terjangkau Honda Genio 2022 lebih diminati karena selera desain biasanya tidak bisa dikompromikan. Segudang fitur pun bisa dinomor duakan. Tapi kalau selera sudah dipadukan dengan mengutamakan fitur, dan menomor duakan harga, jelas lebih memungkinkan Scoopy bisa lebih diminati. Kalau Anda pilih yang mana?

Yah intinya, seperti kata AHM, tidak perlu mengkhawatirkan hadirnya New Genio 2022 akan menggerus pasar Scoopy. Dengan beberapa alasan tadi, bisa dibilang tidak perlu strategi khusus untuk pencegahan. Tinggal, bagaimana memasarkannya agar bisa lebih mendongkrak angka penjualannya saja.

Untuk spesifikasi resmi masing masing bisa disimak tabel di bawah ini.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.