Dalam beberapa bulan terakhir, yang ramai menjadi pemberitaan yaitu sirkuit baru Mandalika yang berlokasi di Lombok. Memang sirkuit baru yang dibangun dalam waktu cukup singkat dan langsung menghelat balapan kelas dunia World Superbike Championship ini punya pesona yang tidak bisa dibilang biasa.

Pemerintah Indonesia di era Presiden Jokowi mendukung penuh pembangunan sirkuit ini, jor joran lah. Sirkuit yang eksotik ini dipersiapkan secara serius dan matang dengan modal yang tidak sedikit untuk menjadi salah satu magnet pendapatan negeri serta menjadi dongkrak raksasa ekonomi di sekitar tentunya.

Menggandeng perancang professional yang telah menyelesaikan banyak sirkuit kelas dunia yang juga menggelar event balap world class seperti WSBK dan MotoGP serta event lainnya. Dan saat ini terwujud sudah sebagian keinginan pecinta ajang balap dunia untuk bisa menyaksikan pebalap idolanya beraksi di negeri pertiwi ini.

Apa kabar Sentul International Circuit alias Sirkuit Sentul?

Masih ingat ketika pebalap legenda MotoGP bernomor 46 Valentino Rossi menjadi juara di sirkuit ini 25 tahun silam? Masyarakat Indonesia boleh berbangga karena negerinya menjadi bagian dalam perjalanan karir pebalap yang baru saja pensiun tahun 2021 ini. Meskipun fans the Doctor tidak akan bisa menyaksikan aksinya sebagai pebalap MotoGP lagi ketika akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan rumah mulai tahun 2022 nanti. Sirkuit Internasional Sentul yang dikelola oleh Komisaris dan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Tinton Soeprapto ini menjadi saksi sejarah.

Kabar terbaru, gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan merombak sirkuit Sentul Bogor agar dapat kembali menjadi tuan rumah untuk lebih banyak ajang balap kelas Internasional seperti F1, MotoGP dan lainnya. Di sampaikan di sirkuit Sentul, di sela sela momen closing ceremony gelaran Kejuaraan Nasional Otomotif Piala Presiden RI yang pertama kali sejak Indonesia merdeka, bahwa Jawa Barat akan bekerja sama dengan IMI yang dipunggawai oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo untuk melakukan pengembangan West Java Sentul International Circuit.

Ridwan Kamil, Tinton Soeprapto, Bambang Soesatyo

Asiknya… Nantinya, kawasan Sentul akan menjadi pusat Sport Automotive Tourism dan pusat modifikasi otomotif di Indonesia. Bakalan seru ini, dan jika benar terwujud akan bisa mendongkrak perekonomian daerah dan sekitarnya. Pastinya inilah yang menjadi salah satu goal nya bukan?

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.