O to Born ~ Masbray, beberapa waktu lalu otoborn sempat geber motor andalan Honda di kelas naked sport entry level150cc. Ngga cuma melibas rute perkotaan, tapi juga diajak jalan agak jauh melewati berbagai bentuk alas ban, mulai aspal mulus, bergerinjel, bolong kaya jerawat, tanah dan bebatuan… semua ditrabas dalam kesempatan touring bareng rekan rekan Dgujubar, vlogger Bandung dan komunitas solid Honda Verza Riders Bandung. Honda CB150 Verza : Motor Pekerja Yang Nyaman di Aspal Kota Gimana Kalo Dibawa Touring ?

Ergonomi Sahabat Segala Usia

Honda CB150 Verza mewarisi ergonomi generasi sebelumnya, yakni dengan posisi riding tegak dan santai namun ngga kaku alias rileks. Segitiga ergonomi terasa nyaman dan langsung ‘plek’ sama otoborn yang punya postur ngga tinggi dan ngga besar ini. Stang punya sudut yang pas, ketinggiannya dan lebar stang rasanya udah cukup menyumbangkan rasa menyatu dengan handling. Posisi kaki nyaman bertengger, dengan TB 160an cm otoborn sedikit jinjit dan ngga ada yang namanya ketinggian motor berkurang ketika diduduki karena emang BB cuma 43an cm.

Ergonomi ini, imho cocok untuk bikers segala usia. Mau pelajar, pekerja keras, maupun penderita encok dengan tulang tua masih bisa merasa nyaman deh sepertinya. Jok model tandem didukung busa yang medium dan kulit jok hangat rasanya bisa diandalkan buat riding jarak dekat maupun jauh. Benarkah demikian? Nah makanya bersyukur banget dalam kesempatan ini bisa ngerasain sendiri riding jarak agak jauhan, touring naik Honda CB150 Verza jelajah Bandung Selatan.

Gass… Harmoni Mesin dan Muffler Bikin Sensasi Riding Berbeda

Start engine button ditekan, tidak butuh waktu lama mesin langsung hidup. Terdengar alunan khas suara mesin Verza series dan sangat harmonis di telinga ketika berpadu dengan suara yang keluar dari muffler standarnya. Honda berhasil membawa aura motor penjelajah kedalam suara khas Verza ini. Bendera diangkat, dan rombongan touring berangkat dari markas DAM melintasi jalur perkotaan, aspal mulus di kota Bandung. Disini, Honda CB150 Verza terasa juara, dikepadatan lalu lintas kota ngga kedodoran. Denger dentuman kalem suaranya berasa riding keroyokan ini berada satu level diatas pengendara lain dengan motor yang berbeda. Bulet yang klasik lah pokoknya.

Nyaman didengar, berpengaruh kepada kenyamanan riding, rasanya jadi pede dan asik riding diatasnya. Motor ini asik banget diajak selap selip dikepadatan lalu lintas kota Bandung. Gesit, lincah, dan terasa nyaman dikendarai. Emang juara ya di perkotaan. Ngga perlu mesin superior buat taklukin medan aspal padat kaya begini, dengan mesin 4 tak tipe SOHC 150cc yang dilengkapi 6 percepatan dan sistem pendingin udara, Honda CB150 Verza lebih dari cukup. Intinya, buat seorang rider pekerja keras yang sering wara wiri di kota, ecess lah naik motor ini.

Hmmm… belum… potensinya masihbisa dieksplor lebih jauh. Dan, touring yang kali ini dibarengin sama CRF series  bisa dimanfaatkan untuk menggali lagi lebih dalam.

 

Diajak Ngetril Bareng CRF Gimana ? Cemen ah…

Beneran, Honda CB150 Verza melintasi rute yang sama dengan Honda CRF 250 Rally dan CRF 150L, medan jalan rusak, gergerinjel, tanah dan bebatuan… edan… Bukan cuma jalan mulus menanjak ya, jalan an yang ngga pernah dibayangin sebelumnya yakni perkebunan kopi Malaya, rute Ciwidey Pandanyaan, hingga ke villa Alkatiri, bukan rute sahabat Verza. Tapi nyatanya bejaban masbray.

Fokus pada suspensi, ajrutan bermain sangat baik meredam guncangan yang bukan sesekali alias setiap saat harus diladeni suspensi bawaan CB150 Verza ini. Ban standar IRC dengan lingar velg 17″ bisa diandelin melindas jalanan berpasir dan berbatuan. Kombinasi tersebut dipadukan dengan ergonomi dan handling stang yang nyaman, tetap membuat rider sigap melibas medan asikini.

Wajar kalo melihat mereka yang menari nari dengan CRF series tampak tangguh dan santai aja sepanjang rute perjalanan, namun rasanya asik banget melibas medan ini sama Honda Verza terbaru dari Honda yang sekarang pake lampu bulat ini.

Diluar dugaan, selesai melibas rute sahabat trail tersebut, ngga berasa lelah bray. Ngga berasa kesemutan, pegel, alias biasa aja gitu. Wah demen banget naik ni motor. O iya, baik CB150 Verza maupun CRF punya karakter mesin mirip, makanya asik aja melibas medan beginian. Coba sendiri deh naik CB150 Verza biar yakin. belum tentu pada mau ajak motor kesayangan libas jalur offroad makanannya CRF ya kan? Ngga berani ? Cemen ah… hehehe

 

Manuver Asik Di Jalur Mendaki Rancabali

Minggu pagi ketika berniat hunting foto ke Rancabali, otoborn terpisah dari rekan rekan blogger lain. Riding sendirian nyusul naik motor ini berbekal GPS alias gunakan penduduk sekitar, menuju spot puncak Rancabali. Jalur aspal mulus dengan rutenya meliak liuk penuh tikungan, asiknya CB150 Verza bejaban dan berasa enteng mendaki dengan lincah menuruti tuntutan medan berliku, manuver rasanya asik bray. Gass sejadi jadinya ketika menanjak, ngga ngotot melainkan tipis tipis aja motor ini bisa diandalkan. Suka banget sama sensasinya.

Sudah sampe puncaknya, ngga bisa nolak hasrat mata, pemandangan yang bener bener mempesona. Pemandangan hijau perkebunan teh, bikin tangan kendorin gas dan lebih nafsu menikmati keindahan alam Bandung ini. Rasanya udah cukup bermain main dengan motor ini, saatnya memanjakan hidup di lokasi yang menyejukkan mata dengan menghirup udara segar… sambil ngebayangin balik pengalaman hari sebelumnya melibas medan yang ngga biasa buat otoborn yang aktifitasnya banyak di kota.

Selepas hunting foto, balik ke villa menikmati rute menurun yang meliuk liuk pasti, dan performa pengereman, ban dan suspensi yang terbukti handal bikin riding tetap aman dan nyaman sampai villa dengan selamat.

 

Jadi Gimana ?

Honda udah membangun motor yang tepat di kelasnya, dengan harga paling murah untuk motor batangan keluaran Jepang bermesin 150cc, punya ergonomi juara dan desain juga ngga norak serta enak dipandang, siapa aja bisa nge-blend alias cocok sama ini motor. Pengalaman berharga riding bareng Honda CB150 Verza, touring yang asyik bray. Terbukti, CB150 Verza ngga cuma jagoan di perkotaan, dibawa touring bejaban dan ngga cepat lelah. Jujur bray, rasanya masih kurang jauh ridingnya kalo naik CB150 Verza bisa nyaman begini… hehehe. Semoga ada kesempatan lain, abis bikin ketagihan siih…

O iya, ini berdasarkan pengalaman pribadi, beda rider bisa beda rasanya. Tapi pasti sama asiknya bray. Kalo ngga percaya yaa silahkan jajal sendiri yaaa….

 

 

———–

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga informasinya bermanfaat

Jangan lupa mampir juga ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.