Pengalaman Renogram Ginjal di RSCM

Pengalaman Renogram Ginjal di RSCM

O to Born ~ Beberapa bulan lalu sempat cerita mengenai tindakan pengecekan fungsi ginjal dengan metode renogram yang memanfaatkan isotop nuklir yang juga dijalani oleh bapak. Cek artikelnya di link berikut

Pemeriksaan Renogram, Isotop Nuklir Untuk Deteksi Gangguan Fungsi Ginjal

Kali ini cerita hasilnya sekalian menjawab pertanyaan dari pembaca soal lokasi tindakan medis, dan agar artikel sebelumnya tadi tidak jadi membingungkan, saya update di artikel ini ya.

9/19/17, 9:19:38 AM: ‪+62 815‑8656‑x‬: Halo mas ramadhi, salam kenal

9/19/17, 9:19:51 AM: ‪+62 815‑8656‑x‬: Saya baca tulisan anda di https://www.google.co.id/amp/s/otoborn.com/2017/07/29/pemeriksaan-renogram-isotop-nuklir-untuk-deteksi-gangguan-fungsi-ginjal/amp/

9/19/17, 9:20:21 AM: ‪+62 815‑8656‑x‬: Disitu ditulis ayahnya melakukan pwneriksaan dgn renogram di rs antam?

9/19/17, 9:21:04 AM: ‪+62 815‑8656‑x‬: Tp saya tlp ke rs antam pulogadung, cs blg ga ada. Saya cek web nya juga ga ada.

9/19/17, 9:21:36 AM: ‪+62 815‑8656‑x‬: Blh diinfo ayahnya dulu periksa dmn? Krn bapak saya juga bth pemeriksaan yg sama.

9/19/17, 9:21:38 AM: ‪+62 815‑8656‑x‬: Tks

Penyakit Autoimmune Sistem Kekebalan Tubuh Justru Menyakiti Diri Sendiri

Pertanyaan ini dan yang serupa lain sudah dijawab via pm. Namun lebih baik ada klarifikasinya di blog yang sedang koma ini hehehe.

Karena di artikel terdahulu mengenai renogram saya tidak bisa menambahkan tulisan untuk klarifikasinya, jadi melalui artikel ini semoga bisa menjelaskan lebih baik.

Baik, memang dari tulisan otoborn di artikel tersebut dikatakan bapak akan menjalani renogram, dan bapak dirawat di RS Antam Medika Pulogadung. Namun ternyata untuk tindakan operasi dan tindakan renogram dilakukan di rumah sakit lain.

Pertimbangan alat medis dan tim dokter yang menangani pengobatan bapak, untuk renogram dilakukan di RS Ciptomangunkusumo (RSCM). Dan tindakan operasi paska hasil renogram keluar seperti PCNL dan operasi bedah besar dilakukan di RS Columbia Kayu Putih.

Sedikit flashback, pengecekan fungsi ginjal dengan renogram ini dilakukan untuk memastikan ginjal kiri bapak yang punya batu besar banget nyaris seukuran ginjalnya sendiri itu masih berfungsi atau tidak, karena untuk usia bapak yang sudah sepuh tindakan operasi sangat berresiko, ditambah adanya infeksi di ginjal yang resikonya bisa mengkontaminasi darah apabila dilakukan pembedahan.

Apabila hasilnya ditemukan ginjal sudah tidak berfungsi, maka opsinya ginjal diangkat, lebih meminimalisir resiko penyebaran infeksi.

Hasilnya? Ternyata ginjal bapak berfungsi normal bahkan lebih baik dari ginjal sebelahnya. ‘Hanya’ ada batu besar yang terus membuat infeksi di ginjal.

Akhirnya, diputuskan ginjal tetap dipertahankan dan dalam waktu dekat setelah hasil ini keluar akan dilakukan tindakan operasi. Namun sebelumnya harus menyembuhkan infeksinya dulu dengan antibiotik dosis tinggi selama beberapa minggu. Sebelumnya bapak sudah melakoni ESWL benerapa tahun dan hanya berhasil membersihkan sebelah ginjalnya dan sedikit di ginjal yang ini. Karena sudah tidak bisa diandalkan, maka tindakan bedah jadi opsi berikutnya.

Update lebih lanjut akan diceritakan pada artikel terkait mengenai beberapa metode mengeluarkan batu dari ginjal yaks…

Untuk rumah sakit mana aja yang terdata bisa melakukan tindakan renogram silahkan kembali lihat artikel tadi ya.

Semoga membantu dan bermanfaat.

~ Keep Respect n Safety!

Regards,

Ramadhi H

otoborn.com

email (private): ramadhi.harimurti@gmail.com

email (official): otoborn@gmail.com

facebook: ramadhi.harimurti | page: @otobornblog

twitter: ramadhi harimurti | @otoborn

instagram: otoborn

youtube: otoborn

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s