Metode ESWL Meluruhkan Batu Ginjal Minim Resiko

Metode ESWL Meluruhkan Batu Ginjal Minim Resiko

O to Born ~ Ginjal merupakan organ vital yang kerjaannya bikin batu, memang secara normal dan alami proses pembentukan batu pada ginjal itu terjadi.

Rekan biker autolover sedulur satuaspal, jangan lupa minum, jangan lupa kencing, jangan lupakan kesehatan ginjal. Bokap di usianya yang ke 76 akhirnya berhasil dibujuk dan dokter ambil resiko besar mengeluarkan batu keras ini dari salah satu ginjalnya. Setelah upaya eswl bertahun tahun, dan pcnl kemarin tidak sukses menghancurkan batu ini (sebesar ginjal itu sendirioperasi besar jadi opsi final.( Puluhan tahun bokap minumnya mineral dan menghindari minuman berwarna apapun, tapi nyatanya ginjal menjalankan pekerjaannya produksi batu sampai sebesar itu. Apalagi kalau kita kids jaman now rajin minum yang berwarna dan sering nahan kencing. Punya passion riding jangan lupa tetap sehat. Thanks udah mampir ke bio n channel YouTube otoborn https://otoborn.com #otoborn #ginjal #batuginjal #operasi #operasibesar #kesehatan #eswl #pcnl

Tentang Batu Ginjal

Batu yang terbentuk awalnya berukuran sangat kecil sekali, seperti butiran debu atau pasir. Namun batu yang merupakan endapan mineral tersebut bisa semakin banyak atau menebal kalau pemilik organ ginjal tersebut ngga memperhatikan gaya hidup atau kebiasaan yang buruk efeknya buat ginjal.

Pemeriksaan Renogram, Isotop Nuklir Untuk Deteksi Gangguan Fungsi Ginjal

Kalau ukuran batu masih kecil, mungkin akan dengan mudah luruh dan keluar dari saluran kencing bersama si pipis, utamanya jika dibantu dengan jenis obat tertentu seperti misalnya Batugin syrop.

Yang biasanya jadi masalah, kalau ukuran batunya agak besar serta kekerasannya lumayan bandel, bikin obat peluruh tadi gagal juara. Apalagi kalau si batu sudah mulai membuat nyeri, infeksi dan ketidak nyamanan lain bagi penderitanya.

Ngga asik pokoknya.

DIY: Coba Atasi Sendiri Masalah Tensioner Automatic Adjuster Kurang Nonjok

DIY: Coba Atasi Sendiri Masalah Tensioner Automatic Adjuster Kurang Nonjok

Pada tulisan kali ini, otoborn mau berbagi cerita aja, ada metode yang sempat dilakoni bapak selama bertahun tahun, metode yang relatif lebih aman dibandingkan metode pengobatan lain bahkan untuk usia bapak yang sudah sepuh, namanya ESWL yang kepanjangan dari Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy, yakni menggunakan gelombang suara alias gelombang kejut untuk menghancurkan batu yang bersarang di ginjal.

Kenapa ESWL ?

Metode ESWL ini termasuk cocok buat bapak yang paling anti bedah apalagi operasi besar. Selama mengikuti terapi pengobatan ini, batu besar di salah satu ginjal bapak berhasil diluruhkan. Apalagi yang nyangkut di ureter, masalah mudah bagi terapi ini.

Setidaknya, setelah selama tahunan (sekitar 6 tahun) menjalani, sebagian besar batu hilang terbawa air kencing.

Kok lama 6 tahun? Batu di ginjal bapak besar besar, kata iklan ‘wah gede banget’ pokoknya. Untuk usia bapak, dokter lebih berani ambil tindakan ini dibandingkan operasi bedah.

Penyakit Autoimmune Sistem Kekebalan Tubuh Justru Menyakiti Diri Sendiri

Resiko metode pengobatan ESWL

Namun meskipun relatif lebih aman, bukan tanpa resiko masbray. Untuk terapi yang terlalu lama atau jangka panjang bisa berdampak pada fungsi ginjal itu sendiri. Makanya terapi ini biasanya dipatok waktu sekitar 40-60 menit sekali tindakan. Kalau belum selesai, biasanya dokter akan menjadwalkan kembali kelanjutannya.

Resiko lainnya pecahan batu yang tajam bisa melukai ginjal atau saluran kencing. Bisa terjadi infeksi. Kalau bapak kemarin untuk mempermudah pengeluaran batu dan memperkecil resiko tersebut dipasang selang kateter, dan jangan berharap akan nyaman kalau pakai kateter di anu kamu.

Keunggulan ESWL
Salah satu keunggulan ESWL, pasien bisa tindakan dan pulang di hari yang sama, kecuali ada masalah lain berhubungan dengan kesehatan yang memerlukan pengawasan suster dan dokter. Karena bukan hanya pengobatan ginjal dan juga usianya yang sepuh bapak dirawat di RS Pelni Slipi sebelum pindah ke RS Antam Medika Pulogadung yang baru beroperasi dua tahun lalu.

Oh iya, pertimbangan alat medis dan tim dokter yang menangani pengobatan bapak, untuk ESWL dilakukan di rumah sakit lain.

Setelah ESWL dilakukan bertahap, tahun ini dokter menyarankan ambil tindakan operasi lain karena batu di salah satu ginjal bapak masih bandel terlalu keras dan hanya luruh sedikit sekali setiap tindakan ESWL dilakukan. Disamping itu, injeksi pada ginjal juga ogah sembuh, artinya batu harus segera dikeluarkan.

Meskipun mengkhawatirkan, dokter menyarankan untuk tindakan operasi PCNL. Dan ini pe er banget, soalnya yang berhubungan sama bedah dan jarum suntik, bapak ogah bener. Teringat sekitar tahun 90an silam bapak kabur dari rumah sakit beberapa saat sebelum tindakan operasi bedah ginjal dilakukan. Namun akhirnya berhasil juga dibujuk, karena ada resiko sangat besar yang bikin bapak ngga punya pilihan lain.

Apa sih PCNL?

Update lebih lanjut akan diceritakan pada artikel terkait mengenai beberapa metode PCNL mengeluarkan batu dari ginjal yaks…

Semoga membantu dan bermanfaat.

~ Keep Respect n Safety!

Regards,

Ramadhi H

otoborn.com

email (private): ramadhi.harimurti@gmail.com

email (official): otoborn@gmail.com

facebook: ramadhi.harimurti | page: @otobornblog

twitter: ramadhi harimurti | @otoborn

instagram: otoborn

youtube: otoborn

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s