Wow! Tahun Ini Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra Hadiah Utamanya 4 Unit Mobil !

Wow! Tahun Ini Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra Hadiah Utamanya 4 Unit Mobil !

Otoborn – Baru tiba nih di acara Kick Off Lomba Foto Astra (LFA) dan Anugerah Pewarta Astra (APA) 2017 di Candi Bentar Convention Hall, Putri Duyung Ancol Jakarta Utara. Turun dari bus shuttle Trac-Astra disambut oleh sebuah mobil merah genit memakai pita berwarna biru yang parkir sembarangan, di tengah tengah jalan saya menuju meja registrasi. Sembarangan banget ya.

Simak: Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank

Usai registrasi, bareng hadirin lainnya yaitu rekan blogger, media, mahasiswa dan komunitas fotografi yang hadir langsung menuju hall utama yang merupakan lokasi acara kick off LFA APA 2017.


Lihat lihat : Foto Turing Kemerdekaan RI ke Rengasdengklok

Akhirnya diketok mic, hari ini tanggal 23 Agustus 2017 resmi dibuka pendaftaran LFA APA 2017 nih. Sambil menikmati hidangan yang disediakan hadirin menyimak penjelasan mengenai LFA APA 2017. Banyak juga hadiahnya yang akan dibagi bagi loh…

Selain sengaja bagi bagi hadiah, lomba ini tujuannya mengajak insan yang hobinya fotografi dan menulis seperti blogger atau umum untuk berbagi cerita perjalanan yang menginspirasi kepada masyarakat Indonesia.

Karena memang selalu kegiatan yang berhubungan sama Astra ini ada sesuatu yang bisa menjadi inspirasi, seperti misalnya SATU Indonesia Awards, dengan kisah para peraih penghargaannya yang bisa memberikan kontribusi di bidang perekonomian masyarakat sekitarnya sekaligus menjadi inspirasi juga membuka mata masyarakat sekitar betapa pentingnya pendidikan. Kegiatan CSR peduli lingkungan seperti penanaman hutan gundul, menggiatkan Kampung Astra Berseri juga ditemukannya inspirasi dari pelaku ide ide kreatif memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat lebih bagi masyarakat sekitar salah satu kontribusi Astra dari kegiatan lomba atau awards yang diadakan setiap tahunnya.

Bahkan sampai lomba lari Astra Green Run aja mampu membuka mata bahwa tidak semua orang bisa punya tools atau perlengkapan untuk mensupport hobinya dan atau impiannya menjadi seorang pelari, namun tanpa sepatu pun bisa menjadi juara serta menorehkan prestasi di bidangnya.

Kembali Menginspirasi Lewat LFA APA 2017

Dan ternyata mobil merah genit yang di depan tadi merupakan salah satu hadiah lomba ini. Jadi, hadiah utamanya adalah 4 unit mobil Daihatsu Ayla tipe M AT untuk juara 1 di masing masing kategori peserta dan kategori lomba. Hadiah lainnya ada 4 unit sepeda motor Honda All New CBR150R untuk juara 2, 4 unit Kamera Fujifilm XA10 untuk juara 3 dan juara harapan dapat 8 unit Samsung Gear 360. Selain itu ada juga juara Favorit, bakal dapet hadiah 40 unit smartphone Xiaomi Redmi 4X.

 

 

Sepintas persyaratan umumnya, kalo mau ikutan lomba fotonya, objek hasil jepretannya harus ada unsur orang, jadi bukan objek berupa benda atau pemandangannya aja. Untuk yang ikutan lomba pewartanya pastikan tulisannya mengenai seputar kegiatan Astra dan pastinya mengedepankan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar kegiatan tersebut.

Cara ikutan ngga sulit, cuma perlu login ke website http://www.satu-indonesia.com, lalu upload hasil karya foto atau tulisan yang dibuat. Untuk foto maksimal adalah 6 foto yang akan diseleksi per peserta, sedangkan tulisan maksimal ada 10 artikel. Sampai batas waktu yang akan ditentukan yaitu tanggal 31 Desember 2017, peserta bisa mengubah atau upload ulang foto dan artikel yang hendak diperlombakan sebelum akhirnya penjurian dimulai dan pemenangnya diumumkan bulan Februari tahun depan.

Sesi Diskusi Inspirasi Di Kick Off LFA APA 2017

Boy selaku Deputy Head Public Relation PT. Astra International Tbk menjelaskan sekilas mengenai Astra yang berdiri pada tahun 1958 silam dan hingga kini memiliki 7 lini bisnis (yang terbaru lini Property), 9 yayasan, dengan lebih dari 200 anak perusahaan dengan lebih dari 210.000 karyawan di tujuh lini bisnis dan sembilan yayasan.

Di kesempatan ini, hadir juga nara sumber dari Yayasan Astra yakni Henri C. Widjaja selaku Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan Arietta Adrianti selaku Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim yang berbagi cerita seputar kegiatan yayasan.

 

Yang hadir di Kick off LPA dan APA 2017 ini juga disuguhi oleh penyampaian materi travel fotografi dari seorang fotografer berpengalaman, Sandy Wijaya yang berbagi pengalaman, tips dan trik fotografi. Salah satu tips yang mengena nih untuk peserta lomba nantinya, agar peserta mencari moment yang penuh inspirasi untuk diri sendiri, bukan untuk juri. “Be creative be inspired, jangan meniru dan carilah jati diri sebenarnya. Intinya, jangan jadi plagiator tetapi jadilah Inspirator.” ujarnya.

Lumayan nambah pengetahuan nih…

 

Berbagai tips penulisan juga disampaikan oleh seorang traveller blogger yang sudah mengantongi berbagai penghargaan sejak mulai menulis 5 tahun silam. “Tipsnya untuk mendapat hasil tulisan yang unik dan baik yakni harus berfikir kreatif, mencari alur yang variatif, menggunakan sudut pandang orang ketiga, informatif dan mengangkat sisi humanis. Buat karakter yang kuat untuk menjadi figur utama pada tulisan tersebut. Tambahkan dialog sebagai bumbu tulisan supaya lebih menarik, jangan lupa tulisan memberikan nilai manfaat bagi pembaca. Tata bahasa yang baik diutamakan, kalo ngebet banget mau pakai kata sedikit gaul, berikan format font miring atau tanda kutip.” ujar M. Arif Rahman pemilik blog backpackstory.me ini.

Beraat ya tipsnya… tapi bisa dicoba.

Ada yang seru lagi hari ini, hadirin mendadak didaulat membuat foto atau artikel dalam beberapa menit, sesuai dengan temanya. Memilih menjadi pewarta untuk lomba dadakan ini, Alhamdulillah smartphone anyar sekarang ada di tangan. Ngga menyangka juga sih, tulisan ini yang awalnya sedang diketik untuk publish disini ternyata terpilih sebagai pemenang 1 unit smartphone. Terima kasih Astra untuk kontribusinya, semoga kedepan semakin menginspirasi dan semakin baik.

 

Silahkan sedot fotonya jangan lupa sertakan sumber yak ke halaman otoborn ini. Video bisa dilihat di facebook dan Instagram.

———–

Keep Respect and Safety, brayy!

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat

Iklan

2 pemikiran pada “Wow! Tahun Ini Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra Hadiah Utamanya 4 Unit Mobil !

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s