Crankcase GSXR Retak? Jangan Panik Bray, Coba Simak Dulu Nih!

Crankcase GSXR Retak? Jangan Panik Bray, Coba Simak Dulu Nih!

Otoborn – Dapet info dari seseorang yang mengira otoborn adalah orang dalem merangkap sales Suzuki, katanya rame di facebook soal Crankcase GSXR Retak. Keukeuh banget doi menjudge kualitas  motor dari apa yang diposting di facebook tadi. 

Lanjut, langsung cek tekape yang dimaksud perhatiin foto yang nampak pada postingan facebook milik akun Armansyah GTP (ijin posting untuk pencerahan 🙏🏻 ) tadi. Tiap komen juga disimak. Dan rupanya udah ada juga klarifikasi dan solusinya di komentar. Sayangnya, doi baru liat postingan sebentar langsung emoh cek ikutin perkembangan komentar komentarnya, jadinya ngga tau ternyata ada jawabannya disana.

 

Simak: Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank !

Menarik juga nih diceritain disini biar jadi pencerahan juga buat pembaca lainnya. Okeh, kita bahas Crankcase GSXR Retak? Jangan Panik Bray, Coba Simak Dulu Nih!

 

Intip: Royal Enfield Himalayan Custom Ini Keren N Gentlemen Banget Brat

Suzuki GSXR150 itu produk roda dua Suzuki yang penjualannya melejit, motor sport fairing yang lama dinanti pecinta brand berlogo hiruf ‘S’ karena lama bener Suzuki ngga punya model seperti ini di pasar otomotif.

Motor ini laku keras di Indonesia, sempet berkunjung ke pabrik pembuatannya di Plant Tambun, Bekasi, emang cepet juga proses produksinya dari awalnya berbentuk printilan hingga jadi unit utuh terparkir siap distribusi. Efek negatif dari kuantitas produksi tinggi emang salah satunya bakal ada yang kelewat dari pantauan QC, namun ada metode pengecekan yang  memastikan sebuah mesin layak naik rangka.

Kembali ke postingan Crankcase GSXR Retak? Jangan Panik Bray, Coba Simak Dulu Nih!

 

Simak juga: Laporkan Kasus Penipuan SMS Atau Transaksi Online Ke Polri Cyber Crime

Apa yang nampak pada foto bagian luar crankcase memang seperti retak. Namun ngga nampak ada oli keluar rembes di retakan tersebut. Nah disitu poinnya. Kalo ngga ada rembesan, berarti ngga retak dong?

Pada saat dibuat atau setelah dicetak pun ada proses pengujiannya bray, biar ketahuan ada kebocoran atau tidak. Semestinya unit yang udah sampe ke tangan owner udah lolos tahap QC, karena perakitan ngga akan berlanjut kalo masih dditemukan sesuatu yang diluar standar aman misalnya kebocoran di crankcase tersebut.

Menurut klarifikasi dan penjelasan dari beberapa yang komentar dan sepertinya paham dengan produksi mesin, retakan tersebut merupakan sisa cetakan crankcase yang kurang rapi aja. Biasanya karena ketika proses pencetakan komponen ada yang sisa material tertinggal di cetakan atau ‘kelebihan daging’. Dan setelah owner cek lebih jauh memang bagian yang nampak retak cuma tipis dipermukaan aja, sedangkan mesin gsx itu tebel.

 

Apakah ini aman dan wajar?

Aman, karena mesin GSXR150 tebal dan retak itu bisa dihilangkan dengan ampelas tipis tipis. Wajar karena produksinya cepat dan tiada gading yang tak retak, meskipun ngga sampe cacat. Bahkan mesin motor lain dari brand lain juga punya kekadian serupa dimana pada area mesin suka ada daging lebih tadi.

Saksinya mang arul owner salah satu skutik yang mengalami imsiden luka ketika mencuci motor di bagian mesin. Jadi ngga cuma GSXR yang punya ‘crack atau burry’ seperti tadi.

Solusinya?

Buat yang merasa khawatir bisa coba keluhkan ke Suzuki, akan ditangani dan dijelaskan. Apalagi dalam masa garansi mending langsung ke Suzuki, Ada juga solusi dari pemosting foto, dengan mengampelas tipis tipis dan retakan halus tadi hilang.

Tapi otoborn sih kalo ngalamin ini lebih pilih bawa unitnya ke Suzuli dealer supaya kalo ada pengerjaan servis pun dijamin semua muanya.

Sebelum

Sesudah

Jadi, Crankcase GSXR Retak? Jangan Panik Bray, Simak Dulu Ternyata Ngga Masalah toh?

 

———–

Keep Respect and Safety when Riding !

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat

Iklan

4 pemikiran pada “Crankcase GSXR Retak? Jangan Panik Bray, Coba Simak Dulu Nih!

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s