Kupas GSX-S150 Daily Ride: Konsumsi BBM Selama JJS Luar Kota

Otoborn – Balik ke review harian Suzuki GSX-S150 Black Cobra bray… Soal desain sama perbandingan harga dengan motor sport tanpa jubah berkubikasi 150cc lainnya udah diceritain di artikel sebelumnya Kupas GSX-S150 Daily Ride: Sesuaikah Dengan Yang Kamu Harapkan . PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga sempet ngajakin otoborn keliling Pulau Jawa dalam touring T4klukkan Ba7asan (baca disini: Review Turing Naik Suzuki GSXS150 JKT-Purwokerto 530 Kilometer Pertama ). Sekarang nih yang mau diceritain dalam edisi Kupas GSX-S150 Daily Ride: Konsumsi BBM Selama JJS Luar Kota (Jakarta – Depok – Bekasi – Karawang – Cileungsi – Jonggol).

Black Cobra (Suzuki GSX-S150 Hitam) diajak JJS sampai 3 pekan mengikuti berbagai kegiatan otoborn. Ada sih sesuatu yang annoying sehingga motor sempat perlu pengecekan dulu di markas Suzuki di Sunter, alhasil Black Cobra betah nangkring di teras otoborn. Tar deh diceritain terpisah.

Simak: Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank !

Edisi Kupas GSX-S150 Daily Ride: Konsumsi BBM Selama JJS Luar Kota , mau cerita konsumsi bbm sejak pertama motor ini mulai diterima ditangan hingga akhirnya Black Cobra kembali ke habitatnya, tapi untuk edisi ini yang rute keluar kota. Simak dongengnya yak… jangan lupa kopinya diseruputt…

sedot fotonya braay…

Baca juga: Laporkan Kasus Penipuan SMS Atau Transaksi Online Ke Polri Cyber Crime

Perjalanan pertama, culik GSXS150 Black Cobra diajak kerumah melintasi rute Jonggol – Cileungsi – Jakarta. Oh iya, emang udah niatnya review harian ini salah satunya mau jajal konsumsi bbm untuk pemakaian wajar (bukan pemakaian kurang ajar), jadi ngga ngotot geber geber motor norak kaya Norick Abe pebalap wannabe baru pertama kali naik GSXS aja. Lagian soal geber udahan di Sentul sama pas turing khan.

Kondisi lalu lintas pada waktu itu bervariasi, ada lancarnya dan ada macetnya. Waktu dari Jonggol lalu lintas lumayan rame, GSXS cukup anteng diajak menyesuaikan kondisi jalan. Sesekali diajak main speed dan torsi buat salip truk atau deretan mobil yang terlalu lambat lajunya GSXS bisa diandelin.

sedoot braay

Selama ditangan, si Black Cobra dikasi minum bbm Shell V Power atau Pertamax 92 tergantung dapetnya aja, nah pas review luar kota isi bbmnya dapetnya Pertamax bray. Sayangnya belum sempet jajal pakai bbm Premium atau Pertalite yang katanya aman buat motor ini. Juga diajak main ke Karawang hadiri event, macet macetan siang menjelang sore di Cikarang dan malemnya macet macetan di sepanjang rute Tambun – Bekasi sampai arah Cakung. Sempat juga diajak sowan ke rumah ortu di Cileungsi dan Ipar di Jonggol atau main ke warung R2Viwi di Cileungsi dan kandang Indoride di Depok.

sedoot brayyy fotonya

Baca juga: Tips Mudik Yang Sering Diabaikan, Sepele Tapi Boleh Juga Diterapkan

Konsumsi BBM Ketika Geber Jalan Kosong Luar Kota

Nah, seboros borosnya konsumsi bbm GSX-S150 Black Cobra ini di tangan otoborn yang tangannya ngga sekolah menyentuh angka 36.4 km/liter bray. Itu pas kondisi tengah malem geber puolll di alternatif transyogi Cibubur yang lurusannya kosong melompong. Ngeri diuber begal braaay !!! Hehehe…

Berulang kali dicoba riding lewat rute Jonggol – Cileungsi – Jakarta cari angka borosnya, ya paling payah di sejauh 110 kilometer pertama dapetnya segitu tadi. Coba nih intip fotonya. 

 

Kalo gebernya sore paling boros pas rute Jakarta Utara ke Depok nih bray, setelah lewatin rute lain lain sebelumnya, rute ini yang paling boros nih dimana lebih banyak jalan kosong sepanjang Gunung Sahari – Dewi Sartika – Kalibata – Pasar Minggu – Lenteng Agung – Margonda – Ir. Juanda Depok. GSXS150 sering betot gas dibanding santainya. Terboros dengan kondisi jalan kosong paling panjang rekornya tangan otoborn yang ngga sekolah ini mencatat 43.4 km/liter

Bolehlah baca juga: 10 Warna Baru Suzuki Address Playful 2017, Suka Yang Mana?

sedot braay fotonya…

Konsumsi BBM Ketika Macet Macetan Luar Kota
GSXS150 ini juga diajak main macet macetan rute keluar kota, yakni Jakarta – Jonggol waktu ke rumah ortu di Cileungsi dan kerumah ipar di Jonggol, juga macet macetan Jakarta – Karawang pas event di Lapang Karawitan.

Pas kejebak macet di Cileungsi nih bray, sore menjelang malem dibikin nyaris stuck mulai dari Taman Buah Mekarsari sampai flyover pasar Cileungsi… tapi sengaja mesin dibiarkan menyala biar ketauan kalo mesin panas akibat macet malem gini gimana jadinya. Ternyata fine aja, udahannya konsumsi bbm langsung dipantau. Ternyata GXS150 dalam kondisi traffic seperti ini malem gitu mencatat 38.6 km/liter bray, itu motor udah reset trip dan dibawa bolak balik 307.4 kilometer jarak tempuhnya. Simak jepretannya.

Kalo yang macet macetan Jakarta – Karawang dari siang hari bolong sampe menjelang sore, ketika ajak GSXS150 JJS lewat rute Jakarta – Cibubur – Cileungsi – Bekasi – Cikarang – Karawang. Nah pas melibas area Mall Grosir Cikarang, tau sendiri kan macetnya gimana area situ. Mesin dibiarkan hidup sedari Jakarta sampe lokasi event di Karawang dan konsumsi bbmnya tercatat 39.0 km/liter. Nih penampakannya…

 

Intipin bray: Lihat Dari Dekat Suzuki GSX-S150 Touring Edition Di PRJ Nih Bray!

Wah… kok pas touring Jelajah Pulau Jawa sebelumnya otoborn bisa tembus 43 an km/liter crut?
Beda bray sikonnya… Pas turing rombongan cenderung riding teratur, beriringan dan nyaris tanpa hambatan kemacetan. Jalur luar kota yang dilalui emang penuh lika liku menanjak dan menurun jadi bisa eksplor kebolehan GSXS150 bermanuver di medan turing. Karena riding teratur itulah, ditambah banyak jalan menurun juga ada patwal bader yang memastikan rombongan bebas macet makanya bisa save BBM lebih banyak.

Oh iyak, kenapa luaran kotanya paling jauh sampe Karawang crut?

Jujur meskipun ada surat saktinya, agak kuatir aja bawa si Black Cobra terlalu jauh, sampe Bandung misalnya. Disamping lagi kudu jaga cairan tubuh selagi puasa, jaga dompet juga lah kalo kenapa napa dijalan. (Ceemeeennn…hehehe…) Dan udah diwanti wanti juga sih sama yang minjemin buat review. Lagian kan udah pernah ikut turing Pulau Jawa naik GSXS150 beberapa waktu lalu, yaa ngga penasaran amat sih…

sedoot braay

Nah kalo buat riding sehari hari non-turing bisa tembus lagi angka segitu (43 an km/liter) lagi ngga crut?

Bisa banget bray… otoborn udah buktiin sendiri ketika riding dalam kota Jakarta yang rutenya mulai Cipayung (Jakarta Timur) ke Tebet (Jakarta Selatan) lalu juga ke Mampang (Jakarta Selatan) , Kemayoran (Jakarta Utara) , Sunter (Jakarta Utara) dan Duren Sawit (Jakarta Timur). Ternyata malah lebih baik. Angkanya bener bener best yang pernah otoborn raih naik Suzuki GSX-S150 Black Cobra ini. Biar penasaran dan artikelnya ngga kepanj

angan, bersambung yak ke Edisi Kupas GSX-S150 Daily Ride: Dalam Kota Konsumsi BBM Gile Bener Bray.

Stay tune aja braaay…

sedoot braaay…

 

 

———–

Keep Respect and Safety when Riding !

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s