Konsep 3 Layer Dealer Yang Bikin AHM Kuat Di Pasar Roda Dua Tanah Air

Otoborn – Beberapa waktu lalu, otoborn sempat cerita yak mengenai event Plant Tour atau Plant Visit ke pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat barengan puluhan rekan blogger dan vlogger seluruh Indonesia. Nah, ada cerita nih dari Pabrik Honda Terbesar Su-Dunia ini. Salah satunya bagaimana AHM bisa menjadi kokoh berada di puncak mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia. Ternyata Konsep 3 Layer Dealer Yang Bikin AHM Kuat Di Pasar Roda Dua Tanah Air bray.

Baca : Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R

Di Plant Visit yang digelar oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) ini disampaikan materi oleh Pak Nyoman Kesawa dan Ibu Istiyani yang membahas mengenai strategi apik untuk bertahan dan terus menyerang hati konsumen sepeda motor di tanah air. Konsep 3 Layer Dealer Yang Bikin AHM Kuat Di Pasar Roda Dua Tanah Air. Lalu, apa dan gimana sih sebenernya yang dimaksud 3 Layer Dealer?

Tonton: Suasana Di Bale Santai Honda Wahana Tangerang Hari Terakhir

Yang dikunjungi tour kemarin yakni plant 4 dan 5. Di plant ini, sepeda motor honda diproduksi lalu akan didistribusikan dan dipasarkan kepada konsumen di Indonesia dan juga diekspor ke beberapa negara di dunia. Dalam memasarkannya AHM menerapkan konsep 3 layer dealer. Apa sih 3 layer dealer itu?

Dalam konsep ini, AHM membagi dealer menjadi 3 bagian, yakni Big Wing Dealer, Wing Dealer  dan Regular Dealer. Big Wing untuk sepeda motor berkubikasi 500cc keatas dan juga menjual sepeda motor kelas premium. fasilitasnya juga dengan lounge lebih representative, dan memiliki falisitas Dyno Meter karena berbeda dengan pengetesan paska servis untuk motor berkubikasi kecil yang lebih mudah bisa di jalan raya, bog bike Honda mengandalkan mesin ini untuk memastikan powernya, torsinya atau semua fungsi Big Bike Honda berfungsi dengan baik. Di Big Wing Dealer juga ada Emergency Road Assistance dengan falisitas towing car.

Sedangkan Wing Dealer menghadirkan sepeda motor kelas premium Honda, antara lain PCX, sport 250cc termasuk CBR 250RR, CRF250RALLY juga ada SH150i. Fasilitasnya juga nyaman antara lain dengan ruang tunggu ber-AC, corner  wing dealr, fast-track, free helmet deodorant, tyre changer dan nitrogen. Terakhir Regular Dealer adalah dealer dealer yang lebih kecil dengan fasilitas sedikit berbeda, seperti dealer Honda yang ada selama ini dan hanya menjual produk lokal seperti Honda BeAT, Revo, Vario dan lain sebagainya.

Saat ini Big Wing Dealer terbentuk ada 10 dan tersebar di kota kota besar di Indonesia, di Jakarta ada di Jl. Dewi Sartika (JHC), ada Wahana di Jl. Gunung Sahari, Daya Motora di Cibeureum – Bandung, Gajah Mada – Semarang, KSU – Yogyakarta, MPM – Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan dan di Banjarmasin. Dan saat ini ada 135 Wing Dealer yang juga tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia mulai dari Aceh sampai Jayapura juga ada. Jika digabungkan dengan pelayanan Wing Dealer di 10 Big Wing Dealer tadi maka total ada 145 Wing Dealer di Indonesia .

 

Baca juga: Wow! Jawa Barat Raih Jumlah Kunjungan Bale Santai Honda Sebanyak 7.105 Mudikers Bray!

 

Meskipun konsep dasar penyediaan produknya di dealer demikian, namun semua dealer baik Big Wing, Wing Dealer maupun Regular bisa menjembatani konsumen yang hendak melakukan pembelian atau maintenance sepeda motor Honda yang masuk kategori apapun di dealer manapun se-Indonesia. Sebagai contoh, apabila di lokasi dimana saat ini konsumen berada terlalu jauh dari Wing Dealer ketika konsumen lagi touring dan perlu servis mogenya, bisa mampir ke dealer Honda mana aja yang terdekat.

Mengenai hal ini, ibu Istiyani memberikan penjelasan diplomatis ketika ditanya oleh rekan blogger di sesi penyampaian materi. “Kita punya Contact Center untuk permudah hal tersebut, atau bisa hubungi atau kunjungi dealer terdekat. Kalau di dealer tersebut ngga ada teknisinya, percayalah… Honda akan membantu anda,” ujar Istiyani.

Begitu juga kalo ada konsumen yang mau beli motor lokal macam Honda Vario atau BeAT tapi yang terdekat justru Wing Dealer, atau sebaliknya konsumen mau beli motor premium atau big bike tapi Wing Dealer atau Big Wing Dealer terlalu jauh dan sulit dijangkau adanya yang deket Regular Dealer, bisa kok dikondisikan. Antar dealer ini bisa menjadi perantara, fasilitator bagi konsumen ke dealer Wing atau Big Wing Dealer.

“Sudah seharusnya demikian, dan memang fungsi kami demikian. Dan sebenarnya semisalnya konsumen ngga sempat ke dealer bisa hubungi contact center yang buka 7×24 jam full tidak ada hari libur, kami akan membantu anda ke dealer yang terdekat atau dealer dealer yang akan mendatangi anda,” tutup Istiyani.

———–

Keep Respect and Safety when Riding !

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s