Lagi! Sekali lagi pemuda belia anak negeri ini kembali menorehkan prestasi di kancah balap kelas Internasional. Pemuda belia yang baru berusia 13 tahun berhasil meledakkan potensi dan bakatnya di ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup 2022 sehingga lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Chang International Circuit, Buriram, Thailand Minggu (2/10/2022).

Veda Ega Pratama, pemuda Indonesia yang meraih podium tertinggi pada balapan kedua putaran keempat IATC 2022 di Thailand. Ini merupakan kemenangan perdana Veda dalam meraih podium puncak pada persaingan para pebalap muda potensial di level Asia tersebut. Tiga pebalap Indonesia lainnya yang juga didukung Astra Honda Motor yaitu Aan Riswanto, Reykat Fadillah, dan Diandra Trihardika masing-masing finis di posisi ke-6, 8, dan 10.

Satu hari sebelumnya yaitu Sabtu (1/10/2022)pada balapan pertama Veda Ega Pratama berhasil naik podium setelah finis di posisi kedua. Reykat Fadillah dan Aan Riswanto masing-masing finis di posisi ke-9 dan ke-11, sementara Diandra Tirhardika tidak dapat menyelesaikan balapan pada race ini.

Pedas sekali potensi pebalap-pebalap muda ini…

Pada balapan pertama, Veda memulai balapan dengan bagus. Start dari posisi keempat, dia melejit dan mampu memimpin balapan saat lap pertama berakhir. Veda bertahan di grup terdepan sepanjang balapan. Bersama tiga pebalap lain, pemuda asal Gunungkidul, Yogyakarta ini bersaing ketat untuk memimpin balapan. Persaingan berlanjut hingga balapan berakhir dan Veda finis di posisi kedua. Capaian ini merupakan podium kedua Veda di musim ini setelah sebelumnya finis di posisi ketiga pada balapan kedua di Qatar. Reykat dan Aan bersama lima pebalap lain bersaing di grup kedua, hingga akhirnya masing-masing finis di posisi ke-9 dan ke-11. Sementara Diandra Trihardika tidak dapat menyelesaikan balapan karena kendala pada motornya.

Atas hasil balapan pertama di Thailand ini, Veda mendapatkan tambahan 20 poin, membuatnya berada di posisi keenam klasemen sementara dengan mengantongi 46 poin. Reykat menyusul di posisi ketujuh dengn 45 poin. Diandra menempati posisi ke-14 (22 poin), sementara Aan di peringkat ke-15 (20 poin).

Seperti pada balapan pertama yang berlangsung sehari sebelumnya, Veda kembali melakukan start dengan bagus dan langsung melesat ke depan pada awal balapan kedua. Namun, dia tidak bisa bertahan. Dia bahkan sempat terdorong ke posisi kesembilan pada lap-lap awal. Membalap dengan konsisten, Veda akhirnya bisa memimpin balapan saat memasuki lap kelima. Sempat bersaing ketat dengan beberapa pebalap, Veda memimpin pada pertengahan balapan dan mulai membuka jarak. Pemuda berusia 13 tahun ini mulai memperlebar jarak, gaspoll hingga ia pun tak terkejar lagi oleh pebalap lain dan berhasil finis di urutan pertama.

Kemenangan hari ini mengantar Veda naik ke posisi lima di klasemen sementara dengan raihan 71 poin. Reykat menyusul di posisi ketujuh (53 poin), Aan ke-13 (30 poin), dan Diandra ke-15 (28 poin).

Persaingan IATC musim 2022 ini akan berlanjut ke putaran kelima di Sepang International Circuit, Malaysia, yang berlangsung pada 22-23 Oktober 2022.

Semakin semangat menyaksikan asa merah putih tetap ada di dada pemuda Indonesia. Sangat memungkinkan pada masa yang akan datang mereka bisa menjadi wakil untuk negeri diajang balap MotoGP, apalagi Mandalika Lombok menjadi salah satu sirkuit yang masuk dalam agenda perhelatan ajang balap kelas raja-raja tersebut.

Insyaa Allah… !

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.