Mungkin tidak semua dari pembaca yang mengenal apa itu Wahana dan bagaimana sepak terjangnya. Kok seringkali penulis menyebutkan nama tersebut, terkadang di media sosial atau artikel. Memang beberapa kali otoborn mengikuti kegiatan yang bersentuhan langsung dengan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang ini, tidak hanya otomotif saja.

Nah, pastinya ini momen yang tepat untuk bercerita mengenai Wahana Arta Group, karena baru saja ulang tahun nih. Kebetulan juga informasinya diterima langsung dari sumbernya.

Gift of Love dipilih sebagai tema besar perayaan HUT ke 50 Wahana Artha Group (WAG). Tema ini merupakan satu pengakuan, tidak hanya kegigihan serta kerja keras, tetapi juga bentuk anugerah Tuhan terhadap semangat seluruh Wahanians berkarya dan aktif berbagi dengan sesama. 

Sikap teladan dan peduli sesama telah menjadi budaya yang tertanam berakar dari sikap para pendirinya. Bukan hanya sekedar berbisnis, para pendiri WAG juga berprinsip sikap peduli menolong sesama juga jadi bagian penting bagi perusahaan yang dimulai pada 06 Agustus 1972 silam. Komitmen berbagi terlihat jelas pada pendirian Yayasan Wahana Artha Group dengan fokus di bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan serta pemberdayaan hingga peran aktif menjadi pelaku penjaga keseimbangan lingkungan hidup, Sustainability.

“Meneruskan budaya berbagi kepada sesama warisan pendiri, hingga kini kegiatan sosial adalah bagian penting Wahana Artha Group dengan beragam kegiatan berikan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Group CEO WAG, Robbyanto Budiman. Ditambahkannya, kini WAG juga miliki program Sustainability demi menjaga keseimbangan lingkungan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

500.000 Penerima Manfaat

Terhitung sejak Januari 2017, Yayasan Wahana Artha telah lakukan beragam kegiatan sosial yang mampu menyentuh 500.000 penerima manfaat untuk dibidang kesehatan, lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan.

Kesehatan sebagai salah satu fokus Yayasan Wahana Artha (YWA) diwujudkan dengan miliki fasilitas kesehatan, Rumah Sehat Wahana di Jatake Tangerang. Klinik ini disediakan untuk masyarakat sekitar yang memiliki keterbatasan layanan kesehatan, dengan moto “Sehat Bagi Semua”. Selain miliki klinik, tim Rumah Sehat Wahana sering lakukan kegiatan terjun langsung kewilayah masyarakat yang memiliki keterbatasan akses dan layanan kesehatan. Kegiatan donor darah juga rutin dilakukan di lingkungan Wahana.

Dibidang pendidikan, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang miliki 56 SMK Binaan. Selain kurikulum dan perlengkapan praktik, WMS berikan kesempatan luas bagi lulusan SMK untuk bergabung dengan jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. WMS juga dukung 50 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena Covid-19 dengan memberikan beasiswa sampai lulus SMA.

Berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang lebih baik untuk saat ini dan di masa mendatang, WAG mulai beralih menggunakan Energi Baru & Terbarukan (EBT) dengan melakukan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. Wahana Artha Group bermitra dengan PT Xurya Daya Indonesia dalam pengadaan, instalasi hingga pemeliharaan sistem PLTS Atap. Kerjasama ini dimulai dengan Penandatanganan Kontrak Kerjasama untuk periode 10 tahun di lima lokasi sarana bisnis. 

Saat ini, PLTS Atap telah beroperasi di 3 lokasi lini bisnis otomotif sepeda motor Honda yaitu Kantor Pusat WAG, Sentra Distribusi Jatake, Sentra Distribusi Cimanggis 2. Dua lokasi bisnis Hospitality yakni Hotel Santika Radial Palembang dan Hotel Santika Banyuwangi dalam tahap persiapan beroperasi.

Selain beralih gunakan instalasi PLTS Atap, spirit menjalankan program Sustainability lainnya dengan kegiatan daur ulang botol plastik bekas oli, daur ulang sampah organik dan kebun hidroponik. Selain itu, WAG juga mengolah lahan seluas 1000 meter persegi di Cipanas untuk program penghijauan. Hasil panen kebun tersebut digunakan untuk membuat nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu. Dengan semangat yang tertuang dalam Initiative (inisiatif), Execution (pelaksanaan), dan Consistency (konsisten), Wahana Artha Group terus berkomitmen secara konsisten menjaga keberlangsungan lingkungan untuk masa depan.

Langkah peduli lingkungan tidak hanya diseriuskan pada level korporat, level terkecil seperti departmen juga diwajibkan memiliki program mendukung penjagaan lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh salah satu anak usaha PT. Wahanaartha Ritelindo telah menghilangkan penggunaan kantong plastik biasa menjadi kantong plastik berbahan dasar jagung sehingga lebih ramah lingkungan.

“Komitmen kami kedepan akan tetap berikan layanan yang maksimal untuk konsumen, hadir tidak hanya sebagai group bisnis namun juga dapat berikan manfaat untuk orang banyak serta akan berperan aktif menjaga keberlangsungan lingkungan untuk generasi mendatang,” tambah Robbyanto Budiman.

Wahana Artha Group

Hasil sebuah semangat, kerja keras, dan kepedulian, sejak memulai bisnis pada 1972 sebagai distributor sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, kini Wahana Artha Group berkembang menjadi group di berbagai lini bisnis. Menginjak usia ke 50 tahun pada 2022, selain mengukuhkan diri sebagai main dealer sepeda motor Honda paling terintegrasi, WAG melebarkan sayap lini bisnis menjadi penyedia layanan sepeda motor Honda dan bidang HospitalityFood and Beverage.

Hadir diri sebagai penyedia layanan sepeda motor Honda terbaik mulai dari jaringan layanan penjualan, penyedia spare part, dan dukungan layanan after sales. WAG miliki layanan transportasi logistik, ritel penjualan sepeda motor Honda di beberapa wilayah Indonesia, pembiayaan kredit, hingga Customer Relationship Management.

Pada 2011 manajemen memutuskan kembangkan group usaha pada bidang HospitalityFood and Beverage. Kini sebanyak 7 hotel telah beroperasi di Jakarta, Bogor, Pekalongan, Solo, Banyuwangi dan Palembang. Wahana percayakan operator papan atas dibidang hotel seperti Amaris, Santika, dan Tauzia Hotel Management.

WAG juga merupakan pemegang master franchise Kyochon, ayam goreng Korea di Indonesia. Miliki 7 outlet di wilayah Jakarta dan Tangerang, bisnis yang dijalankan PT. Kyochon Indonesia ini perkuat layanan dengan 5 outlet delivery guna berikan kemudahan konsumen nikmati beragam menu olahan ayam goreng khas Korea.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.