Hari ini Honda mengadakan rilis publik Honda All New Vario 160 untuk Regional DKI Jakarta dan Tangerang. Meskipun demikian, skutik generasi terbaru Honda yang sekaligus sebagai produk pertama Honda di tahun 2022 ini sendiri sudah sering terlihat wara wiri di aspal ibukota. Cukup cepat, baru global launching dua pekan sudah sampai di tangan konsumen.

Dengan tampilan yang tidak keluar jauh dari garis desain motor Honda dalam 5 tahun belakangan ini, New Vario 160 yang sekarang lebih besar baik dari dimensi, kapasitas mesin, bbm dan lainnya ini berkesan lebih gahar. Coba simak seksama area facia, ada kesan racy dan bengis , ala motor sport Honda. Overall, skutik anyar ini benar benar evolusi dari Vario series.

Mesin Vario terbaru ini berkapasitas 156,9cc dan didukung oleh teknologi eSP+ menghasilkan power maksimum 11.3 kW @8500rpm dan  torsi 13.5 Nm @7000rpm. ACG starter PGM-Fi ber throttle body 28 mm, 4 valve, berpendingin cairan, dan mengaplikasikan uplink engine hanger untuk menggantung mesin di rangka terbaru tipe eSAF yang lebih ringan (hanya 117 kg) dan rigiditas atau kekakuan tinggi.

Untuk peningkatan performa, volume ruang air intake ditingkatkan, dimensi Drive Face dan Driven Face berukuran lebih besar menghasilkan keseimbangan yang lebih baik.

Seperti model sebelumnya, semua varian dari All New Vario 160 sudah dilengkapi dengan Smart keyless yang punya fitur answer back untuk cari motor di parkiran, lampu led, digital panel meter, ISS, power outlet dengan kapasitas laci yang besar dan tertutip cover. Selain mengacu pada selera warna, konsumen bisa memilih membeli model motor ini dari sistem pengeremannya yang advance yakni Combi Brake System (CBS) atau Anti Lock Braking System (ABS). Keduanya pilihan yang sudah menjadi tradisi di Vario series.

Varian tertinggi mengaplikasikan tipe ABS single channel, tentunya menggunakan disk untuk mendukung rem belakang, dan disk depan berukuran lebih besar dari versi CBS untuk mendukung penggunaan sensor. Pada Vario 160 ini piringan untuk sensor ini sudah menyatu dengan disk, tidak dibaut terpisah atau tidak menempel di sisi luarnya. Disamping itu, pada varian CBS memiliki Parking Brake Lock pada handle rem, yang mana fitur ini tidak dimiliki oleh varian ABS.

Tahun lalu, Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah DKI Jakarta dan Tangerang membukukan penjualan fantastis untuk semua lini produk motor Honda. Vario 150 yang lahir empat tahun silam menjadi primadona skutik dengan gengsi tersendiri. Sepanjang tahun 2021, terjual sebanyak 51.000 unit.

Bagi yang penasaran bagaimana dengan nasib versi 125 cc nya, saat ini belum ada keterangan apakah dengan model yang terbaru akan diproduksi mesin cc kecilnya. Tapi rencananya, Wahana tetap menjual Vario 125 cc, karena masih memiliki pangsa pasar sendiri.

Terkait penjualan, semenjak dirilis nasional hingga saat ini Wahana Honda sudah menerima sebanyak inden 1550 unit, dan distribusinya delay hanya 7 hari. Targetnya tahun ini Honda All New Vario 160 terjual sebanyak 2300 unit per bulan.

Oh iya, bagi yang tertarik dengan beragam aksesoris dan apparel resminya, bisa dibeli secara online juga melalui aplikasi Wanda dan juga melalui marketplace populer seperti di tokopedia.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.