Encephalopathy Kerusakan Otak Akibat Typus Liver Ginjal dan Lainnya

Encephalopathy Kerusakan Otak Akibat Typus Liver Ginjal dan Lainnya

Otoborn – Banyak kejadian kita lengah ketika mengidap sakit yang dianggap udah terlalu mainstream atau biasa, seperti typus misalnya. Padahal ada penyakit lain yang fatal merupakan rangkaian kelanjutan dari penyakit typus tadi. Ngga cuma typus, Encephalopathy merupakan Kerusakan Otak Akibat sakit Typus Liver Ginjal dan Lainnya

Simak: Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank !

Coba kita obrolin dikit tentang penyakit ini… Encephalopathy Kerusakan Otak Akibat Typus Liver Ginjal dan Lainnya. Apa sih sebab utamanya dan gimana bisa berdampak negatif buat kesehatan kita?


Baca juga: Laporkan Kasus Penipuan SMS Atau Transaksi Online Ke Polri Cyber Crime

Apa itu Encephalopathy / Ensefalopati?

Dalam pengertian medis, Ensefalo adalah jaringan otak, sedangkan Pati merupakan akhiran yang berarti penyakit atau kelainan. Secara umum Ensefalopati berarti kondisi penyakit, kerusakan atau kelainan pada otak.

Dari namanya tadi jelas sekali yang mengalami kerusakan atau kelainan itu jaringan otaknya, bukan selaput otak.

 

Jenis Penyakit Encephalopathy / Ensefalopati

Istilah ensefalopati biasanya diikuti oleh kata lain yang menunjukkan penyebabnya. Seperti misalnya yang diungkap tadi bisa disebabkan oleh penyakit sebelumnya yakni Typus, Liver, Ginjal dan lainnya. Beberapa jenis ensefalopati yaitu:

  • Encephalopathy hepatik, yaitu akibat kelainan fungsi hati
  • Encephalopathy uremik, yaitu akibat gangguan fungsi ginjal
  • Encephalopathy hipoksia, yaitu akibat kekurangan oksigen pada otak
  • Encephalopathy wernicke, yaitu akibat kekurangan zat tiamin (vitamin B1), biasanya pada orang yang keracunan alkohol;
  • Encephalopathy hipertensi, yaitu akibat penyakit tekanan darah tinggi yang kronis
  • Encephalopathy salmonela, yaitu yang diakibatkan bakteri Salmonella penyebab sakit tipus

Baca juga: Tips Mudik Yang Sering Diabaikan, Sepele Tapi Boleh Juga Diterapkan

Penyebab Encephalopathy / Ensefalopati

Pada prinsipnya, segala macam kuman penyebab penyakit bisa menjadi penyebab penyakit baru pada organ tubuh lain yang terinfeksi. Termasuk dapat menyebabkan ensefalopati. Kalo dilihat lebih jauh, penyebab encephalopathy / ensefalopati antara lain:

  • Infeksi virus, bakteri (termasuk bakteri TBC), jamur, parasit, hingga infeksi cacing
  • Gangguan fungsi hati berat
  • Gangguan fungsi ginjal berat
  • Gangguan elektrolit
  • Gangguan keasaman darah
  • Kondisi dimana suplai oksigen berkurang, misal pada penderita asma, sesak nafas berat, gagal jantung, anemia berat
  • Penyakit tekanan darah tinggi
  • Stroke

 

Adakah Gejalanya?

Tentu aja penyakit encephalopathy / ensefalopati ini ada gejalanya, mengingat otak itu merupakan pusatnya syaraf yang mengatur semua aksi reaksi pada tubuh kita bray. Gejala yang diketahui antara lain :

  • Pingsan, penurunan kesadaran
  • Penurunan fungsi pengetahuan (kognitif)
  • Perubahan kepribadian
  • Kejang
  • Perubahan pola pernapasan
  • Gangguan penglihatan
  • Kelemahan anggota gerak tubuh

Kepoin bray: Penyakit Autoimmune Sistem Kekebalan Tubuh Justru Menyakiti Diri Sendiri

Terapi Pengobatan

Ada langkah pengobatan yang bisa dilakukan tergantung dengan jenis penyakitnya, tindakan yang bisa disesuaikan dengan penyebab dan gejalanya  misalnya jika disebabkan oleh infeksi diobati dengan antibiotika.

Kalo disebabkan gangguan fungsi hati berat atau fungsi ginjal membutuhkan obat-obatan untuk hati. Beberapa kasus perlu transplantasi atau terapi cuci darah.

Obat anti kejang atau antikonvulsan diberikan bila mengalami gejala kejang, dan beberapa kasus kalo suka pingsan alias mengalami penurunan kesadaran biasanya membutuhkan bantuan alat pernapasan. Pada tahap pemulihan fisioterapi perlu dilakukan kalo penderitanya mengalami kelemahan anggota gerak tubuh.

Jangan lengah deh bray, sama penyakit yang satu dan banyak penyebabnya ini, Encephalopathy Kerusakan Otak Akibat Typus Liver Ginjal dan Lainnya. Penting untuk terus sehat.

Semoga bermanfaat juga buat pembaca lainnya. Ingat, Sharing is Caring.

———–

Keep Respect and Safety when Riding !

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s