Dibalik Desain Headlamp Suzuki GSXR150 Bukan Sembarang Goresan

Otoborn – Kemarin PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), menggelar event Launching Resmi Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 di Cilandak Town Square, mendatangkan langsung desainer bertangan dingin yang merancang si gsx ini banyak hal terkuak. Salah satunya yang otoborn tangkap dari Mr. Namekawa yakni Dibalik Desain Headlamp Suzuki GSXR150 Bukan Sembarang Goresan !

Soal desain keseluruhan sudah pernah dibahas ya… dan banyak yang kurang puas dengan tampilan headlamp GSXR dan GSXS. Sudah pernah dijelaskan bahwa jagoan anyar Suzuki di kelas 150cc ini dirancang dengan melibatkan teknologi wind tunnel yang akan membawa motorsport fairing 150cc 4-tak ter-ringan di kelasnya ini kedalam performa terbaiknya, untuk daily maupun race.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Wah, memangnya kenapa sih? Ada apaan? Dibalik Desain Headlamp Suzuki GSXR150 Bukan Sembarang Goresan … coba simak dulu deh…

gsxr-gsxs-new-product

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Memiliki mesin DOHC 147,3cc 4-stroke 4-valve 6-speed dengan power maksimum sekitar 19HP atau 14.1 Kw / 10.500 rpm dan torsi maksimal 14.0 Nm / 9000 rpm dan bobotnya hanya 131 kg saja(paling ringan di kelasnya!) bisa menjadi pepesan kosong kalo didesain biasa biasa saja.

Awalnya otoborn menganggap desain si gsxr ini biasa biasa saja, dan masih lebih terlihat agresif justru produk kompetitor. Percaya deh, pasti yang lain juga berfikiran begitu terutama sebelum melihat langsung dari dekat.

Setelah bertatap muka langsung dan sempat menggebernya di lintasan acak kadut Sirkuit Internasional Sentul di Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu banyak pandangan awal yang jadi berubah. Meskipun tidak secanggih rider lain yang bisa geber maksimal di Sentul, tetep kerasa sesuatu nih motor. Ada sesuatu yang masih tersembunyi dari kuda besi yang juga berhijab Livery Suzuki Ecstar Team MotoGP ini.

Suzuki GSXR150 MotoGP Biru Parkir

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Suzuki melalui Namekawa-san memang sepertinya tidak membuat gsxr ini tampil terlalu agresif meskipun mengacu pada moge GSX-R1000 , namun dibalik desain yang terlihat ‘biasa’ dan terkesan ‘ketinggalan zaman’ justru motor sport yang dijual 27,9 juta rupiah selagi promo dan 29,9 juta rupiah harga normalnya ini akan menjadi agresif ketika digeber ! Suer, otoborn  udah ngerasain di Sentul, bareng rekan rekan blogger dan media yang pasti setuju ada sesuatu kelebihan lain diluar performa mesin dan empuknya rem gsxr. Salah satunya, pasti Dibalik Desain Headlamp Suzuki GSXR150 Bukan Sembarang Goresan !

sketch desain suzuki gsxr150

Sambil mendengarkan Namekawa-san menjelaskan desain GSX-R yang katanya didesain melalui alat khusus terowongan angin tadi, kok diperhatikan bentuk headlampnya memang terlihat streamline deh… bayangkan jika angin yang dihajar ketika motorsport daily ini dipacu sekencang kencangnya akan mengalir membelah karena sudut headlamp yang tampak diperhitungkan sedemikian rupa. Bener nih kayaknya, Dibalik Desain Headlamp Suzuki GSXR150 Bukan Sembarang Goresan. Hmmm….

Bayangin dulu ahh…

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

suzuki gsxr150 white kanan depan otoborn

Sudut kanan dan kiri headlamp berbentuk seperti winglet mini yang seolah akan membelah angin ke atas dan membuang ke sisi samping, sehingga motor ini tetap menapak di aspal , mika headlamp bagian depan yang katanya pembaca terkesan tonggos itu seolah siap mengarahkan angin ke atas windshield dan menekan motor ke bawah.

Dan berkat desain tersebut sangat mungkin power dan performa si motor bisa keluar maksimal, melaju sangat cepat tanpa banyak tertahan oleh angin yang menerpa dari depan. Jadi Dibalik Desain Headlamp Suzuki GSXR150 Bukan Sembarang Goresan sebab akan membawanya melaju tanpa beban, kecuali bobot pengendara.

Hmmm… beneran ngga sih? Benar atau tidaknya kudu dilihat langsung dari mesin wind tunnel sih… ini cuma opini saja, menurut anda gimana? Aku sih yes !

Suzuki GSX-R150 Sentul battle04 ngobrol santai bareng Nmekawa san dan tim Suzuki jepang

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s