Beberapa Alasan #2016Dakar Rally Stage 1 Terpaksa Dihentikan

Otoborn – Tanggal 3 Januari kemarin semua peserta dijadwalkan mengikuti stage 1 #2016Dakar Rally. Namun karena cuaca buruk dengan hujan lebat dan berkilat, menyebabkan beberapa bagian dari rute stage 1 sepanjang dari Rosario menuju Villa Carloz Paz di Argentina tidak memungkinkan untuk dilalui. Stage yang menjadi medan wajib sepanjang 227km untuk kategori bikes dan squad atau 258km untuk kategori car dan truck justru tertelan air. Sehingga jadwal start pun diputuskan menjadi delay.

Dan ternyata 2 jam setelah rider pertama seharusnya dilepas untuk start pukul 08.00 waktu setempat atau pukul 11.00 GMT , Etienne Lavigne selaku Race Director mengumumkan bahwa stage 1 dibatalkan untuk semua kategori.

Setelah sesi prolog juga mengalami kendala pada hari Sabtu lalu, cuaca ekstrim ini menjadi penyebab harus diambil keputusan tersebut. Loh, kenapa ? Bukankah justru semakin seru, dimana ajang terganas ini lebih menantang karena cuaca ekstrim? Penonton merasa kecewa?

Apabila ini bukan merupakan kompetisi dan tidak melibatkan banyak peserta, bisa saja hal tersebut dilakukan. Menjadi tantangan tersendiri bagi peserta untuk menaklukkan cuaca ekstrim. Namun sesungguhnya ada banyak hal yang harus diperhatikan, sehingga keputusan ini menjadi tepat.

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu keselamatan peserta, tentu itu yang utama. Meskipun para peserta siap menghadapi apapun rintangan dihadapan tetap saja ini menjadi perhatian khusus penyelenggara Dakar Rally.

 Joan Barreda at the close of the cancelled Stage 1 © Flavien Duhamel/Red Bull Content Pool

Joan Barreda at the close of the cancelled Stage 1 © Flavien Duhamel/Red Bull Content Pool

Selain itu, salah satu komponen pendukung utama yang berperan penting untuk mengawasi para peserta justru tidak dapat difungsikan. Helikopter yang mengawasi dan menjamin keselamatan para peserta tentu saja tidak dapat terbang pada cuaca ekstrim seperti ini. Jadi , sebenarnya faktor terbesar yang menjadi alasan mendasar dibatalkannya stage 1 ini yaitu keselamatan peserta.

Meskipun ini ajang terganas, bukan berarti penyelenggaraan tidak memperhitungkan masalah keselamatan. Contoh apabila terjadi insiden yang mengakibatkan peserta harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat, hanya helikopter yang bisa diandalkan. Bagaimana helikopter bisa melaksanakan tugasnya untuk menyelamatkan, kalau terbang saja bahkan untuk mengawasi saja tidak bisa ?

Namun hari ini diharapkan stage 2 bisa berlangsung sebagaimana yang diharapkan. Start stage 2 dimulai dari Villa Carlos Paz di Argentina menuju Termas de Rio Hondo.

#2016Dakar Rally


Terima kasih sudah dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat. Kunjungi juga artikel lainnya

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Iklan

13 pemikiran pada “Beberapa Alasan #2016Dakar Rally Stage 1 Terpaksa Dihentikan

  1. Ping balik: Peugeot Total Team Finish P1-2 Stage 2 #2016Dakar | otoborn

  2. Ping balik: Video Ketika Ajang Rally Terganas Harus Mengalah Pada Cuaca Ganas | otoborn

  3. Ping balik: Video Teaser Official #2016Dakar Sport | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s