CB150X

O to Born ~ Setelah sekian lama dinantikan penggiat touring sepeda motor, akhirnya lahir juga motor cc junior bergenre penjelajah roda dua ber dna moge CB X series. Yup. Honda CB150X 2021 baru saja dirilis resmi oleh PT.Astra Honda Motor (AHM) pertama kali di Indonesia, bukan di negeri basis sepeda motor Honda lainnya.

CB150X
Honda CB150X 2021

Kita tau, sepeda motor dengan model seperti ini dewasa ini sudah semakin umum, karena dalam sepuluh tahun terakhir sudah banyak terlahir motor berkonsep sport tourer yang juga dipasarkan di tanah air. Di kelas mesin 200cc – 250cc ada Kawasaki dengan Versys 250, Viar dengan Vortex, Suzuki dengan rencana VStrom miniaturnya… Dan belum ada yang bermain di kelas 150cc untuk pasar nusantara.

Hmm.. Tahun 2008 lalu, Honda punya City Sport One alias CS1, yang punya desain dibilang nyeleneh, wagu, dan kala itu belum masuk ke selera mayoritas konsumen sepeda motor di ‘negeri banyak maunya’ ini. Disamping dari desain, faktor dapur pacunya juga turut menjadi pertimbangan calon konsumen, yang saat itu sudah mulai diiming iming dengan tenaga dan kelincahan motor yang punya banderol lebih murah dengan kubikasi mesin lebih besar. Dan… Cuma berselang sekitar empat tahun, akhirnya produksinya dihentikan.

Hubungannya? Hmm… kalau dilihat dari model nyelenehnya memang mirip sih.. Tapi, imho Honda menempatkan CS1 ke genre berbeda, lebih ke sporty dan perkotaan. Setidaknya itu juga kesan yang disampaikan melalui pemilihan namanya. Modelnya si CS1 sendiri, jika mau dikaitkan dengan moge, mungkin lebih masuk ke NC series, dimana ada ruang bagasi di bagian depan atau tengah, yang biasanya untuk tanki bbm. Dan lokasi tanki bbm adanya di bawah sadel atau jok. Namun meski demikian, di tanah air, minoritas penggemar roda dua yang menolak punah CS1, kebanyakan memodifikasi motor terkenal wagu tersebut menjadi berkonsep touring. –Penulis sendiri demikian-. Motornya dibuat tinggi, karet bundar dual purpose… Tidak sedikit yang memindahkan letak tanki bbm di depan layaknya motor batangan pada umumnya. Biar bisa diajak jalan jauh.

Honda CB500X 2021

Beberapa tahun lalu, big bike alias moge CB X series mulai dipasarkan di tanah air. Facelift demi facelift pun dirilis.

Hingga varian termungil Honda CB500X versi terakhir, semakin mendekati kemiripan dengan hasil modifan mereka. Motor pabrikan yang mirip CS1 hasil modifan… katanya.

Komentar kebanyakan penggemar motor CS1, kapan ada penerus motor pujaan hati mereka?

Selamat Datang! CB150X

Sekarang, Honda CB150X rilis, dan akan siap mengaspal di akhir tahun ini. Dengan konsep adventure, mengusung tagline Born To Explore seolah menggambarkan sepeda motor ini bisa diajak kemana saja, di kota hayuk ke pelosok pun hayuk. Shock depan sudah tinggi beneran, terbalik pula alias upside down. Dan… Tanki bbm di depan dari lahir.

Jadi, gimana ya kiprahnya di tanah air? Apakah para sesepuh CS1 masih sanggup menggeber belulangnya ke pelosok negeri dengan beralih atau menambahkan Honda CB150X sebagai motor pilihan berpetualang? Dan peturing yang biasanya memodifikasi motor CB150R nya, akankah menjadikan CB150X sebagai pendampingnya?

Kita lihat nanti masbray.

Keep Respect n Safety

Bolang
Advertisements
Advertisements

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.