O to Born ~ Suzuki punya produk roda dua berkubikasi 150cc yang mengadopsi nama legendaris di kelas naked sport. Bandit. Jelas nama tersebut familiar dan dari namanya aja terbayang gimana berwibawanya sebuah sepeda motor di mata bikers. Meskipun seumur umur belum pernah tau ada yah motor kok berwibawa… Hehehe. Di Indonesia, Suzuki GSX Bandit 150, begitu namanya, sudah mengaspal setahun lalu. Meskipun bukan pemilik, jujur merasakan langsung riding di atasnya menawarkan mimpi untuk memilikinya suatu saat nanti.

Menggunakan basic engine yang sama dengan GSX series seperti GSX R150, GSX S150 dan juga All New Satria F150 jelas tidak ada keraguan tentang performa jahat dari kuda besi 150cc ternyaman sekaligus tergahar Suzuki yang eksis secara resmi saat ini.

Jadi teringat, awal awal spyshoot motor ini mulai hadir di berbagai media di internet, sebuah sketsa analisa desain pernah membuat ngiler dan bahkan sampai rasanya harus dan wajib banget memiliki ini motor. Suzuki GSX Bandit 150 pun resmi mengaspal dengan harga yang pas dengan mayoritas kantong biker di tanah air. Namun, hasil akhir sebuah desain yang dipampang tegas dalam sebuah produk nyata ternyata menuai pro dna kontra. Yah… idealisme dan gengsi membuat Suzuki GSX Bandit 150 ini hanya menarik bagi sebagian kecil diantara para komentator dan kritikus yang bersembunyi dibalik akun media sosial maupun akun komentator di blog blog besar. Tetap, desain adalah selera dan memang siapapun berhak mengutarakan kritik, meskipun terkadang tidak dengan adab yang pas justru menimbulkan kesenjangan. Saya pribadi suka sama motornya, dan belum jodoh memilikinya.

Modifikasi Suzuki GSX 150 Bandit Jadi Seperti Ini Gimana ?

Melihat sketsa analisa dari motodesainer ini, jika dilihat ulang seolah melambungkan angan modifikasi untuk Suzuki GSX 150 Bandit yang terlihat beda banget dari versi nyata motor ini. Jika sewaktu belum dirilis dulu sketsa ini tampak too good to be true, sekarang ini malah bisa menjadi acuan desain yang oke banget. Selera saya. Dengan tampilan beda, namun garis desain tidak menghilangkan ciri atau identitas versi atau model nyatanya. Jika diaplikasikan, yang tau motor ini akan tetap mengenali motor ini sebagai Suzuki GSX 150 Bandit. Yah, semeleset melesetnya dikira saudaranya sendiri, GSX S150. Bagi yang belum tau Suzuki GSX 150 Bandit sebelumnya? “Wuih… Motor apaan nih… Keren!”, mungkin begitu ujarnya.

 

Sketsa model masspro

 

Untuk spesifikasi standarnya Suzuki GSX 150 Bandit menggunkan mesin powerfull Dual Over Head Camshaft (DOHC) 150cc dengan torsi melimpah dan tenaga maksimal bejaban. Dengan teknologi fuel injection tentunya konsumsi bbm lebih maksimal dan irit borosnya tinggal gimana tangan kanan dan habit riding aja. Dalam desain ini, Suzuki GSX 150 Bandit ini sudah mengaplikasikan knalpot model undertail, tersimpan dibawah buritan. Sedemikian rupa sehingga bagian roda terekspos jelas, dengan swingarm lebih besar dengan spakbor nyelip di kolong membuat tampak berisi. Tentunya didukung karet ban lebih besar dari standarnya, akan lebih menawan.

Area depan didukung oleh suspensi teleskopik model Upside Down (USD), kebayang deh tampilannya lebih kekar. Area headlamp tampak tidak lagi seperti mendongak, komposisi peletakannya pas. Entah jika diaplikasikan nanti akan mentok fender depan atau tidak, bisa bisaan dari modifikatornya pastinya. Tampaknya, digital panelmeter bawaan masih bisa diaplikasikan. Jika dirasa mau lebih beda, banyak aftermarket yang bisa dicangkokkan pastinya. Masih banyak celah yang bisa dimaksimalkan dari konsep modifikasi berdasarkan sketsa analisa motodesainer ini. Bisa aja mengadopsi swingarm model banana, atau lebih beda bisa dengan model pipa bulat besar atau model turbular frame juga menarik. Berbagai aksesori aftermarket bisa jadi opsi jika kamu mau memaksimalkan dalam menerapkan modifikasi dari basic sketsa analisa ini.

Nah, jika mengacu pada desain dari motodesainer seperti pada gambar ini, sudah masuk ke selera kamu belum?

Modifikasi Suzuki GSX 150 Bandit Jadi Seperti Ini Gimana ?
Kombinasi warnanya asik
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.