O to Born ~¬†Masbray, ketika skutik baru Honda ADV150 rilis, banyak yang beranggapan sang Advance dari buatan AHM tersebut bisa dibanding bandingkan dengan penguasa penjualan skutik gambot kelas 150 cc di tanah air dari pabrikan kompetitor, yakni Yamaha NMax. Opini pribadi mengatakan Yamaha NMax VS ADV150 Bukan Lawan Kecuali … Kecuali …

Kecuali apa hayoo ?

Menyimak jepretan foto dari marlinphoto.net yang viral paska sang fotografer sengaja membagikan penampakan kedua skutik tersebut disejajarkan ternyata memang membawa yang melihat menerawang ke opini opini baru. Sebelum ada foto tersebut, beredar terlebih dahulu opini bahwa skutik Honda ADV150 ini cebol alias kecil, bahkan disebut Honda Beat Street ganti baju. Padahal, kalo mau berfikir sedikit lebih aja jelas ada perbedaan ukuran mesin antara Honda Beat series yang hanya 110cc kapasitas mesinnya dengan mesin 150cc yang digendong Honda ADV150.

Lalu bagaimana perbandingan antara kedua skutik tersebut? Antara Yamaha NMax dengan Honda ADV150?

Jika menyimak fitur dan teknologinya seperti yang pernah diceritakan pada artikel lalu, jelas keduanya berbeda. Melihat desain eksterior pun juga mengacu pada karakter yang berbeda pula. Yang membuatnya dijadikan perbandingan langsung lebih tepatnya karena Honda tidak ada skutik lain lagi yang secara spesifikasi dan harga mepet Yamaha NMax. Sekalinya keluar yang ini -Honda ADV150- langsung dijadikan lawan yang dikatakan lawan yang tepat.

Honda ADV150 memiliki fitur lebih lengkap dari Yamaha NMax. Harus diakui. Hal itu pula yang membuat harga si Honda Advance lebih dari pabrikan Yamaha punya. Spesifikasi mesin pun berada dibawah maxi Yamaha yang satu itu. Diatas kertas tentu kalah ya kalo mau dibanding bandingkan. Lalu, satu satunya yang bisa dibandingkan secara langsung hanyalah soal penjualan saja. Dimana kebiasaan masyarakat +62 yang hobi membanding bandingkan yang secara fitur spesifikasi dan harga tidak sebanding ke arah ‘lebih laku mana’.

Yamaha NMax, memiliki banyak keunggulan, selain sektor mesin juga ada pada harga. Varian ABS masih menjadi pilihan termurah untuk skutik gambot diantara kedua pabrikan tersebut. Yang tidak unggul hanyalah soal desain yang tidak lagi fresh, secara usianya pun sudah menginjak lebih dari 5 tahun. Juga soal fitur yang sudah menjadi biasa saja. Dalam rentang usia ini, Yamaha pun sedang mematangkan skutik terlarisnya ini untuk maju ke major facelift. Yah, detilnya akan terkuak jika sudah benar benar rilis nanti.

Honda ADV150 pun memiliki banyak keunggulan, paling banyak ada di fitur dan teknologi yang lebih lengkap. Desain yang fresh dan juga ditambah lebih dekat dengan harapan harapan para penaksir desain skutik Honda rasa Eropa seperti Forza yang diharapkan terlahir dalam kubikasi mesin 150cc ternyata tidak diwujudkan saat ini, malah tiba tiba model seperti moge 750cc Honda XADV yang memikat dan seperti mimpi bisa terlahir di kelas 150cc saat ini. Disini efek wah nya. Honda ADV150 jelas beda spesifikasi mesinnya (150cc vs 155 cc?), kalo dibandingkan secara performa ya sama yang spek mesinnya minimal sama lah (tapi mana ada hehehe). Kalo kaya gini sih cemen namanya, sama aja kayak orang bongsor beraninya sama orang begeng… Hahaha. Disamping itu, Honda ADV150 juga kalah murah, dan untuk beberapa golongan mungkin ini menjadi faktor hambatan yang serius.

Tetapi, di tanah air saat ini strategi leasing semakin memudahkan untuk penggemar otomotif memiliki kendaraan impiannya. Sudah seperti jamur yang menawarkan berbagai program kemudahan, sehingga tidak terlalu kuatir soal ini jika memang sangat naksir sama skutik Advance tersebut.

Honda ADV150

Jika memang yang ditanya laku mana, masih tergantung kepada seberapa loyal, seberapa mampu dan seberapa naksir sama kedua skutik tersebut. Buat yang naksir Honda ADV150 dan banyak duit, no problemo. Buat yang naksir tapi tidak punya duit, beli via leasing atau pilih NMax yang lebih masuk budget. Buat yg loyal, banyak duit, akan bertahan di NMax atau di produk Honda. Atau membeli keduanya.

Apa yang bisa dibandingkan dari keduanya? Bisa bisaan kita aja sih mau apanya yang dibandingkan. Hehehe. Dan apa Yamaha perlu kuatir sampai banget banget? Mungkin banyak yang berfikiran demikian ya. Tapi ada yang menarik, dalam kesempatan ketemu bos Yamaha saat doi ‘main’ ke GIIAS hendak ke BMW dan Kawasaki kemarin, dengan logat Jepang campur Bahasa, doi sempat bertanya tanggapan otoborn soal skutik baru Honda tersebut. Saya jawab “Honda good, Yamaha hati hati … You need to worry” , tapi doi mengatakan : “Eee… Tiga tiga… Tiga empat ya… Yamaha no worries… Semakin di depan… Gaspoll!” Sambil tersenyum pede dan kita pisah di bmw.

Sekedar opini, sekalian share foto hasil seni cermat yang bisa memanfaatkan momen dengan cepat dan cekat. Hasilnya, viral kan. Foto foto lainnya bisa cek instagram Sumarlin atau facebook Sumarlin Putra ya. Simak seberapa cebol Honda ADV150 ketika difoto berdampingan dengan Yamaha NMax155.

Yamaha NMax VS ADV150 Bukan Lawan Kecuali ... Yamaha NMax VS ADV150 Bukan Lawan Kecuali ... Yamaha NMax VS ADV150 Bukan Lawan Kecuali ...

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.