O to Born ~ Masbray, Honda akhirnya merilis skutik cc kecil anyar dengan genre adventure. Kecilnya bukan kecil banget, turunan desain moge Honda XAdv 750 ini mengusung mesin 149,3cc untuk bermain di kelas kubikasi mesin 150. Dan memang didesain sebagai versi mungilnya, sehingga dimensinya juga jauh lebih mungil. Honda XAdv 150 Mungil nya Skutik Penjelajah XAdv750 Rilis di GIIAS2019 hari ini.

Seperti yang sudah dinanti nantikan oleh penonton drama Honda vs Yamaha, diharapkan NMax yang penjualannya moncer di tanah air ini dapat perlawanan dari Honda. Beberapa kali Honda di Indonesia merilis skutik kelas 150cc namun rupanya tidak ada yang bisa menjadi lawan sepadan. Tidak hanya Vario dan NMax, sewaktu rilis Beat Street pun diharapkan menjadi lawan XRide, namun Honda memilih Beat Street berjalan di rute berbeda bukan sebagai lawan head to headnya meakipun menggunakan model stang sama sama telanjang.

Dari kelahiran skutik skutik segmented dari berbagai brand bertahun belakangan ini, mulai model maxi, adventure, sport futuristik, banyak respon positif dari penggemar dan belum sepenuhnya hadir di skutik skutik Honda. Banyak juga yang berharap Honda menelurkan Vario stang telanjang, seperti beat street, dan sempat ramai diperbincangkan sewaktu hadir versi modifikasi Vario dengan stang beat street beberapa tahun lalu. Nah, kali ini hadirlah Honda XAdv 150 yang disebutkan oleh netizen sebagai lawan dari Yamaha NMax atau Aerox sekaligus. Benarkah demikian?

Sayangnya hari ini batal merapat ke arena pameran otomotif terbesar GIIAS sehingga belum menjadi saksi langsung perilisannya. Update yang bermunculan di medsos sudah ramai mempertontonkan keagresifan Honda dalam desain skutik anyarnya kali ini. Benar benar diluar pakem skutik lokal yang selama ini dipasarkannya, desain semirip mungkin dengan moge Honda XAdv yang dipasarkan secara global. Mengusung livery yang mirip, kemungkinan Honda XAdv 150 juga akan dipasarkan secara global dengan Indonesia menjadi juru kuncinya.

Sepintas yang terlihat, skutik Honda XAdv sudah menggunakan model dashboard serupa dengan versi moge nya, yakni digital panelmeter kekinian dengan negative display alias speedometer digital negatif model cluster yang terpisah dan pada windshield juga bisa di adjust meskipun pengoperasiannya juga modelnya sedikit berbeda. Jadi bukan sekedar tampilan mirip, fitur juga dimiripin bray. Secara mesin diperkirakan serupa dengan yang digendong gendong PCX, SOHC 149,3cc. Dimensi tampaknya mirip mirip Vario 150 dan tampak tinggi karena diperkirakan area kaki kaki menggunakan suspensi belakang stereo kanan kiri dan depan trail panjang, mengusung lingkar roda 14-13″ dengan tipe karet roda model skutik adventure… dibuat nge-adventure banget deh pokoknya. Kabarnya akan ada fitur keyless, CBS dan juga ABS yang dijadikan varian unggulnya. Fitur seperti LED tampak jelas di headlamp, juga standar fitur seperti ISS, laci dengan lighter diperkirakan akan melengkapi skutik rasa moge penjelajah tangguh XAdv. Skutik ini juga tampak memiliki tanki bbm di area dek tengah, sehingga kemungkinan memiliki bagasi luas.

Harga belum dirilis, namun sudah ada yang share perkiraan skema cicilan leasing dengan harga jual 34jutaan untuk varian CBS. Wuihhh… Lagi lagi untuk bisa bersaing di pasaran Indonesia, Honda ditantang memberikan sesuatu yang beda dari kompetitor namun harga harus lebih murah. Meskipun dimensinya tidak segambot Maxi Yamaha seperti XMax, dengan desain dan fitur yang tidak semua ada di PCX sekalipun. Honda XADV150 Mungil memang, dan banyak komponen yang bener bener baru dan ngga dimiliki skutik lain, baik saudaranya maupun kompetitor. Kalo banderol harganya ini 34 jutaan, masih ketinggian kah?

Kalau iya mau diplot sebagai lawan head to head Yamaha NMax, sepertinya harga menjadi kuncinya. Kalau harga mepet mepet , berbeda genre pun skutik Honda ini akan mampu menekan penjualan skutik kompetitor. Kalau harganya lebih tinggi signifikan selisihnya, pasar yang meliriknya secara otomatis akan lebih dominan untuk yang memiliki loyalitas dan nyali lebih untuk meminangnya. Secara lekuk desain dan fitur sudah bisa dibilang unggul. Hanya dimensi aja nih yang belum merasakan langsung bisa menjadi pembeda segmen kompetisi, karena katanya tidak se Maxi Yamaha, Benelli atau Kymco misalnya? Dengan demikian bisa dibilang Honda XAdv 150 membuka segmen skutik 150cc baru yakni adventure yang belum ada lawan kepala sama kepala. Opini saya aja.

Hmmm… sabar sabar… baru besok bisa ketemu sama skutik ini, nanti akan diupdate lagi perkembangannya yaa… Simak dulu beberapa foto yang diambil dari media sosial ini, diantaranya ada dari akun facebook mas DidikNH , MA Adhiitya dan Irwan Chaniago Setiawan. Mari mencoba menikmati dari gambar dahulu sebelum ketemu langsung sama si mungil nyentrik ini.

 

Honda XAdv 150 Versi Mungil Skutik Penjelajah XAdv750 Rilis di GIIAS2019

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.