O to Born ~ Masbray, siapa sih ngga kenal Yamaha RX-King ? Motor yang terkenal bengis dengan mesin 2 tak nya ini jadi motor batangan legendaris. Ajibnya, meskipun udah stop produksi, sampai sekarang masih eksis di Tanah Air dan harga jualnya melambung tinggi, di pasar jual beli motor Yamaha satu ini masih dicari untuk pemakaian harian maupun koleksi. Bahkan bisa juga dibeli untuk investasi. Coba simak capture dibawah dari forum jual beli di facebook. Teknologi jadulnya bikin bikers enthusiast susah move on bray. Saking sayangnya, empunya bahkan lebih demen ngutak atik sendiri RX-King kesayangan, lebih sering dibanding utak atik bini hehehe. Maklum, perawatannya beda sama motor jaman now. Nah, yang baru kenalan atau baru kepikiran pingin meminang ‘si jambret bengis’ ini, boleh diintip nih Tips Bikin Performa Yamaha RX-King Tetap Bengis Di Tangan Awam . Ini juga jadi alesan logis kenapa Yamaha RX-King layak dipinang sekenannya, karena performa mesin dan kecepatan ngga usah ditanya.

 

Oli Samping

Motor bermesin 2-tak sangat mengandalkan oli samping untuk membantu sistem pembakaran. Oleh karena itu, pastikan volume oli samping pada reservoir jangan sampai kurang. Khusus untuk perjalanan jauh, disarankan membawa oli samping cadangan.

Oli samping juga bisa membantu merawat bagian dalam mesin, bila perlu, campurkan oli samping ke dalam tangki bensin sebanyak 50 milimeter. Tujuannya supaya tangki ngga karatan dan menjaga kinerja piston yang bekerja lebih keras mengejar performa bengis.

 

Ganti Oli Mesin Bisa 3 Bulan Sekali

Ngga seperti oli samping, oli mesin Yamaha RX-King bahkan ngga perlu sering diganti, bisa dilakukan setiap 5.000 km atau sekitar tiga bulan sekali. Jika oli mesin berada di bawah garis maksimal, sebaiknya segera tambahkan oli mesinnya dengan spesifikasi yang sama. Jenis oli yang digunakan RX-King memiliki tingkat viskositas SAE 20W-40. Asiknya, ganti oli cuma butuh 650cc, jadi kalo beli oli jaman now yang sebotolnya 800cc masih sisa banyak, bisa buat nambahin ganti oli berikutnya.

 

Membersihkan Filter alias Saringan Udara

Filter Yamaha RX-King masih memakai busa berwarna kuning, beda dengan kebanyakan motor jaman now. Jika warna kuning khas busa tersebut sudah berubah menjadi hitam pekat udah perlu dirukiyah alias dibersihkan, disitu asiknya ngga harus langsung diganti seperti filter motor motor baru. Irit perawatan filter.

Kenapa harus dibersihkan? Warna hitam menjadi penanda banyaknya kotoran yang menempel di sana. Semakin banyak kotoran maka akan semakin sedikit asupan udara yang masuk ke karburator. Membersihkan busa filter ini mudah banget, cukup dicuci dengan air sabun kemudian dikeringkan hingga tidak ada lagi air yang tersisa di dalam busa.

Tips Bikin Performa Yamaha RX King Tetap Bengis Di Tangan Awam

Nah, buat yang naksir sama desain dan performa motor ini, ga perlu ragu lagi meminangnya, perawatannya ternyata ngga ribet. Di tangan biker awam pun, asalkan tips diatas tadi diterapkan, dijamin RX King kesayangan bakal tetap bengis performanya, bikin mupeng dan makin cinta. Tapi inget, bini jangan dilupain tuh. Hehehe

———–

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga informasinya bermanfaat

Jangan lupa mampir juga ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.