Suzuki New Ertiga 2018 Pantesan Jadi MPV Terbaik Ternyata Fiturnya Asik

O to Born ~ Masbray Mbakshaay… setelah sempet jeprat jepret di momen perilisannya beberapa waktu yang lalu, kali ini otoborn berkesempatan ikutan Gathering barengan rekan rekan blogger di Tangerang. PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak kita ngga cuma ngawang ngawang soal si 7 seater andalan pabrikan berlogo huruf S ini. Biar lebih akrab dan lebih kenal, makanya pertemuan kembali dengan New Ertiga 2018 ini digelar dan dijembatani oleh kompas.com terdata sebanyak 30 blogger meramaikan Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang, Senin lalu. Ngga cuma blogger otomotif aja yang hadir, dari berbagai segmen mulai travel, food, hingga beauty ikutan kepo sama New Ertiga ini. Dan hasilnya? Suzuki New Ertiga 2018 Pantesan Jadi MPV Terbaik Ternyata Fiturnya Asik.

Sampai di lokasi menjelang Dzuhur, ternyata di SMS sedang ada pameran Sub Urban MPV terbaru Suzuki tersebut yang terletak di hall Mall 2. Blogger bebas mindak mindik di area pameran, bebas sebebas bebasnya mau kepoin mau narsis mau syuting pokoknya bebas lepas. Baru jam setengah 3-an kita dapet lampu hijau untuk test drive New Ertiga 2018, ini momen yang ditunggu tunggu. Dan ternyata, ada talkshow di lokasi berbeda selepas ashar.

Ertiga bukanlah pendatang baru di tanah air, sudah sejak tahun 2015 Ertiga mengisi segmen MPV 7 seater. Dan memang persaingan di kelas ini sangat ketat, mau tidak mau Suzuki harus terus berinovasi sehingga bisa terus memberikan yang terbaik untuk penggemarnya. Dan Ertiga pun bertransformasi, melalui New Ertiga 2018 Suzuki membuktikan keseriusannya dengan meraih predikat MPV Terbaik pada IIMS 2018 beberapa pekan lalu. Predikat terbaik itu bukan sembarangan. Apa sih kira kira yang bikin New Ertiga ini terbaik di kelasnya saat ini? Nah, hasil kepa kepo kemarin begini nih bray.

New Ertiga 2018 Punya Apa?

Suzuki New Ertiga memberikan perubahan yang signifikan dibandingkan model sebelumnya. Tampak pada eksterior dan yang tidak nampak dari luar yaitu interior. New Ertiga 2018 bukan hanya ganti baju, tersemat juga fitur dan teknologi terbaru yang membuatnya handal. Perubahan dan penambahan fitur dan teknologinya mempertimbangkan aspek kenyamanan dan keselamatan. Fitur yang kelihatan dari sisi eksterior, New Ertiga 2018 sudah menyematkan headlamp projector yang tangguh di segala cuaca. Plus, untuk varian GX punya tambahan fog lamp dan area grill kelihatan modern dan velg lebih gaya dan elegan. Mmm… sempat lihat, ternyata spion pun bisa diatur secara elektrik dari panel yang ada di pintu kemudi bagian dalam, praktis masbray.

 

spion elektrik

 

Melirik ke belakang, bentuk stoplamp juga kekinian plus ada tambahan lagi di sisi atas pintu bagasi yang bikin pengendara di belakang lebih aware tanpa harus kesilauan. New Ertiga 2018 juga punya 2 sensor parkir yang memudahkan kita. Eh iya, kalo ngeh di sisi luar pintu pengemudi, pada handle yang dilabur chrome ada tombol yang ternyata berfungsi sebagai smart entry, memudahkan membuka pintu tanpa harus memasukkan anak kunci. Dan pastinya terintegrasi dengan teknologi imobilizer yaa… Canggih !

Melirik interior, secara desain tergolong sangat baik, area kabin punya perpaduan warna yang adem, ada aksen kayu bikin kelihatan mewah. Area panel instrumen juga modern dilengkapi dengan MID. Fitur safety selain imobilizer tadi ada Dual SRS Airbags dan bagi yang punya anak balita bisa tenang karena ada ISOFIX. Soal entertainment sudah cukup berbicara melalui head unit 6.8 inci yang sudah support touchscreen dan bluetooth dan 4 buah speaker yang letaknya di baris pertama dan kedua. Kontrol entertainment untuk audio atau bluetooth ada di stir sehingga mudah dijangkau. Penumpang juga ngga khawatir gadget yang nemenin perjalanan habis batre alias lowbat. Dan ngga perlu berebutan juga ngecas gadget. Karena di New Ertiga 2018 ini punya banyak power outlet 12V. Yang kelihatan mata, ada 2 di baris depan yaitu satu berbentuk lighter dan satunya soket USB yang juga berfungsi sebagai AUX Socket. Di baris kedua ada satu power outlet 12V berbentuk lighter. Yang ngga nampak mata? Ada di laci dashboard di kursi penumpang depan, sebuah kabel USB Female menjuntai siap dihubungkan dengan kabel charger gadget kita. Welehhh… ajib bener yaa…

 

Sebuah ide menarik, Suzuki memperhatikan space kosong yang dimanfaatkan untuk memberikan fitur lebih. Diataranya yaitu pada New Ertiga 2018 tersedia ruang untuk menaruh 2 buah botol atau kaleng minuman yang bisa dibikin dingin karena ada jalur ventilasi AC dengan kontrol suhunya. Ini keren! Letaknya memang di depan bawah head unit dimana biasanya digunakan unutk menaruh koin atau kartu parkir. Namun sebagai gantinya disediakan laci kecil untuk menyimpan kartu parkir atau uang kecil di sebelah kanan bawah kemudi. Mudah mengaksesnya karena berada di atas paha sebelah kanan pengemudi. Selain itu, area bagasi menjadi lebih luas, ternyata karena secara dimensi New Ertiga ini lebih panjang dibanding yang sebelumnya, 4.395 mm. Apalagi ketika kursi baris ketiga dilipat, dan lipatan jok ternyata bisa rata horizontal jadi tampak lebih lega dan rapi. Menarik lagi, ada sekat untuk membuat ruang khusus di dasar bagasi sehingga membawa barang bisa lebih tertata rapi. Kalo biasanya tools seperti dongkrak dan kunci mekanik ditaruh di bagasi dan bikin sempit atau berisik ketika terkena guncangan, di New Ertiga 2018 tools tersebut punya tempat khusus. Mantabs! Kira kira bisa bawa berapa galon mineral botol yaa… lumayan buat turing hehehe

sekat bagasi
tools

Kalo melihat dari sisi desain, fitur dan teknologi, New Ertiga 2018 ini sudah memiliki semua yang dibutuhkan ketika berkendara bersama anggota keluarga, dengan kapasitas muat 7 penumpang yang lega, bagasi muat banyak dan bisa rapi, tampilan gaya dan ngga khawatir bosan karena entertainment tersedia juga gadget yang menemani selama perjalanan baterainya tetap terjaga. Fitur keselamatan dan keamanan tanpa kompromi baik perlindungan dari kecelakaan maupun dari pencurian tersedia. Imobilizer dengan satu tombol start atau stop engine keren banget bray. Dengan yang dilihat tadi, Suzuki New Ertiga bisa menjadi alternatif MPV untuk keluarga. Tapi gimana soal impresi brekendara atau rasanya sebagai penumpang di New Ertiga 2018?

 

Sesi Test Drive

Sampailah pada sesi test drive, pada antusias banget pengen buru buru geber New Ertiga 2018 di area parkir Summarecon Mall Serpong, terutama emak emak blogger yang rempong rempong hehehe… Karena memang ini kesempatannya buat eksplorasi sedikit lebih jauh. Beberapa hal menarik yang ditemui yaitu, ternyata stir kemudi bisa di-adjust naik atau turun, menyesuaikan kebutuhan pengemudi. Selain itu, selain bisa dimaju mundur menyesuaikan tinggi pengemudi, kursi pengemudi juga bisa diadjust naik dan turun dengan sistem hidrolis, jadi bukan cuma maju – mundur aja masbray. Jempolan lah yang satu ini.

seat adjust naik atau turun

 

Kursi penumpang baris kedua sendiri bisa digeser maju dan mundur, ada rel sliding dibawahnya. Pas dipraktekin buat memuat penumpang ke kursi baris ketiga, ternyata ngga sulit dan lumayan praktis. Kursi tengah didesain split dengan 60:40, untuk akses penumpang masuk kursi bisa dilipat hingga rata, atau diipat sudut 45 derajat, atau digeser maju.

Ketika hendak start mesin, ngga ditemukan anak kunci untuk diputar… Iyyaa laah… imobilizer Suzuki ini cuma perlu menekan satu tombol untuk start atau stop engine. Dan sebagai ganti anak kunci, ada remote yang akan aktif dalam jarak 2 meter. Tinggal kantongin aja masbray. Duh langsung kepengen hehehe

Ada 2 unit yang tersedia untuk test drive, mewakili modelnya yakni transmisi Manual (MT) dan Automatic (AT) alias matic. Kebetulan ikut emak emak yang kepo sama varian matic, dan impresi driving untuk varian matic ternyata dibandingkan model Ertiga lawas yang ini jauh lebih responsif. Disini terasa mesin sudah mengalami peningkatan secara performa dan kapasitas lebih baik, yaitu mesin baru DOHC K15B, kapasitas 1.462cc atau 1.5L. Jadi bukan sekedar ganti baju dan nambah fitur yaa…

mesin dohc 1,5 L

 

Di sisi penumpang, dengan full load 7 penumpang ternyata ngga terasa sempit. Bahkan area baris ketiga yang biasanya bikin dengkul mentok malah trasa lebih lega. Hmmm… emak emak blogger yang duduk di belakang malah pewe bisa senderan tiduran. Meskipun beberapa kali bantingan stir diuji, rasanya ngga limbung. Menghadapi tanjakan keluar basement, power tetap terasa meski sempat berhenti ditengah tengah menanjak. Usut punya usut, keponya terjawab pada sesi talkshow bersama manajemen SIS di lokasi yang berbeda yaitu di Dermaga Makassar Restaurant The Breeze BSD, Tangerang.

 

 

Talkshow Bersama SIS, Bercanda Ala MC Bikin Ketiwi

Dijelaskan oleh Harold Donnel selaku Head of Brand Development Marketing Research SIS, New Ertiga 2018 ini pakai teknologi Electronic Stability Programme alias ESP yang bikin handling stabil mengurangi slip pada roda depan dan belakang, mensupport fitur Anti-Lock Braking System alias ABS nya. Rangka kendaraan ini pakai platform baru yang lebih rigid dan ringan, namanya HEARTECT. Disupport Electronic Brake-Force Distribution, secara otomatis membagi besaran daya pengereman ke semua roda. Yang membuat mobil tetap berasa powernya ketika menanjak tanggung, ternyata ada fitur Hill Hold Control, jadi membantu menjaga posisi mobil ketika beberapa saat kaki beralih posisi dari pedal rem ke pedal gas. Wah… pantesan yaa bisa asik gitu…

Beberapa perbedaan dari model sebelumnya juga gamblang dijelaskan, seperti spesifikasi umum dan juga pilihan warnanya. Untuk New Ertiga 2018 terbaru ini punya warna Metallic Magma Gray dan Pearl Glorious Brown melengkapi 5 pilihan warna sebelumnya yakni Metallic Silky Silver, Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red dan Pearl Radiant Red. Suzuki All New Ertiga 2018 terdiri dari varian GA yang hanya Manual Transmission (MT), varian GL, GX dan GX ESP yang masing masing ada pilihan transmisi MT atau AT. Perbedaan antara varian MT dan AT ada pada fitur dan gear ratio.

New Ertiga 2018 juga punya aksesoris yang bakal menambah fungsional dan menambah kegantengan MPV 7 Seater ini. Diceritakan oleh Yulius Purwanto selaku Product Development & Accessories Head SIS, tampilan New Ertiga bakalan semakin mewah dengan memasang door visor, spoiler belakang dan juga seat cover.Aksesori lain membantu fungsuional seperti luggage tray yang bisa dipakai sebagai alas bagasi belakang, net untuk di belakang kursi baris ketiga,seat belt pad membuat badan tetap nyaman, AC Filter anti Allergen menjaga kabin bebas bau, ada lagi door sill guard dan rear bumber scuff plate melindungi sudut area pintu penumpang dan bagasi. Kamera parkir dan aksesoris Foglamp bisa untuk melengkapi varian GL dan GA yang belum memilikinya.

Sempat disinggung oleh Aris Harvenda editor kompas otomotif, pasar MPV ini di tanah air memang masih sangat potensial berkembang terus, dari jaman iklan MPV yang jargonnya muat bawa kakek nenek sekeluarga hingga sekarang ini MPV sangat digemari, praktis hanya fitur dan teknologi serta aksesoris yang nanti akan menjadi pembeda bagaimana pabrikan bisa menghadirkan yang paling baik untuk konsumen setianya. Dengan harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas, pasti lebih menarik lagi. Seperti yang pernah diceritakan pada artikel sebelumnya, sebagai MPV terbaru, Suzuki memberi banderol harga terjangkau, mulai Rp.193 jutaan sampai Rp 238 Jutaan. Untuk fitur yang canggih gini rasanya kok menggiurkan ya bray.

Talkshow yang biasanya serius, dibikin luber oleh tawa tiwi dari peserta blogger maupun penyelenggara dan SIS selaku narasumber. Gimana ngga, Lilis si emsi  ngelawaak terus sampe bawa bawa Ketum Komunitas Matic segala gara gara ada blogger senior yang sudah ‘tanpa gigi’ ikut jadi korban kejahilannya. Bahkan tim SIS yang ganteng ganteng ngga luput digoda. Kegiatan gathering ini, seru bermanfaat dan sarat informasi terutama soal The Best MPV dari Suzuki, New Ertiga 2018. Salut dan terima kasih buat penyelenggara kompas.com yang menyelamatkan blogger dari kebosanan, lelah perjalanan motoran terbayar dengan keceriaan yang ada.

credit: Said
credit: Imawan

 

 

 

 

View this post on Instagram

Apa yang dibutuhkan keluarga dalam perjalanan diakomodir Suzuki All New Ertiga. Muat 7 orang penumpang, fasilitas charger gadget banyak yaitu 3 di depan 1 di tengah, ruang penumpang lega hingga baris ke 3, kompartemen juga luas, terutama di bagasi belakang dimana seat baris ke 3 bisa dililat hingga datar, lalu ada ruang dipisah di dasar bagasi supaya bawaan lebih rapi tertata, plus tools wajib seperti dongkrak dan kunci mekanik ngga makan tempat karena bisa disimpan di tempat khusus. Sisi keamanan ada di fitur imobilizer dan startup mesin tinggal tekan tombol, isofix buat balita, SRS airbag, abs, steering ringan anti limbung berkat fitur esp untuk kontrol stabilitas dan semakin lengkap dengan fitur tambahan lain seperti headlamp projector, parking sensor ganda, brake lamp tambahan di sisi atas ngga bikin silau yang dibelakang namun menambah aware, juga spion sekarang dikontrol dengan sistem elektrik, stir bisa diadjust naik dan turun, kursi pengemudi juga bisa diset naik turun dengan mudah, entertainment didukung lcd dan sound punya 4 speaker, plus bonus tempat pendingin khusus buat botol minum. Secara desain jangan ditanya, grill keren, velg juga gaya, stoplamp model terkini, headlamp projoctor dan foglamp sangat membantu di segala cuaca… Semua yang dibutuhkan ada di New Ertiga 2018. Jadi, bukan cuma tampil keren, tapi fungsional dan membawa keceriaan saat jalan jalan naik New Ertiga bersama keluarga. Semua dikupas di Gathering blogger sekalian kumpul bareng @suzuki_id @kompascom , nanti diceritain selengkap lengkapnya di blog yaaks Mampir ke blog https://otoborn.com (copas aja ke browser kamu) dan channel YouTube OTOBORN (link di bio) ~ Keep Respect n Safety ! #suzuki #ertiga2018 #SuzukiBloggerGathering #KOMPAScomBloggerGathering #AllNewErtiga #cahkerjo #manjal #manjamanjal #kurangpiknik #otoborn

A post shared by otoborn.com (@otoborn) on

 

 

 

 

Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa mampir ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.