2 Hari Festival KBA Kupang NTT Meriahkan Hari Pendidikan Nasional

O to Born ~ Selama 2 Hari Festival KBA Kupang NTT Meriahkan Hari Pendidikan Nasional. Dimulai pada 11 Mei 2018, Festival KBA alias Kampung Berseri Astra Kupang NTT dilaksanakan di Universitas Nusa Cendana Kupang. Agendanya diadakan seminar bertema “Pendidikan Berkualitas untuk Membangun Daya Saing Bangsa” dengan narasumber penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2017 Ronaldus Asto, Presiden Surya Institute Prof. Yohanes Surya, serta peraih gelar doktor termuda Dr. Grandprix Kadja. Setelahnya lanjut ke sesi bincang inspiratif bertema “Membangun Budaya Literasi Indonesia, Gemar Membaca & Menulis” yang menghadirkan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2014 Irwan Bajang dan pemenang Stand Up Comedy Indonesia season 7 Ridwan Remin. Hari itu sekalian penjurian finalis lomba Astra Cerdas, yaitu sebuah ajang untuk mengapresiasi guru dan sekolah berprestasi dengan kategori SD, SMP, SMA/K serta PAUD/Rumah Pintar yang diikuti peserta dari seluruh Indonesia.

Besoknya diadakan peresmian gedung baru sekolah binaan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR), penyerahan Beasiswa Lestari Astra & peresmian Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) KBA Sonraen. Murid-murid se-Kabupaten Kupang dapat mengikuti berbagai lomba seperti lomba matematika gasing, rangking 1, tarik tambang dan balap karung.

Grup Astra, melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), satu dari 9 yayasan Grup Astra, sejak tahun 2015 telah menetapkan Desa Sonraen sebagai daerah binaan di NTT, yang dimulai dengan pembinaan 10 SD di Kecamatan Amarasi Selatan dan Takari. YPA-MDR menyiapkan SDM yang bermutu di Kupang melalui program-program pendidikan yang berkualitas dengan program pelatihan secara akademis, manajemen sekolah untuk Kepala sekolah termasuk karakter kepada guru-guru dan siswa. Kepada siswa diberikan pelatihan life skill dan seni budaya sesuai potensi kearifan lokal. Dilengkapi sarana prasarana sesuai standar pelayanan minimum.

Sedikit tengok kebelakang, sejak November 2016 silam Grup Astra telah melakukan berbagai pembinaan dan pelatihan guru serta sekolah, melakukan renovasi sekolah, penyuluhan pertanian dan kesehatan serta pemberian bantuan alat posyandu, perluasan program kewirausahaan berupa bantuan alat tenun dan ternak, program keluarga sehat, pentas budaya Amarasi, taman bacaan masyarakat, pembinaan dan pembangunan SDN Sonraen dan SDN Buraen, pelatihan guru, memberikan pelatihan UKM, demplot sayuran, peternakan sapi, pemberdayaan pengrajin tenun, penghijauan dan penyuluhan, pelestarian lingkungan hutan dan akses sumber air bersih. Seperti prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa mampir ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.