Nyaris Diseruduk Akhirnya Motor Bisa Gaspol Lagi Berkat REXCO 50

O to Born ~ Masbray, dalam beberapa minggu belakangan si bolang ngambeg, mager dan sekalinya diajak gerak ada aja rewelnya. Maklum, kurang perhatian, dimandiin juga jarang. Terakhir mandi bareng aja udah setahun lalu kali. Ditambah aksi ngambegnya makin hari makin menjadi, terakhir kali kondisi mesin mati dan gear netral aja didorong maju atau mundur rasanya beraaat banget Milea, kamu ngga akan kuat. Awalnya, sempat mengira penyebabnya di kamvas rem, karena di area tersebut kok seperti berat banget. Karena ngga sempet ngecek ngecek, dan mengira masih masalah ringan, ya udah cuekin dulu. Suatu ketika bolang diajak jalan liput event yang pulangnya larut malam, di tengah perjalanan pulang tersebut tiba tiba bolang mandeg… Ngga mau gerak. Beuhh… Syerem, jalan lagi setengah ngebut diantara kendaraan lain tau tau mandeg di tengah jalan. Fyuhh… Nyariss… untung ngga kesamber kendaraan lain dari belakang. Nah, artikel kali ini mau cerita gimana Akhirnya Motor Bisa Gaspol Lagi Berkat REXCO 50.

Lanjut cerita, malam itu akhirnya terpaksa malem malem ngutak atik ban motor di pinggir jalan raya bogor. Bengkel udah tutup semua masbray, lagipula motor didorong juga ogah banget. Karena selalu bawa tools Tekiro kemana mana di top boks, jadi lebih mudah. Sesuai kecurigaan awal, yang jadi fokus pertama yaitu area kaliper rem. Diperhatikan gear dan rantai tidak ada masalah, tetapi roda motor ngga mau gerak juga. Lanjut, coba dibongkarlah roda dan si kaliper. Tapi… Buseng masbray… Keraas amitt… Gagal. Diutak atik berulang kali ngga berhasil juga. Lepas roda ngga bisa juga. Ini dia nih akibat motor jarang dicuci, habis kehujanan dibiarin kering, terus dihujanin lagi kering lagi hujan basah lagi dst dst… Karat numpuk jadinya. Sayangnya, ngga bawa cairan perontok karat, terasa banget butuhnya pas kejadian begini.

Ada sekitar hampir 2 jam cuma ngurusin area sana dan ngga berhasil, akhirnya cuma bisa membuat roda ‘sedikit mau berputar’ ngga macet total seperti sebelumnya. Ya udah, langsung gaspelit ke rumah. Sampai rumah, area baut baut yang mau dibuka tadi langsung disemprot Rexco 50, dan baut as roda akhirnya berhasil dikendurkan. Tapi karena udah ngantuk berat, akhirnya ketiduran juga kondisi tangan masih blepotan oli dan debu hahaha.

Hasil cek besok paginya, ternyata disimak kamvas rem masih bagus banget, tebel. Cuma memang perlu dibersihin soalnya kotoran udah menumpuk disetiap celah dan di permukaan brake pad. Ketika roda kembali dipasang, kaliper belum pada tempatnya, terasa roda masih seret, ngga muter normal. Tapi velg roda terasa oblak kanan dan kiri, pertanda ada sesuatu yang salah dengan laher alias bearing roda belakang. Karena urusan part tersebut berresiko, kalo dibongkar belum ada part penggantinya bisa bisa motor malah ngga bisa diajak jalan, jadi ditunda dulu deh benerinnya. Lagi pula waktunya mepet mepet dengan liputan lainnya. Jadi deh si bolang ngga bisa support otoborn cari nafkah.

 

Begitu beberapa hari agak longgar, langsung bawa si bolang ke spesialis langganan RSB Motor Speed n Style Shop di Cijantung, Jakarta Timur. Kenapa ke sana? Bengkel spesialisnya om Angga Baday ini emang mainannya si ekslusif Honda CS1. Daripada mondar mandir makan waktu cari parts dan bengkel lain yang mau terima CS1, mending langsung melipir ke RSB deh… Bisa ketemu sama Red Demon juga si CS1 Modif Moge. Sekalian mau ganti beberapa parts yang udah waktunya ganti. Sampai di lokasi, bener aja, kecurigaan paling besar memang di laher belakang. Lalu coba dibongkar dan… Lihat foto di atas wujud lahernya.

Selagi laher diganti, diperhatikan ada part lain dari area kaki bolang yang berkarat. Hmmm… Rexco 50 kan udah terbukti berhasil bikin baut macet tadi bisa dibuka, jadi penasaran kalo karatnya model begini gimana ya… Dicoba semprot, efeknya ternyata ngga perlu lama lama masbray, semprot gosok semprot gosok, dalam 10 menit kurang ternyata rontok karatnya. Hasilnya seperti di foto… dan prosesnya intip deh videonya. Karena antrian servis motor lumayan panjang, jadi ngga bisa lama lama nih. Dirasa cukup, part kembali dipasang semua dan bolang ngga pincang lagi. Menyimak detail kemampuannya, ternyata REXCO 50 ngga cuma bisa buat rontokkin karat yang menumpuk atau kotoran yang menempel. Kemampuan lainnya bisa menjadi isolator buat kelistrikan, bisa jadi penolong ketika busi basah oleh air, juga melindungi komponen dari korosi. Wah ajib juga ya…

Bener bener deh, pengalaman berkesan banget setelah berjam jam dikerjain karat, laher bisa diganti dan bolang kembali sehat. Akhirnya Motor Bisa Gaspol Lagi Berkat REXCO 50. Terbukti di motor sendiri.

Tapi yang bisa diambil jadi pelajaran dari pengalaman ini, perlu diingat sesakti saktinya REXCO 50 tadi , tetap lebih enak dan murah merawat dari pada memperbaiki. Banyak kerugian akibat malas merawat motor, baik dari sisi materi hingga waktu. Apalagi kalo sampai diseruduk kendaraan lain akibat motor bermasalah. Sayangi motor bukan cuma pas lagi dipakai, selagi sempat belai belai terus motor dan berikan treatment terbaik. Maka motor akan berbalik menyayangi kamu selama perjalanan.

Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa mampir ke channel YouTube OTOBORN yaa… intip juga instagram fanspage twitter

~ Keep Respect n Safety!

 

Regards,

 

otoborn.com

email (official): otoborn@gmail.com

fanspage: @otobornblog

twitter: @otoborn

instagram: otoborn

video channel: otoborn

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.